Cara Menghasilkan Uang Pertama dari Pekerjaan Penulis Freelance

Anggap saja kemampuan menulis Anda sudah bagus. Punya gaya tersendiri dan mampu membuat pembaca paham maksud tulisan yang Anda buat. Secara teknis, Anda sudah siap untuk menjadi penulis freelance. Namun mendadak masalah baru datang. Bagaimana caranya menghasilkan uang pertama di bidang ini, sementara Anda sama sekali tidak tahu seluk-beluknya?

Well, berikut ini ada beberapa cara yang akan membantu Anda menghasilkan uang pertama dari menulis. Mari kita simak bersama-sama!

Kenali Kesukaan Anda dalam Menulis

Kenali Kesukaan Anda dalam Menulis

Kenali Kesukaan Anda dalam Menulis / Ruang Freelance / www.wikihow.com

Tidak bisa dimungkiri jika kesukaan atau pun passion akan membuat seseorang jadi semangat bekerja. Tidak ubahnya dengan menulis. Jika Anda menulis sesuatu yang membuat Anda senang, pasti pekerjaan akan terasa mudah. Berbeda jika Anda mengerjakan sesuatu dengan terpaksa. Hasilnya bisa jadi jelek atau tidak maksimal.

Sedari awal, kenali passion Anda dalam menulis. Mungkin akan sedikit sulit. Namun seiring berjalannya waktu dan semakin banyak jam terbang menulis, Anda akan mendapatkannya. Percayalah, menulis dengan senang hati akan membuat Anda mencintai pekerjaan ini meski hanya freelance.

Akan Jauh Lebih Baik Jika Menulis Sesuai Kemampuan

Akan Jauh Lebih Baik Jika Menulis Sesuai Kemampuan

Akan Jauh Lebih Baik Jika Menulis Sesuai Kemampuan / Ruang Freelance / www.lulu.com

Anggap saja Anda pernah kuliah di jurusan ekonomi, saat ini pun bekerja di perusahaan perdagangan. Jika Anda ingin menjadi penulis freelance, maka pilihlah sesuatu yang berhubungan dengan pekerjaan Anda. Alasannya sederhana, Anda jadi bisa menulis all out dan pasti muatannya jauh lebih berbobot.

Namun tidak menuntut kemungkinan Anda yang kuliah di jurusan hukum juga pandai akan masalah kesehatan. Karena pada dasarnya, menulis bukan perkara mengobral kata-kata saja, melainkan memasukkan sesuatu yang sangat penting di dalamnya.

Pelajari Dunia Penulis Freelance dengan Baik

Pelajari Dunia Penulis Freelance dengan Baik

Pelajari Dunia Penulis Freelance dengan Baik / Ruang Freelance / www.dreamlightfugitive.wordpress.com

Jangan terlalu tergesa-gesa jika ingin menjadi penulis freelance. Cobalah berkeliling melihat sekitar. Pelajari dunia penulis freelance. Bisa tanya teman Anda, bergabung di grup, atau komunitas menulis. Cari tahu seperti apa sistemnya, bagaimana cara menjaring penulis, dan yang tidak kalah penting, sebesar apa bayarannya.

Dengan mengetahui sesuatu secara detail, kita tidak akan menyesal masuk ke dalamnya. Menulis bukanlah pekerjaan yang mudah. Kita dituntut berpikir dengan baik dan terstruktur. Tidak hanya asal ketik, bebas typo, dan lolos EYD.

Mulai Mempelajari Klien atau Penyedia Jasa

Mulai Mempelajari Klien atau Penyedia Jasa

Mulai Mempelajari Klien atau Penyedia Jasa / Ruang Freelance / www.horizonundergroundinc.com

Pelajari calon klien Anda terlebih dahulu sebelum menerima pekerjaan. Biasanya di web atau blog penyedia jasa freelance writing ada rating. Pilih mereka yang benar-benar membayar kerja keras yang Anda lakukan. Ajukan penawaran yang sesuai dengan kemampuan Anda. Jika sekiranya tidak cocok, lebih baik tolak atau tidak menawarkan jasa. Bekerja dengan suasana tidak senang justru akan menghasilkan tulisan yang buruk.

Jika Anda merasa kesulitan mendapatkan klien, cobalah bergabung dengan grup penulis freelance. Biasanya ada seseorang yang mencarikan pekerjaan dan kita tinggal menerimanya. Tapi tetap, pelajari harga yang akan dibayarkan. Menulis itu susah, dan Anda perlu dihargai dengan bayaran yang sesuai.

Mulai Menulis dan Mendapatkan Klien

Mulai Menulis dan Mendapatkan Klien

Mulai Menulis dan Mendapatkan Klien / Ruang Freelance / www.pilotcommsgroup.com

Jangan terlalu banyak berpikir, dan langsung saja menulis. Untuk trial and error, coba cari pekerjaan yang mudah. Mulai dari jumlah kata yang sedikit hingga jumlahnya yang ribuan kata. Lakukan semuanya dengan sebaik-baiknya. Oh ya, jangan lupa untuk meminta feed back dari klien. Dengan begitu, Anda bisa memperbaiki kualitas dan juga mengupgrade kemampuan menulis.

Lima cara menghasilkan uang pertama dari pekerjaan penulis freelance di atas tidak akan berguna jika Anda tidak langsung melakukan aksi. Mari segera menulis dan mendapatkan banyak penghasilan dengan suasana gembira!

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *