Cara Mudah Mendapatkan Backlink yang Baik dan Berkualitas

Pernahkah Anda bertanya-tanya, bagaimanakah sebuah website/blog bisa bertahan di halaman pertama mesin pencari? Pernahkah Anda melihat linklink situs yang berada di sidebar website/blog tersebut? Link itulah yang dinamakan backlink.

Backlink adalah tautan/link yang mengarah ke situs kita, namun berada di situs lain. Sebagian orang yang sudah menekuni dunia blogging biasanya sudah tidak asing lagi dengan istilah backlink. Backlink, atau dikenal juga dengan istilah inbound link, adalah salah satu aspek penting dalam SEO. Hal ini karena backlink memberikan kesempatan bagi situs kita untuk berada pada halaman pertama mesin pencari (page one). Banyak mesin pencari termasuk Google yang memiliki algoritma backlink. Semakin banyak jumlah backlink dan semakin bagus kualitasnya, maka website kita akan dibaca sebagai situs yang baik oleh Google.

Mengapa backlink menjadi sangat penting? Berikut ini beberapa manfaat backlink untuk SEO:

Meningkatkan Posisi Blog Pada SERP

Meningkatkan Posisi Blog Pada SERP

Meningkatkan Posisi Blog Pada SERP

SERP (search engine result page) merupakan halaman hasil dari mesin pencari. Ada banyak faktor untuk meningkatkan posisi situs kita di SERP antara lain:

Menentukan Keyword yang Tepat

Menentukan Keyword yang Tepat

Menentukan Keyword yang Tepat

Hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan Google keyword planner. Dengan tools ini kita bisa mengetahui jumlah pencarian untuk kata kunci yang kita maksud. Dengan perhitungan tersebut, kita bisa memilih kata kunci yang populer tetapi jumlah pesaingnya sedikit.

Membuat Artikel yang Berkualitas

Membuat Artikel yang Berkualitas

Membuat Artikel yang Berkualitas

Berdasarkan kata kunci yang telah Anda pilih, Anda harus dapat membuat artikel yang berkualitas. Parameter berkualitas misalnya judul dengan isi harus sesuai, tulisan minimal 300 kata. Yang terpenting adalah, hindari penyebutan keyword berulang-ulang, karena hal ini tidak disukai oleh Google.

Menggunakan Anchor Text

Menggunakan Anchor Text

Menggunakan Anchor Text

Dengan menggunakan anchor text, posisi artikel/postingan yang Anda buat akan semakin kuat di mesin pencari. Anchor text adalah teks yang terlihat, yang digunakan untuk hyperlink.

Submit URL ke Mesin Pencari

Submit URL ke Mesin Pencari

Submit URL ke Mesin Pencari

Fungsinya adalah untuk mempercepat pengindeksan. Anda bisa mengunjungi www.google.com/webmasters/tools/submit-url, kemudian memasukkan url postingan/artikel yang Anda buat.

Mencari Backlink Berkualitas

Mencari Backlink Berkualitas

Mencari Backlink Berkualitas

Mendapatkan backlink berkualitas dapat meningkatkan posisi website/blog kita di SERP. Backlink yang sedikit namun berkualitas lebih baik dibandingkan backlink yang banyak namun berisi spam.

Arahkan backlink ke blog dummy

Anda bisa membuat blog dummy kemudian mengarahkannya ke url postingan/blog Anda. Hal ini dapat memaksimalkan backlink.

Mempertahankan Posisi SERP

Mempertahankan Posisi SERP

Mempertahankan Posisi SERP

Setelah mendapat posisi yang baik di SERP, maka tugas kita selanjutnya adalah mempertahankan posisi situs kita di mesin pencari. Mempertahankan posisi ini tentu tidak mudah karena persaingan di kalangan webmaster semakin ketat. Semakin banyak backlink di situs kita, maka akan semakin baik pengaruhnya terhadap ranking situs. Arahkan backlink tidak hanya pada halaman utama website kita, namun juga ke artikel yang kita muat di situs.

Meningkatkan Ranking Blog

Meningkatkan Ranking Blog

Meningkatkan Ranking Blog

Beberapa mesin pencari menentukan ranking sebuah blog/website dengan menghitung jumlah backlinknya.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan backlink. Ada yang alami atau auto. Backlink berkualitas walaupun sedikit, akan lebih baik dibandingkan backlink banyak tapi ternyata spam. Backlink spam biasanya didapat dengan menggunakan auto backlink. Situs yang memiliki backlink spam biasanya akan terkena penalti di Google dan akan menurunkan ranking halaman situsnya.

Beberapa cara mendapatkan backlink secara alami antara lain:

1. Submit Artikel ke SocialBookmark

Submit Artikel ke SocialBookmark

Submit Artikel ke SocialBookmark

Dengan submit artikel di bookmark, artikel di blog/website Anda akan memiliki peluang mendapatkan pengunjung dari social bookmark tersebut. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan backlink yang berkualitas. Untuk itu pilihlah social bookmark yang ranking dan popularitasnya baik. Ada banyak social bookmark di internet, seperti Digg, Technorati, IndianPad, Lintas.Me, dan lain-lain. Untuk submit ke banyak situs social bookmark itu membutuhkan waktu dan tenaga yang tidak sedikit. Selain submit satu per satu ke masing-masing social bookmark, ternyata ada cara submit otomatis, yaitu dengan menggunakan socialmarker.com. Situs ini menyediakan jasa submit artikel secara otomatis ke kurang lebih 47 social bookmarking.

2. Mengajukan Pertanyaan di Situs Tanya Jawab

 Mengajukan Pertanyaan di Situs Tanya Jawab

Mengajukan Pertanyaan di Situs Tanya Jawab

Ada banyak situs tanya jawab di artikel yang sifatnya interaktif. Anda bisa bertanya di situs tersebut sambal menautkan link yang mengarah ke blog/website Anda. Pastikan link yang Anda tautkan adalah link hidup yang dengan sekali klik, pengunjung bisa langsung menuju ke website/blog Anda. Situs tanya jawab di internet contohnya Yahoo Answer.

3. Menjawab Pertanyaan di Situs Tanya Jawab

Menjawab Pertanyaan di Situs Tanya Jawab

Menjawab Pertanyaan di Situs Tanya Jawab

Selain mengajukan pertanyaan, Anda juga bisa aktif menjawab pertanyaan orang di situs tanya jawab. Sambal memberikan jawaban, Anda bisa menyertakan tautan yang mengarah ke website/blog Anda. Gunakan link hidup sebagai signature/auto text di bawah jawaban Anda.

4. Memulai Thread yang Relevan dalam Beberapa Forum dan Tanam link ke Blog Anda

Memulai Thread yang Relevan dalam Beberapa Forum dan Tanam link ke Blog Anda

Memulai Thread yang Relevan dalam Beberapa Forum dan Tanam link ke Blog Anda

Buatlah thread baru di sebuah forum kemudian sertakan link yang menuju website/blog Anda. Thread yang Anda buat sebaiknya relevan dengan link yang Anda sertakan. Maka, link tersebut bisa mengarah pada artikel/postingan lain terkait topik thread yang Anda buat. Ada banyak forum online di internet, salah satu yang terbesar di Indonesia adalah Kaskus.co.id.

5. Berkomentar di Blog Dofollow

Berkomentar di Blog Dofollow

Berkomentar di Blog Dofollow

Berilah komentar di blog atau postingan di blog dofollow, terutama yang relevan dengan blog Anda. Blog dofollow yang bersesuaian dengan bahasan blog Anda akan mendatangkan backlink yang berkualitas.

6. Kirim Umpan RSS Anda ke RSS Direktori

Kirim Umpan RSS Anda ke RSS Direktori

Kirim Umpan RSS Anda ke RSS Direktori

Ada beberapa rss direktori di internet. Dengan mendaftarkan situs Anda ke rss direktori, maka setiap Anda posting di situs, linknya akan muncul di rss direktori secara otomatis. Contoh rss direktori adalah feedage.com, feedburner.com, dan masih banyak lagi.

7. Bertukar Link Dengan Blog yang niche-nya Sama dengan Situs Anda

Bertukar Link Dengan Blog yang niche-nya Sama dengan Situs Anda

Bertukar Link Dengan Blog yang niche-nya Sama dengan Situs Anda

Cara lain untuk mendapatkan backlink berkualitas adalah dengan saling bertukar link dengan situs/blog orang lain yang niche marketnya sama dengan situs kita. Ada alasan mengapa niche yang sama menjadi prioritas. Mesin pencari seperti Google menggunakan sesuatu yang relevan sebagai aspek dalam algoritmanya. Saat Anda bertukar link dengan blog/situs yang nichenya sama, maka akan terbentuk link building yang relevan dan dianggap alami oleh Google. Karena itulah backlink yang Anda miliki akan dianggap berkualitas oleh mesin pencari.

8. Mencari dan Mendapatkan Backlink di Youtube.com

Mencari dan Mendapatkan Backlink di Youtube.com

Mencari dan Mendapatkan Backlink di Youtube.com

Backlink bisa dicari dan didapat dari Youtube.com. Caranya dengan mengunggah sebuah video. Pastikan video yang Anda unggah adalah asli buatan Anda sendiri agar tidak terbentur pasal pelanggaran hak cipta. Anda bisa mengunggah video-video semacam tutorial supaya tinggi rankingnya. Jangan lupa membuat judul yang menarik. Di bagian deskripsi video, tautkan link yang mengarah ke blog/situs Anda.

9. One Way Link atau Link Satu Arah

One Way Link atau Link Satu Arah

One Way Link atau Link Satu Arah

Google sebenarnya tidak menyukai tukar link yang bersifat dua arah, walaupun masih banyak yang melakukannya. Anda bisa mendapatkan link satu arah yang berkualitas dengan membeli di penyedia jasa backlink atau dengan membuat link ke blog dari blog Anda yang lain.

10. Backlink dari Media Sosial

Backlink dari Media Sosial

Backlink dari Media Sosial

Backlink berkualias juga bisa didapat dengan cara membagikan link Anda ke media sosial, misalnya dengan share artikel. Anda bisa mengunggahnya terutama di Google+ yang merupakan media sosial milik Google. Di Google+, selain akan mendapatkan backlink, Anda juga akan mendapatkan ribuan pengunjung.

 

Baca juga:

 

Selain cara-cara di atas, ada beberapa strategi walaupun tidak akan langsung menghasilkan backlink. Namun cara-cara ini bisa menjadi fondasi jangka panjang yang akan menunjang langkah Anda untuk mendapatkan backlink. Strategi tersebut adalah:

1. Menyediakan Konten yang Berkualitas

 Menyediakan Konten yang Berkualitas

Menyediakan Konten yang Berkualitas

Backlink adalah rekomendasi. Secara logika, tidak akan ada orang yang mau merekomendasikan sebuah situs jika kontennya tidak bagus. Selain itu, Google pun bisa menilai apakah konten Anda berkualitas atau tidak. Konten yang tidak berkualitas biasanya tidak akan dibaca lama-lama oleh pengunjung. Maka dari itu, konten disebut sebagai fondasi dari link building. Konten yang berkualitas bisa membawa situs Anda masuk ke halaman mesin pencari, meski dengan sedikit backlink. Dan mustahil bagi Anda untuk bisa masuk ke halaman pertama dengan konten yang buruk, meski backlink Anda banyak. Artikel yang berkualitas ini tentunya juga sesuai dengan teknik penulisan artikel SEO.

2. “Meminta” Backlink dari Pemilik Website Lainz

“Meminta” Backlink dari Pemilik Website Lainz

“Meminta” Backlink dari Pemilik Website Lainz


Jika Anda yakin bahwa konten situs Anda berkualitas, maka selanjutnya Anda harus mencari orang yang mau merekomendasikan situs/konten Anda. Ada dua alasan seorang pemilik website mau merekomendasikan sebuah artikel. Pertama karena isinya memang bagus dan layak dibagikan, yang kedua karena mereka tahu/kenal siapa Anda. Untuk dapat dikenal, maka kita perlu menjalin hubungan baik. Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah menemukan beberapa pemilik website yang memiliki kesamaan topik dengan Anda, kemudian temukan kontaknya, baik email atau akun jejaring sosialnya. Berikan komentar yang bermutu di website atau media sosial mereka. Mulailah percakapan dan tautkan link ke konten mereka.

3. Broken Link Building

Broken Link Building

Broken Link Building

Broken link adalah link dari sebuah halaman website ke website lain yang sudah mati. Ketika link tersebut diklik, halaman website yang dituju sudah tidak ada. Alasannya bisa karena domainnya sudah kedaluwarsa, salah tulis, atau artikelnya sudah dihapus. Broken link building artinya kita mencari broken link dari website lain, kemudian kita bantu mereka memperbaiki broken link tersebut dengan memberikan situs kita sebagai penggantinya. Jadi sebelumnya, kita harus membuat artikel yang isinya sesuai dengan artikel asli dari broken link tadi.

4. Mengintip Backlink dan Strategi Milik Kompetitor

Mengintip Backlink dan Strategi Milik Kompetitor

Mengintip Backlink dan Strategi Milik Kompetitor

Anda bisa melihat backlink milik kompetitor Anda dengan menggunakan layanan Open Site Explorer, Ahrefs, Majestic SEO, OpenLinkProfiler, atau SEO Spy Glass. Dari hasil yang ditampilkan, Anda bisa ikut berpartisipasi dengan mencoba mendapatkan link di website, blog, atau forum yang sama. Namun, hindari situs-situs yang berisi spam.

5. Pilih Website Direktorium yang Bersih Dari Spam

Pilih Website Direktorium yang Bersih Dari Spam

Pilih Website Direktorium yang Bersih Dari Spam

Ada website direktorium yang sebaiknya Anda hindari karena berisi spam. Beberapa ciri-cirinya adalah topiknya terlalu beragam, tidak ada seleksi penerimaan, tidak ada aktivitas pengunjung, dan sebagian besar website yang terdaftar tidak jelas kualitasnya. Sedangkan website direktorium yang bagus adalah direktorium yang dimoderasi dengan ketat, website yang terdaftar berkualitas, dan memiliki topik-topik yang tepat. Perlu diingat, jangan sampai Anda submit situs Anda ke website direktorium yang reputasinya jelek.

6. Guest Blogging untuk Mendapatkan traffic

Guest Blogging untuk Mendapatkan traffic

Guest Blogging untuk Mendapatkan traffic


Cara terbaik untuk mendapatkan traffic bagi website baru dan untuk meningkatkan ranking di Google adalah dengan berkunjung ke website yang ramai atau website yang sudah banyak pengunjungnya. Kemudian Anda berinteraksi di sana, sehingga pengunjung lain akan mengenal Anda dan mengunjungi situs Anda. Selain menambah pengunjung, dengan cara ini kita juga bisa mendapatkan backlink yang berkualitas.

7. Membuat Konten yang Berpotensi Viral

Membuat Konten yang Berpotensi Viral

Membuat Konten yang Berpotensi Viral

Buatlah konten di situs Anda, baik berupa artikel, gambar, atau video yang bisa berpotensi menjadi viral. Konten yang populer dan menyentuh akan mendapatkan pengunjung yang banyak dan menarik pengunjung untuk membagikan konten tersebut, baik ke situs mereka maupun ke media sosial.

Setelah mendapatkan prediksi backlink yang berkualitas, pastikan Anda berhasil menanamkan backlink. Beberapa penyebab gagalnya penanaman backlink antara lain:

1. Komentar yang Tidak Sesuai Dengan Konten

Komentar yang Tidak Sesuai Dengan Konten

Komentar yang Tidak Sesuai Dengan Konten

Jika komentar yang Anda pasang di forum atau blog milik orang lain tidak relevan dengan topik yang sedang dibicarakan, maka pemilik blog atau admin forum biasanya akan menghapus komentar Anda, karena menganggapnya sebagai spam.

2. Spam

Spam

Spam

Usaha Anda dalam mendapatkan backlink akan dianggap sebagai spam jika Anda memasang backlink dengan berkomentar di beberapa blog menggunakan komentar yang sama. Google akan menganggap Anda sebagai spam. Akibatnya, Google bisa saja memasukkan blog/situs Anda ke dalam sandbox, sehingga artikel Anda tidak akan muncul di Google.T

Agar Anda berhasil menanam backlink dengan baik dan benar, Anda perlu melakukan beberapa langkah berikut ini:

1. Bertukar Link Dengan Blog Lain

Bertukar Link Dengan Blog Lain

Bertukar Link Dengan Blog Lain

Bertukar link dengan blog lain merupakan usaha yang saling menguntungkan, karena keduanya akan sama-sama mendapatkan backlink. Dalam bertukar link, Anda tidak boleh asal pilih blog yang akan Anda jadikan partner. Carilah partner yang memiliki niche yang sama dengan blog Anda. Maksudnya adalah, blog partner Anda harus memiliki pembahasan yang sama dengan blog Anda. Hal ini akan semakin menguatkan posisi situs Anda berdua di mesin pencari seperti Google.

2. Tanamkan Backlink Menuju ke URLrl Homepage dan URL Artikel

 Tanamkan Backlink Menuju ke URLrl Homepage dan URL Artikel

Tanamkan Backlink Menuju ke URLrl Homepage dan URL Artikel

Menanam backlink ke url homepage dengan url artikel memiliki tujuan yang berbeda-beda. Jika kita memasang link homepage, maka blog Anda akan populer di mesin pencari. Sedangkan jika memasang backlink ke url artikel, maka dapat meningkatkan posisi artikel tersebut di mesin pencari.

3. Menanam Backlink Sewajarnya

Menanam Backlink Sewajarnya

Menanam Backlink Sewajarnya

Backlink yang Anda tanam harus dalam jumlah yang wajar, tidak terlalu banyak. Jangan gunakan auto backlink generator yang bisa menanam backlink ratusan hingga ribuan backlink setiap hari. Terlalu banyak backlink justru akan membuat Google menganggap Anda sebagai spam. Sebaiknya Anda menanam 5-10 backlink saja per hari.

Selama mengaplikasikan langkah-langkah yang sudah disebutkan di atas, sebaiknya Anda selalu mengingat apa saja indikator yang menunjukkan kualitas backlink, yakni:

  • Relevansi dengan topik situs Anda
  • Reputasi dari situs tempat backlink dipasang
  • Sifat pengunjung di website tersebut, aktif atau pasif
  • Situs tersebut terkena penalti atau tidak, atau apakah ada potensi terkena penalti
  • Kesamaan bahasa yang digunakan.

Nah, selamat mempelajari cara mendapatkan backlink agar situs Anda bisa bertahan di halaman pertama mesin pencari.

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Comments

    • says

      kalau aku masih newbie jadi pake gratis semua bro :
      Keyword reseacher >> untuk cari variasi kata kunci
      GKP >>untuk cari jumlh pencarian perbulan
      Market Samurai >> Cek kompetisi smua keyword yg kita dapatkan dari GKP
      Longtail Pro (Crack) >> untuk cek kompetisi halaman 1

  1. Bali Baby says

    Huppsss. Banyak banget ya caranya. Soalnya saya baru belajar dan masih mencoba cara2 untuk meningkatkan traffic website yang baru saya buat seminggu yang lalu. Jadi bingung apa yang mau saya tanyakan.

  2. says

    mantasp dan lengkap sekali artikelnya… secara sambil menyelam minum air… kalo boleh kalo kita pakai jasa seo.. ada bahanya tidak ya gan..?

    atau agan punya referensi..? mohon untuk jawabnnya
    thanks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *