Fasilitas pendukung kerja di Freelance Market

Fasilitas pendukung freelance - photo by ratz plt

Fasilitas pendukung freelance - photo by ratz plt

Salah satu alasan utama saya nyaman bekerja freelance melalui jasa Freelance Marketplace adalah “kepastian dibayar”. Oleh karena itu pertama kali mendaftar jasa suatu situs Freelance Market saya akan mengecek bagaimana metode billing dan invoice mereka dan juga metoda pembayaran (bagaimana mereka mentransfer dana ke saya sebagai freelancer/provider) yang mereka pakai. Untungnya sekarang ini paypal sudah bisa menggunakan rekening bank-bank di Indonesia. Jadi paypal merupakan pilihan pertama saya.

Salah duanya adalah fasilitas-fasilitas yang ditawarkan untuk mendukung kerja saya. Berikut ini paparan beberapa fasilitas dasar yang dapat anda harapkan ada di freelance market (contoh kasus: odesk ).

Task Management

Task management sangat berguna bagi Anda yang harus bekerja dalam tim yang jarang ketemu muka. Saat bekerja sendiri pun saya sarankan untuk memecah pekerjaan Anda menjadi pekerjaan yang lebih kecilyang nantinya dapat anda selesaikan satu persatu dengan lebih mudah. Task management ini sangat berguna untuk membuat anda dan tim tetap sesuai tujuan, dan tidak kehilangan fokus atau melupakan pekerjaan penting.

Kebanyakan freelance market yang saya temui tidak secara spesifik mempunyai fasilitas ini. Di Elance misalnya, anda hanya cukup membuat milestone, dan tidak ada pemecahan menjadi daftar pekerjaan.

Kalau freelance market anda memang tidak mendukung fasilitas ini, anda dapat menggunakan Google Docs misalnya untuk membuat daftar pekerjaan dengan Ms Excel style 🙂 ( yang nantinya dapat anda bagi dan perlihatkan ke tim Anda.

ODesk’s Bugzilla

Di salah satu tempat mangkal saya ini, sambil nunggu ojekan 😛 , di sini disediakan sebuah aplikasi yang cukup enak untuk membuat daftar pekerjaan dan cocok juga untuk pekerjaan tim. Di tiap task ada tingkatan statusnya (dari opened, assigned, completed, dan lainnya), dapat dikomentari sehingga bisa dijadikan referensi saat revisi. Sebenarnya Bugzilla ini adalah aplikasi gratis yang, kalau mau, dapat anda install di server anda sendiri. Silakan cek web Bugzilla.

2. Project Status Report

Saat bekerja dengan klien melalui freelance market anda diharuskan memberikan laporan pekerjaan minimal seminggu sekali. Namun ada juga klien yang menginginkan laporan per hari (task list juga berubah/direvisi per hari).

Tidak selalu fasilitas pelaporan ini disediakan tempat khusus, kalau anda menggunakan RAC maka Anda cukup melaporkan ke project message board. Sedangkan kalau anda menggunakan Elance pada toolbar workroom Anda ada menu untuk membuat laporan.

Tracker

Pada beberapa situs saya juga menemukan terdapat sebuah aplikasi yang fungsinya untuk membantu kita membuat catatan dan laporan tentang apa yang kita kerjakan saat itu dan berapa lama kita mengerjakannya. Di Elance, fasilitas ini bersifat pilihan dan hanya digunakan sebagai fasilitas para penyedia kerja. Sedangkan di oDesk yang sangat mendukung pekerjaan berbasis waktu, tracker ini menjadi fasilitas sangat penting untuk melakukan pencatatan dan pelaporan aktifitas kerja freelancer.

oDesk Team

Jika anda menggunakan oDesk, dan mengerjakan proyek berbasis waktu (work/hour based) di oDesk, maka aplikasi Team ini adalah sebuah perangkat lunak yang wajib dipasang dan dijalankan pada komputer Anda selama bekerja. Saat kita bekerja, kita akan membuat memo tentang apa yang sedang kita kerjakan, dan perangkat lunak ini akan mengambil screenshot komputer kita secara berkala. Pada akhir minggu, semua memo dan screenshot kita rekap dan kemudian akan di-review oleh client/buyer.

oDesk Team ini terintegrasi dengan BugZilla-nya oDesk, jadi kalau Anda sudah diberikan task dari Bugzilla, Anda cukup memilih task yang ingin Anda kerjaan dan mulailah bekerja. Dengan begitu pelaporan bisa menjadi otomatis.

3. File Repository/Sharing

Karena kita mengirimkan pekerjaan lewat internet, aplikasi file sharing/repository tentunya menjadi fasilitas yang mutlak harus dipunyai untuk bergelut di freelance market. Apalagi bila Anda sering berkutat dengan file besar.

Sayangnya, tidak semua situs mempunyai fitur ini, atau setidaknya tidak dengan jelas membedakan fasilitas ini dengan yang lain. Kalau di RAC Anda melakukannya dengan mengirimkan pesan dan meng-attach file yang mau dikirim. Sedangkan kalau di Guru atau Elance, fitur ini mempunyai tempat sendiri dan bisa diakses di pilihan file repository (unduh/unggah) dan berada pada workroom Anda. Nah dari sini Anda dapat mengirimkan pekerjaan anda untuk dilihat oleh klien.

oDesk’s SVN

SVN (Software Versioning System), adalah aplikasi yang dijalankan di server yang memungkinkan kita untuk berbagi file dengan orang lain, terutama kode program. Tidak serumit itu kok memakainya, kita cukup mengunduh svn client yang kita suka seperti Tortoise SVN atau Smart SVN (untuk Windows).

Ok, saya kira itulah fasilitas-fasilitas dasar yang dapat anda masukkan ke dalam sistem kerja Anda. Ingat, freelance market akan meminta komisi sekian persen untuk setiap proyek yang Anda menangkan, jadi luangkan waktu untuk membaca peraturan dan tata cara penggunaan situs mereka sehingga Anda keberadaan Anda disana bisa optimal. Untuk menggunakan fasilitas-fasilitas diatas tanpa memakai jasa freelance market silakan baca artikel Online Collaboration

Jika ada yang masih ada yang terlewatkan, atau anda mempunyai pengalaman dengan fasilitas-fasilitas pendukung kerja di suatu situs freelance market, jangan segan-segan untuk membaginya ya 🙂

Share pengalaman Anda di kontes kami yang berhadiah iPOD dan usb Flash 8GB dan Update ruangfreelance dengan berlangganan RSS, email, dan twitter

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Comments

  1. medy says

    gw masih blind tentang freelance market tapi gw pengen dapet sampingan….gmin ya mulainya…… apa yg harus gw miliki….selain semangat ber free lance ria

  2. says

    cara nukerin uang rupiah biar jadi dolar and masuk ke rekening paypal kita gimana si mas?
    muuph masih awam nih tentang paypal 🙂

  3. says

    Situs ini menjadi inspirasi saya menjadi freelancer graphic design, saat ini sy memasuki tahun kedua dan mempunyanyi beberapa klien lokal, sy menambah portofolio tdk hanya grafis tapi sy tawarkan atau klien yg minta untuk eksekusi ke media cetak atau web, bahkan untuk desain event terlibat dr mulai buat proposal, desain property, panggung, digital art sampe terlibat produksi dan acara (venue) jadi bisa menambah daftar fee selain dr kerjaan grafis, intinya desain grafis adalah gerbang utk mendapatkan job yg lebih besar. Intinya desain grafis tuh universal bisa di develop ke berbagai media baik ATL maupun BTL dari situlah kita ambil pos-pos pekerjaan yg dapat kita kerjakan secara profesional. Maka fee pun mengalir ke rekening anda.

    Sukses selalu buat para freelancer …

Trackbacks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *