Diskusi: Passive Income (Pemasukan secara Pasif)

passive income - photo by blogpostingservices

passive income - photo by blogpostingservices

Sebagai seorang freelancer pastinya kita tidak selalu mendapatkan pendapatan yang tetap bukan? mungkin sekarang dalam posisi kaya meraya bisa membelikan iPhone 3G atau ponsel keren lainnya untuk pacarnya πŸ™‚ atau juga sebaliknya merana bin apes lagi tidak ada klien 1 pun dan uang hanya untuk makan sendiri. Apa yang harus dilakukan freelancer untuk menghindari kejadian-kejadian seperti itu?

Salah satunya memang kita harus mempunyai passive income (pemasukan secara pasif) yang dapat membantu kita untuk terus mampu bertahan hidup dimasa paceklik (tidak ada proyek). Cara yang dilakukan pasti juga sangat beragam misalnya dari Google Adsense, iklan banner di web sendiri, jualan produk, me-review dan masih banyak lagi. Tapi apakah benar-benar bisa membantu masa paceklik Anda? berikut beberapa hal yang akan kita diskusikan.

  1. Apa yang Anda lakukan apabila masa paceklik tiba, untuk menjaga kestabilan kerja freelance Anda?
  2. Passive income apa yang Anda lakukan? Apakah bisa membantu Anda bertahan dibulan tersebut?
  3. Apakah menabung sebagai solusi satu-satunya saat ini?
  4. Apakah Anda pernah obral service Anda pada tingkat harga tertentu, dapat dibilang Anda despert – yang penting dapat kerjaan? berikan alasannya
  5. Apakah Anda mempunyai ide besar untuk membuat suatu layanan marketplace sebagai passive income freelancer indonesia? coba jelaskan.

Semoga saja kita dapat terus bertahan sebagai freelancer walau dalam keadaan paceklik, dan mungkin saja menjadi cita-cita seorang anak SD di setiap sekolah… Budi nanti kalau sudah besar mau jadi apa? mau jadi freelancer bu guru :mrgreen: (ngarep) hahahahahaha

Jangan lupa bahwa kami mengadakan seminar freelance pada tanggal 21 Maret, jangan lupa mendaftar untuk belajar dari yang terbaik dibidangnya!

Share pengalaman Anda disini dan update artikel menarik ruangfreelance dengan berlangganan RSS, email, dan twitter.

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Comments

  1. says

    huhuyy PERTAMAX πŸ˜€ akhirnyaa, terharu gw (eh salah forum ya)
    ini artikelnya ngasih pertanyaan, jawabannya ga dikasih πŸ™
    – kalau dari temen2 gw, saat dimasa paceklik dipake buat nulis blog, ujung2nya jualan adsense πŸ˜€
    – kalau gw sendiri, saat packelik sibuk bikin produk situs baru, ujung2nya si produk ini jadi portofolio situs gw, bisa buat jualan πŸ˜€

  2. Aranolein says

    Passive income menurut gue tetap diperlukan saat jadi freelancer maupun udah kerja. Hari gini, gituloh. masa’ sih ngandalin gaji dan bayaran proyek (apalagi yang belum turun-turun!).

    Kalau memang bisa bikin jualan online, lumayan lho untuk menyelamatkan masa paceklik.

  3. says

    Justru dong berhubung ini lagi tag [diskusi] jadi ya kita diskusi πŸ˜€ Tidak akan diberi jawaban dari penulis, tapi oleh pembaca.

    ~sekali2gantianlaaa

  4. says

    Iya pemasukan melalui Google adsense , domain parkir , CPA dan Kroni2 nya bisa dikategorikan dalam Passive income ,jika kita stabil dan merajai keywords2 tertentu disearch engine. kalau sudah dalam tahap itu pilihan ini selain bisa dijadikan passive income, ataupun penghasilan utama , tetapi banyak sekali orang yg mengalami kendala dalam mencoba cara seperti ini karena kurang kesabaran dan kurang fokus dalam pemilihan Niche ato topik , karena apa yg didapatkan pada awalnya Sangat sangat kecil , walau saya masih dalam kategori pemula tapi program2 diatas sudah mampu memberi saya sesuap nasi setiap hari mengisi hari saya sebagai penganguran

    thx

    Danny

  5. says

    Bagus nih diskusinya mas anggi..

    Buat seorang photographer keliling seperti saya πŸ™‚
    yang paling sering dikerjakan kalo paceklik ya terima orderan bikin design album, lumayan ngebantu juga tuh. Selain ngebantu supaya deadline temen2 photographer lain gak mepet,bisa nambah2in kulkas template album juga dan selanjutnya bisa dijual lagi juga kan, selain nantinya jadi tabungan untuk dipakai sendiri kalo ada orderan pribadi..

    obral sevice kayaknya jangan deh..yang pasti kalo udah mentok2 bgt saya harus bisa dapetin untung 30% aja dari seluruh budget produksinya..

    thx,
    Prass

    http://www.prassprasetio.com
    http://www.prass.deviantart.com

  6. says

    Sampai komentar ini diturunkan saya masih bekerja sebagai karyawan.:) Jadi ga bisa memberikan komentar tentang passive income.

    Di dunia offline, salah satunya menjadi agen asuransi, dan ini telah di buktikan teman saya.

    Saya cuma mau mau mempertegas apa yang dituliskan postingan ini, memang lebih baik kita memiliki passive income.

    Mengenai caranya tergantung ketertarikan tiap individu. Semoga berhasil teman.

  7. says

    @daus: membuat suatu forum itu mudah, hanya saja merawatnya yang susah :D, mungkin dengan ada topik diskusi ini membuat lebih mudah dan kedepan kalo team RF makin solid baru deh buat forum πŸ˜›

  8. says

    Pendapat pasif itu penting banget buat freelancer, gw sendiri jg dah mulai berpikir untuk mencari peluang bisnis lain yang kiranya bisa mensupport biar dapur bisa terus ngebul ketika orderan project lagi sepi.

  9. bramada says

    meskipun saya bukan freelancer sejati coz saya juga ngajar di perguruan tinggi tp saya menekuni bidang freelance yang awalnya cuma sekedar hobi tp malah jd saya kembangin sebagai income… kalo boleh dibilang saya ini gak punya fokus kerja dimana (kecuali kerjaan tetap saya) coz saya menggeluti desain grafis (tp bisanya cuma pake corel draw ma adobe photoshop, ma sedikit MM-flash) suka nulis (artikel, cerpen, malah sekarang lg bikin tetralogi ma script film..doain ya), saya juga membantu rekan dalam konsep program pengembangan wilayah, spesialis di sapi potong, penanangan limbah dan desain kandang, dan kadang jd MC dan pembicara pada beberapa program motivasi (padahal belum prof banget)
    dari sekian banyak kerjaan itu saya jadi berfikir mana yang lebih baik, profesional di satu bidang atau fleksibel dengan bidang2 lain yang bisa kita kembangkan?? kalo mau berpikir idealis ya saya itu dosen…jd tugas saya ngajar, meneliti dah beres…tp saya berpikir apakah ada sesuatu yang membuat kita terbatas…misalnya hanya karena saya kuliah di peternakan maka saya harus jd peternak atau praktisi peternakan?? misalnya si anggi krisna ini dulunya adalah sarjana sosial ekonomi perikanan tetapi dia bergerak dalam bidang desain grafis.
    saya gak tau nih sudah melenceng dari konsep profesionalisme atau tidak … tp fleksibilitas itu perlu kok…kalo anda seorang desainer web, kalo lg gak ada order kenapa gak buat artikel sederhana di koran, misalnya mengenal warna, mengenal arti bentuk, mengenal karakter font??? saya pernah buat dengan bahasan sederhana dan dapet kok income tambahan.
    saran lainnya sih sudah dibahas tp saya coba rangkum, pertama tentukan pengeluaran optimal anda perbulan lalu tentukan target income anda perbulan dengan acuan optimal cost perbulan, kemudian buat rencana atau target project yang paling mungkin anda lakukan (masukkan juga tingkat keberhasilannya), kemudian jika pendapatan melebihi target maka simpan buat safing (ini untuk buffer pada project dengan tingkat keberhasilan dibawah 80%)…
    dengan konsep itu, alhamdulillah dari saya yang kelimpungan gak punya apa2 (maklum pegawai negeri) sekarang minimal saya bisa jalan dengan tenang untuk target yang lebih besar lagi…terima kasih

  10. says

    Keliling foto2, trus jualan stock image walupun banyak yang direject dan baru 2 foto yang kebeli. Yang penting ada kegiatan deh. Klo gak kadang jual beli asesoris foto juga. Tapi klo jual beli blom bisa dibilang pasive income ya.

    yah semoga stock fotonya tambah keren biar bisa masuk kualifikasi dan akhirnya dibeli banyak orang. hehe

    thanks

  11. says

    Hi all, kalau belajar dari Bapak, ya buat kontrakan yang sederhana/sedang di tempat strategis. Memang entri point-nya tingi karena harus sedia tanah dan biaya bangunan. Namun itu bisa dicicil sedikit demi sedikit. Idealnya sih hasil dari kontrakan bisa menutupi biaya hidup sehari (sandang, pangan, transportasi, telekomunikasi) dan hasil freelance buat tambahan aja.

    Lumayan, ongkang-ongkang kaki dan tiap bulan hasilnya lumayan stabil. Investasi ini juga anti inflasi karena klo ada inflasi tinggal harga kontrakan dinaikkan πŸ™‚

  12. says

    Kebetulan saya kerja part time sebagai guru komputer di salah satu sekolah swasta… Jadi bisa jadi back up seandainya keadaan freelancing saya lagi sulit. Saya punya banyak rencana passive income yang sayangnya saya sendiri gak sempat menjalankannya. Passive income pun kelak kalau sudah maju bisa menjadi active income πŸ˜€

  13. says

    @all: kebayakan dari kalian yang dibicarakan itu sidejob bukan passive income. passive income itu apabila kita sedang dalam perjalanan, mandi, sakit, tidur, berlibur atau lainnya kita mendapatkan penghailan. jadi kita hanya kerja sekali dapatnya berkali tanpa harus bersusah payah. semoga mengerti :mrgreen:

    Apa yang Anda lakukan apabila masa paceklik tiba, untuk menjaga kestabilan kerja freelance Anda?
    mencari pekerjaan baru di freelance market, berkenalan dengan klien baru, membuat produk untuk mendapatkan pendapatan pasif

    Passive income apa yang Anda lakukan? Apakah bisa membantu Anda bertahan dibulan tersebut?
    Adsense coba-coba sudah mau setahun baru $55 karena gak diurus hahahaha πŸ˜› sangat tidak bisa bertahan untuk biaya bulanan, sekarang ini membuat banyak produk agar bisa mendapatkan pendapatan pasif dengan mudah. beberapa yang sudah jalan hingga sekarang http://www.jobsfreak.net (job board para kreatif khusus indonesia) , http://www.ruangfreelance.com (wadah freelancer belajar, berbicara, dan menjadi berpengalaman) dan yang terakhir baru launching 3 hari lalu http://www.gantibaju.com (kontes kaos ala Indonesia), lainnya mungkin ada 3 lagi yang akan kami luncurkan di tahun ini πŸ˜€

    Apakah menabung sebagai solusi satu-satunya saat ini?
    Hingga saat ini iyah, karena produk-produk kami baru saja jalan beberapa bulan bahkan hari… sehingga belum bisa diandalkan :D, semoga semakin hari semakin membaik

    Apakah Anda pernah obral service Anda pada tingkat harga tertentu, dapat dibilang Anda despert – yang penting dapat kerjaan? berikan alasannya

    tidak dapat dipungkiri bahwa saya harus melakukannya karena harus membayar teman-teman yang bekerja di icreativelabs, tapi tetap dipilih juga ko… gak despert amat πŸ˜›

    Apakah Anda mempunyai ide besar untuk membuat suatu layanan marketplace sebagai passive income freelancer indonesia? coba jelaskan.
    Pastinya, yang baru saat ini yaitu http://www.gantibaju.com salah satu kontes ala Indonesia yang mengikuti gaya website luar threadless yang sudah sangat sukses. kami berusaha memberikan win-win solution kepada desainer agar mereka merasa dihargai dan mendapatkan untung lebih pastinya. tunggu produk kami lainnya πŸ˜€

  14. says

    Apa yang Anda lakukan apabila masa paceklik tiba, untuk menjaga kestabilan kerja freelance Anda?
    Coba cari project sendiri, ya seperti buat website toko online misalnya… Cita-cita yang belum tercapai haha…

    Passive income apa yang Anda lakukan? Apakah bisa membantu Anda bertahan dibulan tersebut?
    Duh gak ada passive income hahaha… Passive outcome banyak nih…

    Apakah menabung sebagai solusi satu-satunya saat ini?
    Pengen menabung tapi masih sulit sekali memanage diri sendiri dengan baik. Lewat seminar Freelance Done Right kemarin di Cikini, oleh pembicara pak Chandra Marsono dari PT. Sedna Kreatif Teknologi, saya jadi sadar betapa pentingnya memanage diri sendiri sebagai Freelancer yang baik. Gak selamanya kita jadi freelancer

    Apakah Anda pernah obral service Anda pada tingkat harga tertentu, dapat dibilang Anda despert – yang penting dapat kerjaan? berikan alasannya
    Yup, tentu pernah obral service apalagi ketika lagi kepepet butuh uang utk bayar tagihan speedy hahaha… Ya jadi kecewa berat, kerjanya ternyata super duper capek, uangnya gak seberapa… Yah liat sisi positifnya aja, jadikan pengalaman.

    Apakah Anda mempunyai ide besar untuk membuat suatu layanan marketplace sebagai passive income freelancer indonesia? coba jelaskan.
    Maybe… let’s see later hahaha…

  15. says

    Apa yang Anda lakukan apabila masa paceklik tiba, untuk menjaga kestabilan kerja freelance Anda?
    Pasang iklan lebih gencar..jangan sampai kalah sama iklan MLM hahaha…

    Passive income apa yang Anda lakukan? Apakah bisa membantu Anda bertahan dibulan tersebut?
    Syukur alhamdulillah saya ada rumah dikontrakin jadi pasif incomenya pertahun dari situ, bisa untuk bertahan dibulan-bulan yang lagi jobless ^_^…lagi nyari sumber pasif income lain yang halal dan “sehati”

    Apakah menabung sebagai solusi satu-satunya saat ini? Iya..buat saya sih gitu

    Apakah Anda pernah obral service Anda pada tingkat harga tertentu, dapat dibilang Anda despert – yang penting dapat kerjaan? berikan alasannya
    Pada tingkat harga tertentu iya..tapi gak sampai jeblok dan menjatuhkan harga desain..

    Apakah Anda mempunyai ide besar untuk membuat suatu layanan marketplace sebagai passive income freelancer indonesia? coba jelaskan.
    Saya bagian penggembira aja deh..gak ngerti cara bikinnya hehe. Tapi tertarik juga kalo ada tim/teman yang ngajakin (eh tapi gw bisa apa ya?mmm)

  16. says

    Satu hal: saya paling nggak percaya sama program PTC, PTR, dll.

    Yang paling masuk akal adalah nyetok, di tempat2 kaya iStockPhoto, envato, dll. Karena saya musisi nganggur, saya punya account stok audio di Audio Jungle (www.visualgroove.net/music). Lumayan udah 3 bulan dapet $80+ tapi harus aktif banget karena disana banyak yang lebih profesional.

  17. says

    Buat blog, tingkatin traffic, pasang adsense atau ads lainya. Kalo uda berhasil, bikin blog/web apps lainya. Atau bikin wordpress themes, jual di themeforest.
    Bulan ini saya pensiun jadi karyawan. Salah satu blog saya, saya jual, lumayan buat modal pensiun.

  18. says

    ini baru rencana sih…
    untuk jaga jaga, saya menginvestasikan penghasilan untuk membangun aset…
    asetnya berupa percetakan…

    dan juga tidak lupa untuk terus bersedekah…
    biar pasif income dari tuhan tetep…
    hehe

Trackbacks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *