9 Cara Meningkatkan Pengunjung Blog

Mengelola blog itu susah-susah gampang. Kalau hanya sekadar mengisinya dengan konten, saya rasa selama pemiliknya konsisten menulis, tidak akan jadi masalah. Kalau soal konten sudah menjadi hal yang gampang, lantas apa susahnya? Susahnya, ketika kita bicara soal statistik pengunjung. Meski sudah rajin mengisi blog, jumlah pengunjung tidak akan serta-merta meningkat. Rajin update saja tidak cukup? Sayangnya, tidak. Waduh, terus harus bagaimana? Nah, berikut ini saya rangkum sembilan cara meningkatkan pengunjung blog yang bisa Anda coba.

Posting di Artikel Direktori

Posting di Artikel Direktori

Posting di Artikel Direktori / Ruang Freelance / www.direktori-artikel.web.id

Artikel Direktori merupakan media yang menampung artikel-artikel dari kontributor lepas. Penerbitan artikel Anda di Artikel Direktori tidak hanya akan membantu Anda dalam menambah jumlah pengunjung, tapi juga meningkatkan jumlah backlink berkualitas menuju blog Anda. Artikel Direktori seperti eHow, HubPages, EzineArticles, dan GoArticles bisa jadi pilihan awal untuk dicoba.

Posting di Direktori Bisnis

Posting di Direktori Bisnis

Posting di Direktori Bisnis/ Ruang Freelance / www.biasaaja.com

Sama seperti Artikel Direktori, namun dikhususkan untuk artikel bisnis. Jika blog merupakan media promosi usaha Anda, posting di Direktori Bisnis seperti dir.yahoo.com, business.com, dan dMoz.org akan membantu menambah klien potensial.

Promosi di Forum

Promosi di Forum

Promosi di Forum / Ruang Freelance / www.cashcrate.com

Aktif di forum populer seperti Kaskus, Indowebster, atau Detik Forum? Anda bisa memanfaatkannya sebagai media promosi! Jangan lupa baca aturan di setiap thread forum yang Anda ikuti agar tidak dilempar ‘bata’ oleh anggota lainnya. Tentunya penghuni forum juga akan terganggu jika Anda posting di luar topik yang mereka bahas.

Manfaatkan Media Sosial!

Manfaatkan Media Sosial!

Manfaatkan Media Sosial! / Ruang Freelance / www.maxmanroe.com

Bukan rahasia, konten-konten viral kebanyakan mendapatkan ketenarannya berkat media sosial. Zaman sekarang, media sosial menjadi alat yang sangat powerful dalam penyebaran informasi. Manfaatkan kepopuleran Anda di dunia maya untuk menarik pengunjung ke blog Anda. Konten-konten yang sifatnya unik dan menggelitik netizen, apalagi jika mendapatkan endorsement dari selebritis dunia maya, akan menarik pengunjung dalam jumlah yang bisa melampaui ekspekstasi Anda. Selain direktori, memasukkan konten Anda ke situs Social Bookmark seperti LintasMe, Infogue, Indofeed atau Digg akan menghasilkan peningkatan pengunjung secara signifikan.

Search Engine Optimization (SEO)

Search Engine Optimization (SEO)

Search Engine Optimization (SEO) / Ruang Freelance / www.cambridgevalleymarketing.com

Tidak hanya berlaku untuk website, SEO juga diterapkan para blogger untuk menguasai halaman pertama hasil pencarian. Tentunya dengan berada di halaman pertama hasil pencarian akan meningkatkan kesempatan Anda untuk menambah jumlah pengunjung. Jangan remehkan strategi pemasaran konvensional ini. Bagaikan pedang bermata dua, kekuatan mulut ke mulut bisa membantu atau malah menghancurkan Anda. Interaksi yang buruk dengan satu orang pengunjung blog saja bisa berdampak lebih luas dari yang Anda kira. Interaksi yang baik dalam dunia maya maupun dunia nyata memengaruhi kemungkinan Anda menambah jumlah pengunjung. Hal yang berlaku untuk semua jenis bisnis dunia nyata ini juga bisa Anda lakukan. Memasang iklan secara online akan meningkatkan kemungkinan seseorang mengunjungi blog Anda.

Konten yang Berkualitas

Konten yang Berkualitas

Konten yang Berkualitas

Last but not least, tentunya materi yang kita tulislah yang paling menentukan jumlah pengunjung. Tidak hanya sekadar mengisi, tapi berisi dan bermanfaat akan mendatangkan pengunjung tanpa perlu mengeluarkan modal. Ada banyak blogger yang hanya mengisi blognya dengan mencatut artikel di tempat lain tanpa usaha menelurkan artikel orisinalnya sendiri. Blog-blog seperti ini tidak akan mempunyai pengunjung yang setia, sementara konten orisinal yang dikemas menarik akan mendatangkan pengunjung dengan sendirinya. Bagaimana? Cara meningkatkan pengunjung blog di atas termasuk susah-susah gampang atau gampang-gampang susah?

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Trackbacks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *