Diskusi: iPhone atau Blackberry

iphone versus blackberry oleh Laughing Squid

iphone versus blackberry oleh Laughing Squid

Perkembangan Smart mobile phone terus merajalela saat ini dan para gadget-ers terus saja memburu hal-hal baru untuk mengejar kemudahan atau sekedar prestige semata. Tidak ketinggalan para freelancer yang hidupnya selalu ingin kemudahan dalam bekerja, dari bekerja diluar kantor, menggunakan macbook, smartphone, dan lain lain.

Melihat dari perang smartphone di Indonesia, Blackberry sepertinya lebih unggul bila dibanding Β iPhone. Kenapa hal ini terjadi? disebabkan,Blackberry lebih awal muncul di Indonesia, biaya yang terjangkau, dan euforia BB dimana-mana yang menyebabkan orang-orang disekitar harus memilikinya berdasarkan prestige. Kalau gak punya gak gaul dan gak asik! πŸ˜€

Saat ini Β iPhone baru saja masuk ke Indonesia untuk memikat para hati gadget-ters Indonesia, tapi sayangnya harga yang dibanroll cukup susah menelan ludah, yaitu sekitar 11-12 juta rupiah. Tapi apakah kalian akan memilihΒ iPhone setelah melihat kemudahan yang diberikannya di guide tournya iPhone dan melihat aplikasi iphone untuk memudahkan para freelancer bekerja?

berikut diskusi iPhone versusBlackberry

1. Anda sebagai freelancer akan memilih apa sebagai gadgetnya untuk memudahkan bekerja (blackberry atau iPhone)?
2. Terangkan alasan Anda memilih gadget tersebut, apa yang membuat Anda merasa terbantu?
3. Apa kelemahan yang dimiliki gadget Anda sekarang?, sehingga bagi para freelancer newbie dapat menentukan gadget yang tepat.

Kami tunggu komentar Anda πŸ™‚

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Comments

  1. says

    Bagi freelancer, mungkin iPhone akan lebih tepat. Di RAC saat ini project-project baru untuk membuat aplikasi iPhone sangat banyak, sampai-sampai ada banner yang berisi informasi situs tempat belajar membuat aplikasi di iPhone. Pangsa pasar aplikasi iPhone juga mencakup seluruh dunia.

    BB hanya memiliki fitur email, tak tarlalu bermanfaat bagi freelancer. Bahkan terlalu sering mengakses email malah akan mengurangi produktifitas bukan? Selain itu, melihat dan membalas email menggunakan BB tentunya tidak senyaman menggunakan PC, apalagi kalau berhubungan dengan pekerjaan.

    Jadi, jika harus memilih antara keduanya, tentu saja saya akan pilih iPhone. Selain berfungsi sebagai gadget, juga bisa menjadi platform aplikasi baru untuk menghasilkan uang.

  2. yudhistira says

    kalo cuma mau chating di i phone or pda/smartphone jg bs, dan biayanya lbh murah

  3. says

    pilih iphone ajah deh….. lebih powerfull, BB udah pasaran dan rada cupu he..he..he..

    emang sih harga iphone telkomel rada2 gilak!, yang 8G (tidak kontrak) 8 jutaan…. tapi jika melihat kehandalannya dibandingkan BB, harga segitu sih hmmm lumayan sih πŸ™‚

    untuk kalian yang ngebet punya iphone tapi dana tarbatas, bisa kok diakalin dengan ipod taouch digabungkan dengan handphone yang ada wifinya….

    jadi handphone nya nanti kita jadikan semacam modem gituh (melalu wifi) dengan sedikit hack kecil2an… semua itu dapat terlaksana….

    e51 + ipod touch = powerfull juga tuh πŸ™‚ = total keduanya makan biaya Rp. 4jt

    dengan begitu ipod taouch sudah bisa beraksi selayaknya iphone (minus telp)….

    selamat mencoba…

  4. says

    bagi orang yang menganggap interface adalah segalanya pasti milih iPhone. untuk fitur sebuah handphone, iPhone bisa dibilang telat bahkan butuh sampai 3 generasi baru iPhone bisa forward sms, mms, dll.

    diluar itu, iPhone cocok banget buat freelancer, banyak app pendukung daripada BB

  5. herry says

    duh jelas pilih iPhone dunk
    BB tuh HP sampah, cuma bisa push email yg sebenernya dah bisa di hp nokia sejak 4 taun yg lalu, cuma masyrkt indo we nu gaptek. apanya yg bisa dibanggakan dari BB coba ? paling kualitas layar duank.

    BB no prestige, no style, ky bawa2 batu bata kemana2

    cuma masalah harga iPhone di indo saja yg brengsek, di US nya yg tanpa kontrak cuma $400

  6. says

    balik lagi ini masalah selera dan fungsi. walau memang keduanya dikategorikan sebagai smartphone, tapi kita ga bisa lgs begitu saja melabeli mereka dalam satu gol. Jelas sekali segmentasi mereka berbeda walau tetep membidik high tech community, hal ini tentu memberikan wawasan dan bahasan yg berbeda pula. Contohnya g sebagai designer + anak muda, walau g gak melihat adanya keterkaitan itu dengan g memilih gadget yg mana. Toh balik lagi kita bisa menentukan manakah fungsi dan selera yg kita pilih.
    Tetapi jika dalam konteks designer freelance sebenernya iphone memang sedikit lebih mendukung, karena fitur2 dan apps2-nya yang memang penuh dengan aspek artistik dan kreativitas membuat iphone lebih menarik bagi kalangan kreatif (asumsi g). Karena menurut g BB lebih mengarah kepada fungsi-nya dalam business atau aspek komunikasi sekaang ini.
    Secara pribadi g milih iphone, dan bagi g dalam memilih iphone, bb sama sekali tidak masuk dlm kandidat g, kecuali bb storm dengan pressureclick-nya. Malah g lebih menemukan persaingan di dalam N97 bagi iphone. Ditambah pula BB uda seperti kacang goreng dan uda menjadi bagian dr lifestyle trendsetter dibanding iphone. “Own to be different”, lebih mengarah ke iphone dibanding BB yg lebih ke “own to be like everyone”.
    Sekian dr g, Thx.

  7. says

    – Sebenarnya pingin milih iPhone, tapi ga punya duit :D. Selain karena software yang membantu untuk freelancer, juga karena iPhone bisa diprogram secara native bukan lewat middleware seperti J2ME (CMIIW), jadi kalo mau ngutak-ngatik enak. Apalagi sekarang ada Unity3D yang memudahkan untuk ngutak-ngatik iPhone, g perlu belajar OpenGL sampai detail, ga perlu belajar objective-C. Tinggal buat model di Maya/3DMax, edit2 di Photoshop, IDE juga keren dan mudah, lalu tinggal code lewat C# ato javaScript. Masalahnya, untuk upload ke iPhone harus lewat Mac T_T (g ada duit lagi). Apalagi program yang dah dibuat bisa dites juga di Nintendo Wii maupun lewat browser web.

    – Gadget yg dimiliki sekarang (P1i) kelemahannya ya ga bisa diprogram itu :D. Tapi untuk bantu2 freelance dah cukup πŸ™‚

    – Kalo untuk freelance yang baru2 saran saya :
    (1)cari yang dah keyboard Qwerty – kalo mau nulis email atau note bisa cepet.
    (2)cari yang ada OSnya – kalo cari yang murah bisa: Windows Mobile 6.0 tanpa interface aneh2(Samsung, LG, Motorola); Symbian S60 (Nokia seri N&E); Symbian UIQ3 (SonyEriccson seri P); Google Android (HTC G1); WebOS (PalmPre) – pengaturan hape lebih nyaman karena seperti bertindak seperti komputer.
    (3)kalo dah ada OSnya berarti cari yang dah ada prosessor>300MHz dan memory>128MB biar kerasa enteng.
    (4)jangan cari hape yang menawarkan interface aneh2 (dan hapenya jalan diatas Windows Mobile) – pengalaman menggunakan Omnia, Experia dan TouchDiamond (milik teman semua :D) walaupun interface keren tapi lemotnya minta ampun padahal prosesor dan memory dah gede.

  8. Ade says

    gue maunya komputer yang ada tambahan fitur telp & sms πŸ™‚
    jadi yah pilih iPhone dong πŸ˜€

  9. says

    Kalau dikasih gratis tentunya iPhone, tapi kalau disuruh beli sendiri mendingan beli E71 :p.

    Kalau beli iPhone mendingan titip temen yg tinggal di Singapore atau New Zealand karena tersedia factory unlocked dengan harga jauuuuuh dibawah harga yang dijual Telkomsel. Apalagi di New Zealand, iPhone 16GB aja ga sampe 7jt disini mah bisa sampe 12jt.

    • says

      isunya telkomsel jual iPhone harus nyetor ke Apple $400/item, so harganya bisa bengkak sampe belasan juta
      dan kenapa gak ada provider lain yang ambil jatah iPhone, seperti blackberry ada di telkomsel dan indosat
      karena memang gak ada yg sanggup bayar upeti besar ke Apple πŸ˜€

      so ada pemecahan lain gak? biar kita bisa beriPhone murah πŸ˜€

  10. cowy says

    Ga dua2nya ah, saya milih Samsung i780 aja, iJBo tersayang πŸ™‚

    Klo saya sih yang sangat kepake emailnya dan program microsoft officenya, cukup membantu bekerja dan mencatatkan ide2 yang muncul pas jalan2.

    Iphone lebih enak bwt enterntainment, tapi harganya itu lhoooo ga nahan!! mending beli itouch aja, fungsi sama tp repotnya mo inetan kudu cari wi fi,,

  11. says

    hm…. kyknya gw blom butuh nih smarphone.. jadi freelance aja masih setengah2… laptop aja gak ada …wakakakakak…

  12. says

    iPhone for me, BB is too business and less play ;).

    iPhone Apps are heaven, hampir semua ada dari serious to fun. BB Apps? Er… selain yang orientasi bisnis, rata-rata just boring.

  13. says

    Wah kalau menurut saya, lebih bagusan pakai iPhone lah dibanding BB, secara demam BB di Indonesia karena fitur BB PIN nya biar bisa online YM n Fb dimana2 ditambah artis2 ikut meramaikan kepopulerannya πŸ˜€

    Kalau dari sisi aplikasi jelas iPhone lebih unggul mulai dari yang membantu pekerjaan freelancer sampai yang fun seperti game dan aplikasi social media kayak tweetdeck πŸ˜€

    Cuma ya itu tadi harganya itu lho yang selangit buat sebuah handphone di Indonesia πŸ™

    @Anggi
    Wah yang bener setoran upetinya segitu besar pantesan aja jatohnya jadi mahal bgt ditambah keuntungan yang diambil telkomsel. Solusinya ya sementara beli di luar negeri aja seperti kata @Yogi πŸ˜€

  14. says

    Denger2 iphone nggak bisa “send to many” ya?
    Tapi gw vote iphone deh. masuk dalam list dreambook tuh. hhehe. Karena klo di depan org2 kliatan lbh stylist dan proffesional gt as a designer. Mungkin selain itu turut mendongkrak brand kita di mata klien. marketing is all about perception πŸ™‚

  15. zeecard says

    Gua jelas iPhone lah, cool abis. πŸ™‚
    Denger-denger disono amrik, udah iPhone 3G yang harganya $199.. apa bener ya???

  16. says

    ini balik lagi ke preferensi orang.. sampe sekarang saya emang seneng banget sama UI iphone, tapi pada kenyataannya, tuntutan saya lebih ke urusan client relation.
    berhubung saya lebih banyak berkutat dengan email, dan jujur saja, ngetik di touchscreen itu ga enak banget. belom lagi kalo layarnya penuh sidik jari, (udah pake matte ga ngefek).
    kalo ditanya saya freelancer atau bukan. iya, saya freelancer dan saya pake bb bukan buat gaya.

    sedikit pesan buat yang punya ruangfreelance:
    kalo masukin link, jadinya ga ke link ke website aslinya, malah diilangin www atw http://www
    coba aja cek link di komentar “Adi Nugroho
    July 16th, 2009 at 1:24 pm” yang unity3d

    tq.

  17. says

    milih iPhone!! Sebetulnya ga sengaja dipilih, karena tuntutan kerjaan yang kudu develop/deploy code ke iPhone.

    iPhone sama layanan push dari mobileme sudah lebih dari cukup untuk support kerjaan sehari-hari.

    kalo BB belum sempet nyoba!

  18. says

    Denger2 sih fasilitas chat atau email dari blackberry semuanya melalui server database di kanada terlebih dahulu, sehingga presiden barack obama melarang agen FBI nya untuk menggunakan blackberry, bener gak ya? haha…

  19. says

    Bener, Blackberry semua menggunakan server RIM (Research In Motion) apapun providernya. Ada keuntungannya lho. Kalo BB itu dicuri, blocking-nya jadi gampang.

    • says

      @Budi: tapi BB bisa seperti fasilitas find my iphone gak?
      misal:
      – menunjukan keberadaan iphone di googlemap
      – kirim pesan kepada pencurinya, saat iphonenya terkoneksi dengan internet
      – membunyikan sirene warning walau di mode silence tetap bunyi, hingga batre abis (berusaha untuk dikembalikan)
      – mendelete semua data di iphone
      – dan me-restore kembali data apabila iphone sudah kembali

      semua ini bisa dilihat di guidtournya Apple

  20. says

    @anggi : RIM could just shut the thing down. bb ada location aware-nya. jadi meskipun software dalemnya diacak2, bisa di track sampe kapan pun. mau di clone PIN pun, it will be shut down if reported by the owner.
    and btw, security BB jauh lebih baik dari iphone. http://pendek.in/009y6

  21. says

    pake iphone 2 minggu, switch ke BB πŸ™‚
    ini ada bbrp alasannya :

    1. Baterei Iphone sucks, charge full, sore dah low bat.
    2. Iphone ga bisa multitasking ( ini yg paling nyebelin)
    3. Ngetik di iphone menyiksa jari dan perasaan πŸ™‚
    4. Gw lebih prefer yg always on, drpd harus fetching email terus2an, ribet πŸ™
    5. built quality iphone rada kurang ya, bbrp temen udah crack dikit casingnya.
    6. Masalah email, ga ada ( belum ada) yg seenak BB. Mau platform Winmo, Symbian ataupun iphone)
    7. Pake iphone takut lcd nya pecah hahaha ( rada rambo makenya)

    • says

      hehehe…100% kasus serupa dgn saya , dan 100% saya setuju dgn anda mas πŸ™‚
      yg nyebelin ya itu, GA BISA MULTITASKING di iPhone, sama batrenya borooooooossss…..

  22. doni says

    beli hp kok harganya 12 juta πŸ˜› kalo orang tua blm naek haji, blm punya mobil, blm nyicil rumah.. kayaknya ga bakal beli deh tu iphone πŸ˜›

    sekarang pake bb aja dl deh, yang 3 jutaan. nyicil 3 bulan beress.

  23. fe_yon says

    iPhone aja… I loved the touchscreen LCD. Cuma sekarang blom kesampean nih… masih pake punya SE W950i, itung2 blajar2 dulu biasain pake touchscreen biar nanti pas punya iPhone beneran gak kagok lagi. he…he..

  24. says

    baik bb maupun iphone, sama2 mahal. Kalau melihat fungsinya bisa mobile online, saya lebih prefer bawa laptop dan modem kemana2… online nya bisa lebih puas… Mungkin karena kebutuhannya belum sampai ke arah sana… so far saya mengfungsikan handphone sebagai alat telephone dan sms saja… kecuali mgkn kalau nanti saya punya bisnis yang bisa menghasilkan uang dari respon cepat menanggapi email yang masuk… mgkn baru saya pertimbangkan utk beli iphone or bb haha…

    untuk mana yang lebih baik, saya rasa masing2 punya kelebihan dan kekurangan masing2… iphone lebih stylish (gaya), tapi bb lebih merakyat, skrg banyak yang tuker2an pin…

  25. riza ilmia says

    kalo biat sosial networking pake aja BB. cuma jangan pake storm…negh..
    setuju komen ttg iphone diatas.. kebetulan make 2-2 nya..coz bokin korban mode..

  26. eja says

    Thanks to all comments…..
    setelah liat2 comment2 di atas….gw yg tadinya bingung slama 2 minggu mw bli BB apa iphone…skg kyknya gw lbih pilih BB….

  27. says

    idih………dari pada iphone mending bb harganya itu lohhh muasin gw aja bli bb gemini cma 3jt.ayo yg lagi krisis ekonomi ganti lah ke bb selain lagi cinte sama bb kayaknya gw tertarik ama sony ericsson tipe satio aino tapi harganya lbh mahal dari bb gemini tu satio 6 jt 1,5 klau aino 5 jtan tpi gw mentingin acessories bb kirim info dong dimana yg ada acessories bb asli ya….. wlau agak mahal

  28. says

    Bb dan iphone punya tujuan beda, lo beli iphone buat gaya doang sama aja kayak punya bb tapi nggak ngerti kegunaanya. Jadi kembali ke tujuan masing2

  29. says

    IMHO.. iPhone lebih cocok buat freelancer.
    terutama yang suka punya ide-ide spontan buat desain..langsung coret-coret di hape. kapanpun dimanapun.. πŸ˜€

  30. Pencinta Gadget says

    Hari gini…..,masih pakai keyboard manual kayak blackberry, Di Luar negeri, sekarang jamannya TOUCH SCREEN, MagnetMeter – 3D Vector Magnetometer and Accelerometer Utilities, Bisa GPS, music,video,Wifi, main game (ndak kalah dengan games PS),gamesnya interative broo…., ndak perlu pakai dipencet2 tombol, cukup digoyang,disentuh,dikocok,diputer2,pokoknya bikin penasaran.

  31. says

    iphone memang cukup mahal tapi kalo buat freelance yang focus di desain menurut saya harga bisa jadi disampingkan. Fungsi nya yang utama dengan layar dan touch screen lebih memudahkan dlm mencari ide dan presentasi. πŸ™‚

  32. says

    kayaknya iphone saingannya bb storm2 deh. untuk kecepetan internet sama aja. browsing juga sama kecepatanya tp khusus buat bb gw saranin pake operamini krna klo pake browser bawaan sangat lambat loadingnya. iphone emang kreen dalam interneinya, tp bb jago dalam realtime chat, email. dan multitasking. saran gw klo buat hiburan ya iphone tp klo buat bisnis ya bb. point mereka imbang tergantung dr kebutuhan masing2.

  33. Andhika zulkarnaen says

    Iphone is better.
    Banyak aplikasi pendukung untuk freelancer spt bikin invoice, atur timeline, cropping & retouching foto dll. Layar yg besar dan grafis yg baik bs membantu kita disaat kepepet buat presentasi (karna laptop lowbat dll). Selain itu iphone bisa menjadi modem (via internet tethering). Dan skrg android bisa berjalan di iphone (prinsipnya spt bootcamp di mac). Masih banyak lagi fitur2 iphone yang jauh lebih baik dan tentu saja lebih powerful dibandingkan blackberry.

  34. says

    sapi ingin mencoba jawab nih dari 3 pertanyaan di atas :

    1. sebagai freelancer, gw lebih milih iphone.
    2. kenapa iphone? :
    iphone mendukung banyak aplikasi untuk freelancer contoh mixer, music maker, design, web design, dll.
    sedangkan BB lebih tepat untuk businessman / woman yg dimana pekerjaan menuntut mereka untuk chat dengan banyak klien.

    oiya jika banyak yg bilang mending beli BB karena iphone terlalu mahal, bisa pilih yg 2G (2nd ) atau 3G 8gb harganya sudah terjangkau.

    gw posisikan disini iphone vs bb storm / odin, klo di posisikan iphone vs curve yah itu mah ecek2 sob.. ga bisa di bandingin.. curve harusnya di bandingin sama winmo qwerty / symbian qwerty

    3. kelemahan iphone terletak di baterai nya begitu juga dengan odin ( gw ada dua2 nya jadi bisa langsung bandingin), kelemahan iphone yang kedua adalah tidak semua operator mendukung iphone untuk berinternet, masih BB yg menang untuk soal ini.

    begitulah saran dari saya, jika ada kata2 yang kurang berkenan saya mohon maaf, saya juga punya bb cuma buat bbman, tp fungsi utama hanya dipakai di iphone πŸ™‚

  35. icaica says

    kalo aku siih ya blackberry lah soalnya
    1.blackberry bisa bbman [kalo masalah google atau apa bb jg kan bisa , ]
    2.ngetik nya lebih mudah di banding iphone
    3.kalo masalah touch bb torch juga ada kan ?
    4.kalo kebanting nggak cepet rusak kok
    5.masalah keren ya nggak kalah kok sm iphone ya sama aja malah bb lebih banyak kelebihan nya .
    6.yg paling nyebelin dari bb itu pendingnya

    kalo tentang iphone kan
    1. harganya terlalu mahal
    2. menangnya keren aja [bb nggak kalah kok]
    3.nggakbisa bbm an kan ? brarti harus ngirim foto lwt mms terus
    4.kalo kebanting pasti kalian khawatir bener kan sm layar nya

Trackbacks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *