Cara Membuat Klien Setia Pada Anda

Hubungan yang terjadi antara freelancer dan klien merupakan hubungan simbiosis mutualisme. Suatu hubungan di mana kedua belah pihak berhak dan wajib mendapatkan keuntungan yang seimbang. Klien mendapatkan hasil kerja yang memuaskan, freelancer mendapatkan pembayaran sesuai dengan kesepakatan dan tepat waktu.

Sebagai freelancer, pekerjaan yang terus menerus dari seorang klien adalah suatu pengharapan. Dengan demikian pemasukanpun tidak terputus. Namun adakalanya ketika Anda sudah selesai mengerjakan suatu proyek, pembayaran sudah dilakukan, kemudian klien tersebut tidak terdengar lagi kabarnya. Kemungkinannya ada dua, mereka memang belum mempunyai proyek baru untuk Anda. Atau mereka tidak mau memakai jasa Anda lagi dengan berbagai alasan.

Bila Anda serius menjadi seorang freelancer dan menggantungkan pemasukan dari pekerjaan ini, ada beberapa hal yang bisa dilakukan dalam membuat klien selalu kembali kepada Anda.

Bangunlah hubungan baik dengan klien dan pahami kebutuhan mereka

Perlakukan klien seperti Anda ingin diperlakukan. Anda suka membicarakan diri sendiri, kan? Biarkan mereka bercerita tentang diri mereka. Kenali mereka secara pribadi. Bila perlu, ingat detil-detil kecil yang bagi mereka terlihat penting. Misalnya hari ulang tahun mereka, kepercayaan agama mereka, hari ulang tahun pernikahan mereka. Kirimkan ucapan selamat melalui sms atau kartu ucapan. Jangan lupa berikan sentuhan atau pesan personal.

Tanyakan hal-hal yang berkenaan dengan proyek yang mereka ajukan, sedetil dan serinci mungkin. Pertama, untuk menghindari kesalahan kecil namun seringkali fatal karena Anda tidak memperhatikan detail yang diinginkan. Kedua, untuk meyakinkan klien bahwa Anda sangat tertarik dengan proyek mereka dan mencurahkan perhatian penuh.

Mudah dihubungi

Jawab email, sms, telepon mereka sesegera mungkin. Kecuali bila mereka menghubungi di saat Anda sedang tidur, berikan tanggapan di pagi hari. Bila Anda sedang tidak bisa menjawab panggilan mereka, segera beri respon setelah Anda bisa meluangkan waktu.

Tenggat waktu

Buat jadwal yang teratur. Perkiraan kemampuan kerja Anda. Bila klien meminta pekerjaan selesai dalam waktu singkat sementara Anda juga punya proyek lain yang harus diselesaikan, berikan alternatif tenggat waktu pada mereka. Bila mereka memaksa, dan Anda yakin tidak bisa melakukannya, berikan alternatif rekan freelancer yang kira-kira bisa membantu. Lebih baik menolak suatu pekerjaan, daripada menerima pekerjaan itu lalu memaksakan diri dan hasilnya mengecewakan klien.

Bila tenggat waktu sudah disepakati, hindari godaan untuk menunda. Semakin cepat Anda menyelesaikan pekerjaan, Anda punya lebih banyak waktu luang untuk melakukan editing dan revisi, dan bisa menyerahkan pekerjaan kepada klien dengan sempurna.

Semua ada

Pastikan klien mengetahui bahwa Anda tidak hanya bisa melakukan satu pekerjaan. Anda seorang web designer yang jago fotografi dan lihai dalam menerjemahkan ke bahasa asing. Bila klien mengetahui bahwa Anda bisa melakuakn semua itu.

Bila ternyata tidak? Rekrut teman freelancer yang Anda tahu bisa diandalkan hasil kerjanya. Dan yang fee-nya sesuai dengan budget yang diberikan oleh klien.

Dengan demikian, proyek apapun yang ada pada klien Anda, mereka akan menghubungi Anda.

Anda mempunyai pengalaman lain dalam membuat klien tetap kembali kepada Anda? Sila dibagi, semoga sama bermanfaatnya bagi rekan freelancer yang lain 🙂

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Comments

  1. says

    Nice share 🙂 point terakhir pas banget.
    Memang lbh baik hire teman dibnding memaksakan bahwa kita bisa segalanya.

  2. says

    Tips yang menarik…
    Tentu saja supaya klien setia pada kita jangan lupa juga untuk selalu memberi yang terbaik yang bisa diberikan. Kalo hasil kerja bagus, siapa sih yang gak mau pake tenaganya lagi? 😀

  3. says

    Nice tips 😀
    bagus banget nih saran-sarannya.. memang lebih baik menolak project kalau lagi banyak project atau mengoper ke temen kita yang kompeten juga 🙂

  4. says

    setuju dengan artikelnya… terpenting adalah bagaimana kita bisa menjaga kepercayaan klien kepada kita dan ini terkadang sangat sulit dilakukan jika kliennya terlalu bawel dan cerewet… hehhehe

  5. says

    Tips bagus! Setuju banget, terutama dgn “Mudah dihubungi”. Klien akan merasa kita reliable kalau kita gmpg dihubungi. Dulu kalau mau bid kerjaan sy selalu nulis point ini juga supaya dijadikan bahan pertimbangan 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *