Cintai pekerjaanmu maka pekerjaanmu akan mencintaimu.

Written by

Banyak diantara teman-teman yang kerjaannya menunggu jam 5 tiap Senin – Jumat alias menunggu jam pulang kerja. Beberapa teman-teman yang saya ajak ngobrol kasihan melihat mereka yang seperti itu. Sepertinya kehidupan mereka dilakukan dengan terpaksa. Setiap hari kerja melakukan hal yang tidak mereka senangi. Berbahagialah yang sekarang tidak pernah menunggu jam pulang kerja. Tapi menunggu kapan pekerjaannya bisa selesai dengan baik.

Orang yang melakukan sesuatu dengan terpaksa tentu tidak akan mengerjakan pekerjaannya dengan maksimal. Dan dengan pekerjaan yang tidak maksimal tentu yang dihasilkan juga tidak maksimal. Beberapa orang mungkin berpikir kenapa tidak ada peningkatan karir, kenapa saya masih aja melakukan hal yang sama selama bertahun-tahun. Menurut saya, 2-3 tahun kalau tidak ada peningkatan dalam karir, maka anda mungkin tidak cocok berada disitu. Entah tempat kerjanya atau memang pekerjaan tersebut yang tidak cocok dengan anda.

Cobalah melakukan yang kalian senangi. Mumpung masih muda, dan belum terlambat. Jangan dibilang saya tidak punya pilihan. Tidak benar, semua orang pasti punya pilihan. Semua orang pasti punya kesempatan. Tapi tidak semua orang memang bisa melihat bahwa pilihan diberikan, dan kesempatan tersedia didepan mata. Diperlukan kejelian dan bantuan dari orang sekitar agar kita dapat memilih dan mengambil kesempatan yang ada.

Menjadi freelance akan membuat kita punya banyak pilihan. Bisa dibilang semua yang dilakukan oleh freelancer semuanya adalah pilihan dia. Dan dengan melakukan pilihan kita maka kita akan bisa melakukannya dengan senang hati. Makin senang kita melakukan sesuatu, makin maksimal kita mengerjakannya dan makin maksimal pula hasilnya. Cobalah memulai dengan hobi. Karena kalau anda jeli sebenarnya hobi jg menghasilkan selama anda mau menekuninya.

Ayo, segera cari “pasangan hidupmu” yang bisa kalian cintai, dan dilakukan dengan penuh kesenangan. Bila kalian melakukannya sepenuh hati maka dia akan membalas cintamu dan akan memberikan hasil yang baik dan sesuai harapan kalian.


About the author

Web Developer yang terkagum-kagum dengan dunia web dari jaman SMA. HTML, CSS, SQL, JavaScript, dan PHP menjadi teman sehari-hari. Sekarang menjadi seorang freelancer dan berusaha mengembangkan studio web development THINKROOMS yang bisa dikunjungi di website, thinkrooms twitter, personal twitter,dan facebook page


14 Responses

  1. Mencintai pekerjaan dan mencoba untuk selalu senang dalam melakukan aktifitas di ruang kerja,itu yang sekarang lagi dicoba mas.

    Bila melakukannya dengan senang hati hasil maksimal tentunya bukan lagi impian :)

  2. Bismillah,

    kerjaan kalau kita cintai,
    ketika ada masalah maka kita akan berusaha setengah mati menyelesaikannya. Karena kita gak mau berpisah dengan kerjaan yang sudah kita cintai.

    sebaliknya, kerjaan kalau kita tidak cintai.
    ketika ada masalah, maka kita akan enggan menyelesaikan,
    bahkan kalau mau berpisah dengan kerjaan kita …ya kebetulan.
    tapi krn kita butuh makan maka kita gak mau ninggalkannya.

  3. Saya jadi teringat dengan obrolan David carson di TED. Dia bertanya tentang “The Best in The World”. Untuk mengetahuinya, tanya diri sendiri.

    Seandainya kita memiliki cukup banyak uang, masihkan kita akan melakukan pekerjaan itu?

    Jika jawabannya ya, maka itulah perkerjaan terbaik bagi kita.

  4. Emg bener yaaa, klo kita tulus trus seneng ngelakuin apa yg kita kerjain pasti ada hasilnya dan jg lebih enjoy.

    However if you enjoy what you’re doing just keep it up and sooner or later, things will start to pick up..!!

  5. Artikelnya bagus, mencintai untuk dicintai, mungkin (kalo boleh) ditambahkan juga, pantang menyerah untuk mencintai :)

  6. Menjadi freelance akan membuat kita punya banyak pilihan. Bisa dibilang semua yang dilakukan oleh freelancer semuanya adalah pilihan dia.

    gw ga sepenuhnya setuju sih sama pernyataan ini. gw sendiri kerja kantoran, tp gw bisa dengan pede bilang klo i love what i do, i’m living my life, and have a great career :)

    jadi freelance bukan satu2nya pilihan. just get get another job, dude..

    tapi tetep sih.. just follow ur passion and do what u love the most.

    • Ya memang tidak mutlak harus menjadi freelancer untuk bisa memilih dalam hidup. Maksudnya utk yg belum mencintai pekerjaannya, freelancer bisa menjadi alternatif yang pasti bisa memberikan pilihan kepada kita. Tapi tentunya asal freelancernya sesuai dengan keinginan kita buka orang lain. :D

  7. Woh, artikelnya mantab.
    Memang benar mas, dulu saya kuliah di perhotelan tapi krna tidak cocok akhirnya tidak benar kuliah saya :(

  8. Yup! Mencintai pekerjaan adalah salah satu tips sukses yang ampuh. :)

  9. yup selama melalukan dengan rasa senang sebuah pekerjaan maka kita akan mendapatkan kepuasan tersendiri, apalagi bisa lebih bermanfaat bagi orang lain, thanks mas artiklenya… lanjut :)

  10. Dengan mencintai pekerjaan sesulit apapun rintangan yang kita hadapi tidak akan pernah menyulutkan semangat malah akan semakin cinta..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>