Diskusi: Siapa Bilang Sukses Harus Nunggu Tua?

Rumus Sukses

Rumus Sukses

Kalau menengok ke belakang, terutama masa-masa 10-20 tahun lalu, mungkin kita yang masih muda-muda ini cenderung berpikir bahwa untuk menjadi sukses/mapan biasanya harus menunggu usia matang/dewasa (baca:tua). Dan beberapa dari kita mungkin berpikir bahwa usia itu bisa di atas 30 tahunan untuk yang sukses dari bekerja di perusahaan besar. Dan untuk yang bisa sukses dari usaha sendiri, cenderung menunggu usia yang hampir menyentuh angka pensiun, yakni 60 tahunan. Karena kesuksesan memang tidak mudah untuk dicapai, sehingga cenderung membutuhkan waktu lama untuk mencapainya.

Namun dengan menyebut kata “lama” apakah berarti harus menunggu tua untuk mencapai kesuksesan? “Lama” adalah relatif, menunggu pacar yang telat datang 10 menit, kita sudah menyebut itu “lama”. Ketika kita terlambat bangun dan terlambat masuk kelas 5 menit, guru piket sudah marah-marah dan bilang kita “lambat(lama)”. Dari sini kita bisa mengambil kesimpulan bahwa kesuksesan bisa diraih oleh siapa saja tanpa harus menunggu waktu puluhan tahun. Dan dalam topik ini, yaitu “kesuksesan berkarir”, saya meyakini bahwa dengan kerja keras yang extra kita bisa lebih cepat meraih kesuksesan dalam berkarir, karena kerja keras yang lebih dapat menggantikan waktu yang perlu dicapai untuk mencapai kesuksesan karir.

WORK HARD (10) + TIME (90) = SUCCESS (100)
WORK HARD (90) + TIME (10) = SUCCESS (100)
WORK HARD (10) + TIME (10) + CREATIVITY (80) = SUCCESS (100)

Melihat rumus di atas mungkin kebanyakan dari kita mungkin akan manggut-manggut setuju. Ternyata ada juga cara supaya kita tidak harus bekerja terlalu keras dan juga tidak perlu menggunakan waktu yang terlalu lama untuk mencapai kesuksesan karir.

Saya sudah seringkali menemukan para talent muda dari browsing internet. Baik itu Graphic Designer, Web Designer, ataupun Photographer. Dan beberapa dari talent muda tersebut ternyata masih berusia 16 – 20an tahun. Namun apakah mereka sudah menggunakan talent mereka untuk diterapkan pada bentuk bisnis? Beberapa mungkin sudah dan beberapa masih belajar. Tapi bisa dipastikan bahwa ketekunan mereka dalam hobby mereka masing-masing, dan juga bagaimana mereka berinovasi dan menggunakan kreatifitasnya untuk berkarir, itu akan menjadi nilai tambah yang membawa mereka pada kesuksesan yang tidak perlu menunggu tua dan juga tidak perlu bekerja sekeras tukang bangunan.

Teringat pada sebuah slogan iklan sebuah iklan rokok, Yang Lebih Muda Yang Gak Dipercaya. Mungkin slogan tersebut sekarang sudah tidak berlaku lagi di jaman sekarang ini. Portfolio bisa menutup mulut dan membuka mata para tua-tua yang tidak percaya pada yang muda-muda.

Namun kembali lagi pada pribadi kita yang masih muda ini, apakah kita cukup kreatif menggunakan apa yang kita miliki untuk mencapai kesuksesan karir? Setiap orang punya cara masing-masing untuk mencapai kesuksesan karir. Saya pribadi memilih untuk bekerja freelance untuk mencapai kesuksesan karir. Mengapa? Karena saya ingin membebaskan kreatifitas saya, dan saya meyakini bahwa impian saya untuk mencapai kesuksesan karir tidak akan bisa tercapai kalau tidak dengan menjadi freelancer. Dengan bekerja sebagai freelancer, saya bebas menentukan jalan saya mencapai kesuksesan karir.

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang bisa kita diskusikan bersama terkait dengan kesuksesan yang ga harus nunggu tua…

  • Apakah persepsi sukses menurut kamu? Batasan mana yang membuat kamu mengatakan bahwa kamu telah sukses?
  • Apakah kamu punya keraguan bahwa kamu gak mungkin sukses di usia muda?
  • Bentuk kreatifitas apa yang kamu miliki yang kiranya bisa membantu kamu meraih kesuksesan kamu?

Bagaimana menurut Anda, mari kita berdiskusi via komentar πŸ˜€

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Comments

  1. says

    dalam dunia creative sih sebenarnya bisa dikatakan sukses ketika kita bisa memberikan apa yang diharapkan client, meskipun menurut kita kurang puas tapi dari pihak client sudah sangat puas. nah itu dia.

    tidak punya sama sekali, karena saya percaya sama kemampuan saya.. dan harus mempunyai motifasi tinggi untuk mewujudkannya. jangan malas (kuncinya) πŸ˜€

    Kreatifitas dalam segala hal/permasalahan, membaca situasi, menerapkannya dengan kreatifitas yg nyeleneh misalkan πŸ˜€

  2. says

    1. Apakah persepsi sukses menurut kamu? Batasan mana yang membuat kamu mengatakan bahwa kamu telah sukses?

    Menurut saya, sukses itu ada di dua alam. Sukses akhirat, dan sukses dunia. Sekarang kita berada di alam dunia, yang artinya kesuksesan materi dan sosialisasi dengan manusia lainnya.

    Nah, sukses di dunia ini kita fokus pada pekerjaan, dan kekereatifan untuk meraih kesuksesan tersebut. Kesuksesan yang berarti adalah kesuksesan yang dapat dinikmati sendiri dan bermanfaat bagi orang lain…

    2. Apakah kamu punya keraguan bahwa kamu gak mungkin sukses di usia muda?

    ummn, pertanyaan asik. πŸ˜€
    jangan ragu untuk sukses di waktu muda. Karena dengan rumus diatas dan jangan lupa juga pemikiran yang positif dan “niat”. Maka kemungkinan sukses di waktu muda akan terpenuhi πŸ˜‰

    contoh saja Mark Zuckenberg… πŸ™‚

    3. Bentuk kreatifitas apa yang kamu miliki yang kiranya bisa membantu kamu meraih kesuksesan kamu?

    Kesuksesan dalam prestasi. Ya. Prestasi bukan hanya dalam sekolah, tapi juga di dunia selain akademik, banyak….

    Maka dari itu jangan ragu untuk meraih sukses dengan kreatifitas yang “out of the box”. Yang artinya lebih exprestif dari karya lainnya… (thanks to ka Anggi ^^)

    ya mungkin itu sekedar pendapat yang bisa saya tulis. Apabila ada kesalahan, saya senang apabila ada yang mengingatkan. hhe.

    cheers.
    -navy

    • says

      Ini nih anak ajaib yang bikin gw kaget.. ada anak umur 14 taun jago coding. kalah gue. hahah πŸ˜›

      pemikiran yang positif dan β€œniat” << bener banget. bener kata k'yofie. rumus itu bisa ditambah apa aja sesuai dgn kebutuhan masing2 πŸ™‚

      terus berjuang buat yang muda dan yang tua. sampai ketemu di puncak kesuksesan (jieh…)

  3. says

    Perkenalkan saya Febby, usia 19 taun. graphic artist/web designer freelance. Artikel yang menarik. Saya jadi gatel mau komentar πŸ™‚

    Menurut saya sukses itu adalah pencapaian dari tujuan. Tujuan ada dua: jangka panjang dan jangka pendek. Nah, karena itu buat saya sukses juga ada dua: jangka panjang sama jangka pendek.

    Dulu taun 2003 (waktu saya umur 13 taun), saya ngebet banget pengen bisa HTML. saya beli buku2 ttg pemrograman HTML, belajar bikin web. Akhirnya setelah bisa, punya website gratisan dari GeoCities aja rasanya udah bangga bgt πŸ™‚ itu sukses jangka pendek. Sukses jangka pendek itu gak ada abisnya. Kalo udah tercapai, pengen bisa yang lain lagi. Terus begitu. Apalagi anak muda, banyak maunya πŸ˜›

    Kalo sukses jangka panjang lebih luas lagi. Misalnya tujuan jangka panjang saya: pengen jadi visual fx artist trus ngerjain film di Hollywood (beneran lho haha) Untuk sampe situ, perjalanan saya masih jauuuh bgt. Dan untuk mencapainya butuh waktu yang jauh lebih lama daripada sukses jangka pendek πŸ˜‰

    Saya suka sama variabel rumus terakhir: WORK HARD, TIME, dan CREATIVITY. tapi bagaimana kalo kita bikin begini:

    WORK HARD (30) + TIME (30) + CREATIVITY (30) + LUCK (5) + PRAY (5) = SUCCESS (100)

    Menurut saya pribadi, 3 variabel pertama itu harus seimbang. Lalu keberuntungan dan doa, walaupun sedikit, tapi SANGAT menentukan hasil akhir.

    At least itu yang terjadi dalam hidup saya πŸ˜‰

    Bagaimana menurut temen2 yang lain?

    • says

      Setuju, 3 unsur di atas masih bisa ditambahkan unsur apapun yang saya kira tepat untuk kita semua masing-masing. Dari rumus WORK HARD, TIME, dan CREATIVITY; saya hendak menggambarkan bahwa ga harus nunggu tua untuk sukses, karena banyak hal lain yang bisa kita tambahkan untuk mempercepat kesuksesan kita sehingga tidak menggunakan waktu yang terlalu lama.

  4. says

    Kenalkan saya Asep graphic designer dan web developer freelance salah jurusan (hehe background saya akuntansi) usia 22 tahun. Pengen ikutan komen juga nih.

    Apakah persepsi sukses menurut kamu? Batasan mana yang membuat kamu mengatakan bahwa kamu telah sukses?

    Sukses itu apabila tujuan kita sudah tercapai. Tapi biasanya kita gak bakal sadar kita itu sudah sukses apa belum, kenapa? karena batasan sukses kita gak pernah jelas…selalu pengen lebih dan lebih lagi. Biasanya yang bisa bilang kita sukses atau belum malah orang lain yang melihat perkembangan kita dari awal.

    Apakah kamu punya keraguan bahwa kamu gak mungkin sukses di usia muda?
    Sama sekali gak ada, sekali kita punya rasa ragu berarti sudah menjudge pikiran kita untuk merasa gagal.

    Bentuk kreatifitas apa yang kamu miliki yang kiranya bisa membantu kamu meraih kesuksesan kamu?
    Graphic design dan web developing, serta sedikit tambahan ilmu tentang promosi dan branding yang dipelajari dari teman-teman advertising.

    Untuk rumusnya perlu dikembangin lagi dikit nih.

    WORK HARD (30) + TIME (30) + CREATIVITY (30) + LUCK (5) + PRAY (5) = SUCCESS (100) ditambah lagi IMPIAN(unlimited %)…hehehe

    loh kok? yaaa… “cuma impian yang membuat seorang manusia tetap hidup, cuma impian yang membuat kita punya tujuan hidup”.

  5. says

    wih sadis masih pada muda2 πŸ˜€ mana nih yg tuanya hahaha πŸ˜›

    menurut gue faktor kesuksesan itu harus dilihat dari diri sendiri dan impian harus tak terhingga seperti dibilang @Asep, tapi harus logik juga… kalau gak mungkin nanti jadinya sia2 juga. maksud logik, di-iringi dengan kemampuan dan kemauan.

    Awalnya gue ragu apakah gue bisa seperti orang lain, yg sudah berjaya baya diinternet… apakah gue mampu?
    Coba saja dengan keberanian, dalami, dan tidak putus asa. Resiko itu hanya meningkatkan skill untuk mencapai kesuksesan… so be brave πŸ˜€

    Dare to be different, dan walau suatu hal bukan hal yg baru dan berbeda, tapi Anda bisa lakukan ditempat yg berbeda. Sehingga akan menjadi suatu yg baru dan beda.

    JUST DO IT, TALK LESS and DO MORE πŸ˜€

    • says

      “Dare to be different, dan walau suatu hal bukan hal yg baru dan berbeda, tapi Anda bisa lakukan ditempat yg berbeda. Sehingga akan menjadi suatu yg baru dan beda.”

      Setuju banget nih sama kata-katanya mas krisna.Saya tambahin lagi dikit ya…hehe (ah koq saya sukanya nambah-nambah ya :D)

      Berani gila , berani sukses. Apalagi di industri kreatif gini, kalo pola pikirnya konvensional bisa dilindas sama orang lain.

    • says

      wih sadis masih pada muda2 mana nih yg tuanya? hahaha

      tapi masih merasa muda kan Kang Anggi? Hahaahaha πŸ˜€

      Segala sesuatu itu kan relatif ya. *einstein mode:on*. sesuatu jadi sesuatu karena ada sesuatu yang lain yang berperan sebagai patokan.

      Dan kalau berbicara sukses, sukses itu ada karena ada patokan yang bernama target. Targetnya tercapai, ya sukses. Sekarang kita men-set target atau tidak? Kalau dalam hidup kita tidak men-set target, ya tidak ada sukses dong. Kalau men-set target dan belum tercapai, masih mending. Label-nya: “belum” sukses.

      Kalau belum, masih ada kemungkinan akan. kalau tidak, ya sudah πŸ˜›

      Dan “target” nya juga bisa beragam ya, tidak tertutup hanya urusan finansial saja. Urusan hubungan vertikal dengan Tuhan pun bisa menjadi target πŸ™‚

  6. says

    Everyone have their `own time`
    Saya percaya setiap orang punya saat yang tepat untuk sukses, tapi pasti ada waktu dimana seseorang tidak dalam kondisi puncaknya. Adakalanya membiarkan orang lain yang lebih sukses adalah kesuksesan kita.

    tapi balik lagi arti sukses seperti apa yang kita biacarakan?
    jika cuma soal fulus,
    copet, maling dan rampok punya jurus yang paling sakti.

  7. says

    berhubung promosi yang cukup santer di twitter, jadi penasaran.. πŸ˜›
    well, saya rasa semua pendapat di atas benar.. ada banyak rumus menuju kesuksesan. tapi karena konteks-nya di sini adalah dunia freelance, saya ingin sedikit usul dengan menambahkan 1 variabel lagi, yaitu skalabilitas.

    saya yakin, temen2 freelancer yang ada di sini sangat enjoy dengan pekerjaannya. dan itu sudah bisa dibilang sebuah kesuksesan. tapi dunia terus berputar, dan umur bertambah (yang tua mau ikut komeentar haha.. :D). kita dituntut untuk terus berkembang, dalam segala hal. dan dalam konteks ini, yang saya maksud adalah skala bisnis. ada saat di mana kita harus menentukan, 5, 10, 20 tahun lagi, apakah kita tetap menjadi seorang freelancer, menyerah dan bekerja pada sebuah perusahaan, atau menjadi pemilik usaha?

    temen2 yang sudah menentukan pilihan untuk self-employed, maka menjadi pemilik usaha sendiri adalah end result yang paling logis untuk seorang freelancer. jadi pastikan, rumus sukses yang digunakan sekarang memiliki variabel skalabilitas. misalnya jumlah klien terus meningkat, size project semakin luas, tim yang ada semakin beragam, cadangan devisa semakin menumpuk, dsb. πŸ˜›

    good luck..!

  8. says

    menurut kacamata orang banyak , sukses= banyak uang (mapan).

    saya tidak setuju!

    sukses adalah suatu pencapaian dari tujuan kita. kalau memang kita berhasil mencapai sesuatu yang kita cita-citakan dari dulu, itu namanya juga sukses misalnya, menang lomba 17-an karena kita dari dulu selalu ingin, etc.

    saya merasa sudah sukses secara karir karena saya sudah bisa mencapai hal yang saya inginkan dari dulu yaitu bergerak di bidang musik, tinggal masalah finansial yang masih harus struggle, hehehe.

    Cheers.

    • says

      Saya sempat memperhitungkan bahwa akan ada komentar seperti yang disebutkan bro Iman ini hehe… Makanya saya coba menyebutkan kata “kesuksesan karir”… kesuksesan memang banyak bentuknya…

  9. says

    wah seru banget diskusinya dan benar-benar mantep dan yang muda-muda pada keluar semua.

    Faktor-faktor yang dibilang suksek oleh yofie benar dan yang ditambahkan oleh asep juga ok tuh, dan juga nafi serta temen lainnya.

    Hitungan sukses tiap orang berbeda-beda dilihat dari sudut pandang mana dulu orang tersebut melihat. Sukses itu menurut gw seperti to-do-list dimana kita menaruh range waktu untuk mencapainya.

    Mungkin bila kita melihat ke masa lalu banyak orang-orang terkenal jaman dulu yang hidupnya benar-benar terpuruk dan hasil karyanya dulu hanya dianggap sampah tapi sekarang malahan hasil karyanya di sebut masterpiece dan kita anggap dia sukses luar biasa, nah apakah itu termasuk ke dalam kategori sukses.

    Jadi kembali lagi kita harus liat sudut pandangnya dan range waktu untuk dianggap sukses.

    • says

      yo’ip Gus. cerdas euy
      definisi suksesnya berbeda, dan tetap proses memainkan peranan. lama tidaknya pun relatif. jadi, iklan roko emang paling bener πŸ˜€
      Yang Muda Bisa Ikut Bicara

  10. joandi febrio says

    btw ,bukannya pandangan sukses buat tiap orang berbeda ya ?
    mungkin bagi saya , saya akan merasa sudah sukses kalo sudah mencapai titik tertentu

    tapi bagi orang lain titik kesuksesannya bisa jadi beda =)

  11. says

    klo menurut gue sih lama kelamaan orang umur di bawah 20 tahun aja sudah harus memulai sesuatu.. jadi sebelum 30 bisa di pastikan sukses (asal dengan rumus itu yah hehehe)

    itu semua karena informasi yang sudah membanjir, mau belajar apa banyak sumber nya, jadi yg di butuhkan cuma “Niat”, memang balik lagi ke diri sendiri

    *oot dikit , btw itu yg ngedesain web nya twitter juga masih muda loh, umur 19 klo ga salah, huahhh 10 taun lagi udah kayak apa yah dunia? harus siap2 genjot terus nih, jgn mau ketinggalan!

    • says

      hwahaha… iya, banyak loh orang luar yang masih belum punya KTP mgkn tapi dah punya usaha sendiri dan bisa terbilang mapan… Apakah mereka memikirkan uang/bayaran dari project? Rasanya ga juga, kebanyakan cuma melakukan hobby, dan punya jiwa bersaing yang tinggi…

  12. dian ara says

    gw sih simpel aja. sukses bagi gw:
    1. nama gw dikenal (tiap ada yang nanya, “siapa seh dian ara?” yang laen bisa jawab, “tuh! freelance writer tuh! yang dulu maenannya di ruang freelance tuuuh…”)
    2. kapan pun gw butuh apaaa aja, gw nggak perlu ngutang (OH YES! termasuk kartu kredit!)
    3. gw bisa terus nulis apa pun yang gw SUKA.
    4. beberapa personal achievement bisa tercapai.

    yang paling penting, semua itu tercapai DI SAAT GW MASIH HIDUP.
    gw paling ngeri baca biografi pelukis, sastrawan, dll yang ngetopnya justru SETELAH mereka mati. amit-amit deee… enak di anak cucu dong! gw yang susah payah kerja, mereka yang ngerasain royaltinya… MEH!

  13. dian ara says

    satu lagi. menurut gw orang yang sukses itu nggak pernah ngerasa dirinya sukses. karena kalo dia bisa bilang, “gw dah sukses neh,” dia bakal brenti. period. his journey is over. dan setelah itu mati. pribadinya lho ya, bukan literally mati yang jantung brenti berdetak -.-

  14. says

    hmmmm, suk ses …….,
    Klo untuk diri sendiri intinya kepuasan pribadi sih gak lebih dari itu, tp apa ada yg pernah kepikiran untuk membuat orang lain sukses ? hal ini yg jarang saya dengar dari orang, coba saja bandingkan.

    usia muda …..,
    ya gw merasa dah tua kali klo ukuran orang indo (26), tp orang luar masih ngerasa (26) itu masih muda. jadi klo ukuran sukses untuk diri sendiri ya dari umur (15) dah bisa nyari duit sendiri.

    kreatifitas buat meraih kesuksesan …..,
    melakukan apa yg bisa gw lakukan buat diri sendiri dan orang lain dengan sebaik2nya.

    “People always forget how fast we did a job, but they will remember how well we did it.”

    • says

      Exactly! Pernah kepikiran untuk membuat orang lain sukses? Simple mgkn ya contohnya seperti situs ruangfreelance ini. Dari sini semua bisa berbagi dan sharing tentang kehidupan karir di dunia freelance, tentu tujuannya untuk membagi pengalaman supaya para pembaca bisa ikut belajar dari pengalaman yang udah lebih dulu dialami freelancer lainnya. Kalau self motivator? You guess haha…

  15. says

    [1] persepsi sukses…
    sukses menurut saya adalah ketika seseorang dapat mencapai puncak keseimbangan antara apa yang diinginkan dengan apa yang dia dapatkan dari keinginan tersebut -uang-

    [2] keraguan sukses di usia muda…
    gak pernah terlintas keraguan tentang sukses di usia muda. dengan begitu banyak entrepreneur muda, makin memotivasi saya untuk terus berjuang

    [3] bentuk kreatifitas…
    saya suka nge-desain situs, coret-coret ide bisnis, dan nyoba ngasih masukan (ala konsultan, hehe) ke temen-temen yang ingin bikin bisnis baru.

  16. says

    saya jadi ingat
    Top 50 Young Entrepreneurs Under 30
    http://www.retireat21.com/top-young-entrepreneurs/

    rata2 terlihat betapa inovatif dan kreatif mereka
    bisa meraup $million

    hanya dengan membuat produk2 semacam:
    facebook. youtube. mozilla. deviantart. popcap games. dan lain-lain

    sukses memang tidak bergantung dengan usia
    tetapi punya skill saja tidak cukup

    saya yakin mereka yang sukses diatas punya poin2 ini yang bagus: enterpreneur. manajemen diri. manajemen waktu. manajemen project. manajemen team. niat dan semangat yang kuat. inovatif dan kreatif. pantang menyerah dan tentu saja keberuntungan

  17. says

    waduh bos baca artikel ini gw jadi teringat 1 film yang judulnya catch me if you can, itu dari cerita nyata… dimana anak berusia dibawah 19 tahun udah memiliki 5jt dolar walaupun dengan cara fraud cheque bank tetapi ketika sudah dewasa malah membuat perusahaan deteksi cheque fraud dan meraup jutaan dolar dari sana.

    sungguh menginspirasikan… ini link profile org aslinya http://en.wikipedia.org/wiki/Frank_William_Abagnale

  18. says

    Jadi inget waktu dulu baru lulus kuliah, gw punya target umur 28 tahun gw minimal udah harus punya pekerjaan dengan gaji yg mapan & minimal udah jadi supervisor atau malah manager.

    Karena sampe umur 25-26 masih jadi staff juga & kecil kemungkinan berkembang kl kerja kantoran akhirnya berenti kerja kantoran & jd freelancer aja.

  19. silvanny says

    * Apakah persepsi sukses menurut kamu? Batasan mana yang membuat kamu mengatakan bahwa kamu telah sukses?
    suxes itu.. mendapatkan apa yg diinginkan..
    ato ga.. suatu keadaan dmn kita bs menerima keadaan yg ada disekliling hati kita dgn bersyukur~

    * Apakah kamu punya keraguan bahwa kamu gak mungkin sukses di usia muda?
    umm.. tergantung seberapa kuat berusaha n hoki.. ^^

    * Bentuk kreatifitas apa yang kamu miliki yang kiranya bisa membantu kamu meraih kesuksesan kamu?
    kreatifitas untuk berusaha keras dan mencoba semaksimal mungkin.. =P

  20. says

    1. Kesuksesan menurutku yaitu ketika kita sudah bisa mencukupi semua kebutuhan kita.

    2. Aku sih pengen bisa sukses di usia muda, minimal sebelum beranjak 30 tahun… xD

    3. Apa ya, masih bingung sebenernya mau fokus di designing ato programming…

  21. says

    Sukses gak memandang muda ato tua, tapi memang sukses diusia muda yang paling ideal. Kuncinya: investasikan apapun yang kamu punya seawal mungkin, berapun jumlahnya. Kalau punya ilmu atau keahlian segera bagikan / ajarkan ke sebanyak-banyaknya orang lain, yakin ilmumu gak bakal abis tapi malah nambah. kalau ada duit jangan habiskan, alokasikan untuk inves (dunia + akhirat) kendati nabung dulu, dan yang utama ayo bekerja atau belajar dengan motto: Kerja Ikhlas, Kerja Cerdas, Kerja Keras. Artinya: Awali niat tulus bekerja sebagai ibadah (ikhlas jangan diomongin – omongin ke orang, cukup di hati aja), Asah kreativitas dan inovasi, dan jangan cepat lelah. Simple ya…tapi susah loh ngawalinya..tapi apapun Start Now! maka insah Allah kamu sukses lebih cepat, tapi dalam bimbingan PENCIPTAmu

  22. says

    sukses tidak bicara soal keberuntungan.. muda atau tua semua tergantung kemampuan seseorang memanfaatkan kesempatan yang baik di depannya

  23. ute says

    sukses adL tercapainya suatu keinginan ………..

    hm….
    ragu pasti ada
    tapi sedang berusaha memusnahkan keraguan itu

    nah itu dia….
    ini Lagi nyari2 kreatifitas apa yg ku punya….
    heheheheheh

    anyone can heLp me?
    gmn cara menemukannya??

    • dharmanto aji says

      jika Anda sudah mulai berfikir untuk mencari apa yang Anda punya..itu artinya awal dari ke suksesan Anda. Sukses itu suatu pencarian…bukan pemenuhan.. “siapa yang mencari pasti akan menemukan”.

      • dharmanto aji says

        pertama: Sukses ada di hati nurani Anda sendiri. Coba cari dan gali.
        kedua: cari sumber dari offline or online.
        ketiga: coba hal-hal baru. jangan takut untuk mencoba
        keempat: action…action..and action…

  24. says

    Sukses adalah dimana kita bisa merasakan kebebasan dalam segala hal[positif] tanpa ada batasan dan yang mengekang kita,, hidup tanpa beban dan selalu berjalan baik,, dan yang penting perut tidak merasa lapar…

  25. elMbuk says

    – Sukses, menurut saya tidak mempunyai sebuah batasan jika kita melihat sebuah kesuksesan adalah sesuatu yang sangat subyektif dan dari sudut mana kita memandang sebuah kesuksesan.

    Analognya, sukses menurut seseorang yang bekerja sebagai tukang becak dan seseorang lagi bekerja sebagai manager sebuah bank ternama, bagi Si Bapak Becak asal dia bisa berpenghasilan dan mencukupi kebutuhan PRIMER keluarganya setiap hari dan setiap tahunnya, itu sudah cukup dan dia merasa sudah berhasil memenuhi apa yang menjadi standar kebutuhan keluarganya. Sedangkan bagi Si Manager Bank, kalau dia sudah punya mobil syukur2 lebih dari satu, rumah ada di mana-mana, gaji harus sekian juta, bisa plesir sampai ke luar negeri tiap tahun, dll, baru dia katakan itulah yang dimaksud sebuah kesuksesan.

    Mulailah untuk jujur dan bertanggung jawab terhadap komitmen, dan diri Anda sendiri. Belajarlah sesuatu dari apa yang telah Anda mulai.

  26. says

    Setuju bahwa kejujuran menjadi salah satu penentu kesuksesan, karena dari kejujuran melahirkan kepercayaan, kepercayaan mahal harganya dewasa ini…. Penting untuk melahirkan kepercayaan untuk orang lain supaya mau bekerja sama dengan kita, terutama para freelancer…

  27. says

    pingin banget dehh bisa jadi freelancer suksess sebelum 20 tahun.. tapi masih bingung ni. kalo mau dapet uang dari hasil desain2 yang kita bikin, ngasih kemana? lagian jaman sekarang masih jarang banget event2 atau competisi disain buat anak sma. cara nyari uang buat anak sma kaya aku gmn ya? masih gatau ni mesti dikemanain disain2 yang uda jadi. masa mesti dibuang? kan siapa tau layak buat ngasilin uang. hehe

  28. says

    Setuju tuh dengan rumus nomor tiga. Karena dengan kreatifitas, kita bisa menggunakan waktu (dan keterampilan) orang lain untuk mempercepat kita sukses… πŸ˜€

  29. taufan says

    Wah, setuju banget dengan sukses adalah merasa puas/bahagia dengan apa yang kita dapatkan.. meski sifat dasar manusia tidak pernah puas. Kalo saya pribadi, sukses di pekerjaan adalah ketika saya bisa menjalankan usaha sendiri, tidak tergantung (sepenuhnya) kpd orang lain. Karena definisi sukses tsb, saya terus terang kurang pede .. maklum kedua ortu masih berpikiran sukses di dunia kerja adlh punya pekerjaan mapan. Sebenarnya saya pribadi suka dengan dunia design, tapi ngga tahu bagaimana memulai di bidang ini sampai mencapai definisi sukses tsb. Walau bgm-pun alhamdulillah masih ada rejeki pekerjaan tetap. Tapi saya setuju, kalo tidak saya yang memulai.. kesuksesan yang saya ingin tsb tidak akan tercapai.

  30. putra says

    Arti Sukses bagi setiap orang berbeda-beda, tidak bisa digeneralisir dengan batasan “apa”, “bagaimana”, “bilamana” karena Sukses itu relatif dan subyektif.
    Seseorang dapat mengatakan dirinya sukses hanya dalam batasan penilaian yang Ia takar sendiri. Namun bagi orang lain belum tentu serupa dan begitu pula sebaliknya.

    Sukses tidak punya garis batas yang besifat final. Yang ada adalah potongan-potongan keberhasilan. Demikian pula dengan Gagal, tidak ada Gagal yang bersifat final yang ada hanyalah Sukses yang tertunda. Karena hidup akan terus berlanjut, tantangan akan terus menghadang.

    Bagi saya Sukses adalah berani berusaha memperbaiki kegagalan dan berani mengatakan: “keberhasilan ini belum merupakan kesuksesan”.

  31. bona :) says

    1 . sukses = dmn kita bisa mncapai tjuan hidup kita ..
    2. iya , agak sdikit ragu ..
    entah mngapa ?!
    ttapi sya bnar2 ingn bsa mnjadi org yg sukses πŸ™‚
    3.saya rasa , saya memiliki bakat untuk mnghasilkan fto2 yg indah πŸ™‚

  32. dharmanto aji says

    sukses itu…sesuatu yang lebih dari yang kita miliki sekarang..terserah apa itu..bisa materi atau tidak,tegantung apa yang kita tuju. Sukses gak perlu maksa diri harus di usia muda..usia berapa aja bisa.yang penting take action aja Mas…banyak berbuat…

  33. says

    saya muda…sukses dan bersahaja hahaha~
    lagi berusaha untuk mencari jalan sukses saya karna bagi saya sukses adalah relative~

  34. says

    Succes adl pencapaian,,ketika kita sudah mendapatkan apa yang kita inginkan,,dan apa yang kita cita2 kn slma ini,

    ga ada yang ga mungkin kalau kita mau belajar dan berusaha,,,

    web design, coder adl jalan saya untuk mncapai ksuksesan dan tidak lupa berdoa,,,

  35. says

    Apakah persepsi sukses menurut kamu? Batasan mana yang membuat kamu mengatakan bahwa kamu telah sukses?

    Menurut saya, sukses itu adalah keberhasilan dalam meraih apa yang sudah ditargetkan sebelumnya. Jadi batasnya adalah terget yang telah saya buat. Untuk menentukan batasan target juga dipengaruhi dengan kemampuan, bila kemampuannya masih sedikit mungkin target saya akan kecil pula. seperti itu kira2
    Nice posting…

    • says

      Setuju..
      Sukses dengan segala relatifitasnya tapi pada hakekatnya sama. Sama-sama memiliki target dan tujuan tertentu serta passion yang dimiliki

  36. faisalrizaltet@rocketmail.com says

    kunci sukse itu jangan lari dengan kejujuran dalam segala hal,,….itu baru sukses

Trackbacks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *