Diskusi: Paypal oh Paypal

paypal by jeremyhead

paypal by jeremyhead

Belakangan ini kurs USD (dolar Amrik) terhadap IDR (rupiah) di PayPal melemah. Kian hari kian melemah. Angka terakhir, ketika tulisan ini ditulis, mencapai $1 = IDR 9.104. Dan mungkin saja akan terus melemah. seharusnya kita senang lowh karena rupiah kita akhirnya menguat 😀 .

Bagi kita freelancer, yang lebih memburu USD ketimbang IDR, fenomena ini bisa jadi memberatkan. Atau malah sebaliknya?

Yuk berdiskusi soal ini.

1. Bagaimana Anda menyikapi melemahnya kurs USD terhadap IDR di Paypal?

2. Kiat-kiat apa yang Anda terapkan untuk mengantisipasi dampak negatif dari fenomena ini?

3. Apakah ini saatnya kita freelancer beralih ke IDR? Atau mata uang lain?

4. Bagaimana dengan sistem pembayaran selain Paypal? ada ide?

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Comments

  1. says

    Mungkin akan sedikit OOT, nih. Tapi masih yang berkaitan dengan Paypal.

    Masalahnya adalah nama saya hanya terdiri dari satu kata saja, yaitu Ivone. Bank tidak punya masalah dengan hal itu, karena semua butki identitas juga hanya menggunakan satu kata, tapi PayPal menolak melakukan transaksi dengan alasan kurangnya tingkat sekuritas walaupun saya sudah melampirkan bukti identitas dan lain-lain.

    Juga pernah menanyakan hal yang sama kepada AlertPay.

    Mohon pencerahan, apakah ada solusi untuk hal ini atau saya lebih baik menggunakan bank wire saja untuk transaksi pembayaran.

    terima kasih.

    Ivone

    • says

      sama donk 🙂

      caranya, daftar dengan nama depan Ivone dan nama belakang koma “,”

      kebetulan gue juga gitu , cuma Richard aja di KTP 😛

      setelah daftar jadi Richard,

      ga ada masalah lagi tuh 😀

  2. says

    1. Ya seneng gak seneng dong. Seneng kalo $ turun jadi rupiah sedikit menguat. Gak seneng juga sih, soale pendapatan jadi bekurang. Tapi ya kalo emang rejeki kita segini ya ikhlasin aja dong.

    2. Gak ada kiat khusus. Cuma perbanyak karya aja. Makin banyak karya kita yang bisa menghasilkan. Kalo kita konsentrasi dan nikmatin prosesnya, gak terlalu berasa imbasnya.

    3. Otomatis akan beralih ke IDR kalo Rp. 1,- = $100 kekekekek … atau kalo mau beralih ke euro atau poundsterling, karena kursnya lumayan tinggi untuk 2 mata uang tersebut

    4. Gak ada ide.

  3. says

    Kalo gw sih ama client2 nya jujur aja, nilai tukar lagi jelek, biasanya dapet segini rupiah tp sekrang segini rupiah, dan rata2 client nya ngerti dan menaikan budget nya.. ^_^

  4. says

    1. pertama nyesek juga, tadinya, klo $100 = 1juta, sekarang cuma 900rbu atau kurang mungkin, tapi di sisi lain barang2 di Indonesia juga harusnya jadi lebih murah yah

    2. berusaha naikin harga kita 🙂 mungkin naikin nya dikit2, +50$ dari harga biasa

    3. klo beralih agak susah yah, klien biasanya udah biasa dengan USD, dan mereka juga tau loh kadang2 perbedaan mata uang kita, jadi tentu mereka milih USD, maunya sih Euro aja deh klo bisa 😛

    4. blum kepikiran yang lain, masih percaya aja sama Paypal 🙂

  5. says

    1. Karena turunnya masih ga terlalu drastis jadi masih fine2 aja, besides dollar turun juga bawa dampak positif ke negeri ini. Menurut gw kita jg ga boleh mikirin diri kita sendiri aja.

    2. Cari project yg lebih banyak atau naekin harga buat klien2 luar

    3. Kalau project2 dari luar negeri tetap wajib, kudu dan harus pake dollar

    4. Sejauh ini masih berpikir Paypal masih yang terbaik. Sekarang sih yg lagi naek daun itu si Plimus, http://www.plimus.com

  6. says

    1. Alhamdulilah dan Innalillah 🙂

    2. Jaga lifestyle, jangan sampai terlalu terlena dengan hasil yang lumayan besar. Atur waktu supaya bisa ngerjain project lain

    3. Bisa juga, ke euro mungkin lebih stable

    4. Hmm.. no.1 still paypal

  7. says

    kerasa juga sih kalau di cairin ke rupiah :(, tapi kalu buat belanja di net sih ga masalah hehehehehe… yang penting masyarakat Indonesia bisa kena imbasnya kalau kurs dollar turun..

  8. says

    Jual ke kaskus aja gan
    banyak penjual yang nyari paypal disana, butuh buat belanja di ebay
    tawarin aja pakai kurs klikbca, pasti rame yang nyari 🙂

  9. says

    Meskipun sudah punya account paypal, tapi belum pernah terima aliran dolar masuk, hikss… donate please haha… Yah everythings changing… sebagai freelancer harus pandai mengambil keputusan yang tepat dalam berbagai situasi (fleksibel)…

  10. says

    gak usah pusing kali. tinggal naikin aja harga $ nya. oya, Paypal lagi ngadain promosi nih di beberapa negara di asia tenggara
    bekerjasama dengan facebook, dia ngasih duit bagi siapa yang ngikut join di app di facebook.. dan saya rasa ini bukan hoax.

    Wuih siapa sih yg ga mau $100. hari gini gitu loh…! Pertama mendaftar Anda langsung dapat $1, semakin banyak Anda mereferensikan Program Paypal WishList ini ke teman facebook Anda maka semakin banyak earning yang akan Anda dapatkan. Earning akan Anda peroleh pada tanggal 28 Februari 2010, masih cukup lama kan, ya itung-itung menabung lah dari sekarang.

    KETENTUAN:
    1. Berumur minimal 18 tahun dan alamat pada akun Paypal terdaftar di India, Thailand, Malaysia, Korea, Vietnam, Philippines, Indonesia, atau Singapore.
    2. Akun Paypal harus dalam Good Standing selama masa promosi program. Dalam arti tidak dalam keadaan di-hold atau di-suspend.
    3. Membuat daftar Paypal Wishlist dan mempromosikannya.
    4. Batas maximal penghasilan adalah $100
    5. Penghasilan baru dapat diterima tanggal 28 Februari 2010.

    cek aja linknya

  11. Alameida says

    Gue juga sebel buanget Paypal sekarang ratenya turun lagi jadi 9000an.

    Yang lebih ngeselin lagi, account Indonesia ga punya pilihan untuk switch mata uang selain dollar amerika dan rupiah.

    Setau gw Paypal Aussie punya lebih banyak pilihan mata uang, sewaktu-waktu bisa dikonversi.

  12. superdude says

    Buatku, semua kurs yg ada di paypal aku rubah menjadi Poundsterling, berhubung kurs GBP lebih tinggi nilai tukarnya dibanding dengan mata uang lain.

  13. superdude says

    Buatku, semua kurs yg ada di paypal aku rubah menjadi Poundsterling, berhubung kurs GBP lebih tinggi nilai tukarnya dibanding dengan mata uang lain. Lagipula cara ini gratis.

  14. says

    Permisi, salam kenal all Freelancer !!
    saya mau menjawab yang nomor empat ah …. selain Paypal banyak setahu ane seperti 1. LibertyReserve 2. Alertpay 3. MoneyBookers 4. Western Union (heheheh) dah itu saja deh, udah setenar paypal kayanya.

  15. danu88 says

    salam kenal semua, numpang tanya ni
    paypal ane g bisa dikirimin balance kira2 knapa ya, ga kena limit juga udah verified…

    tolong ya mass

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *