Tips dan Trik Lengkap Cara Mudah Memulai Bisnis Online

Saat ini semakin banyak transaksi jual beli yang dilakukan secara online. Akses internet yang kini mudah dijangkau oleh banyak kalangan dan terbukanya pemikiran masyarakat akan teknologi, menjadi kunci menjamurnya bisnis online. Belanja secara online menjadi pilihan karena kemudahan-kemudahan yang diberikan. Cukup dengan satu klik, dan semua produk yang diinginkan pun akan muncul lengkap dengan foto, harga, dan spesifikasi. Belum lagi jika ada diskon atau promosi yang tentu saja menjadi daya tarik tersendiri bagi pembeli. Pembeli hanya perlu memilih produk yang mereka inginkan, membayar total pembelian dan ongkos kirim kurir, kemudian duduk manis menunggu paket kiriman datang. Tidak perlu lagi repot berkendara dan berdesak-desakan di mall atau pasar.

Dengan munculnya bisnis online, semakin banyak pula penjual yang tertarik mencoba menambah target pasar mereka ke pelanggan di dunia maya. Mungkin terdengar mudah, tetapi akan sangat sulit jika tidak tahu tips dan trik untuk memulai bisnis online. Bisa saja bisnis online yang dirintis justru tenggelam dan kalah bersaing. Jika Anda sudah memiliki toko offline yang sukses, mungkin tidak akan terlalu berdampak buruk seandainya bisnis online Anda gagal. Akan tetapi, bagi yang benar-benar hanya memiliki toko online, salah langkah dan salah strategi dapat berujung pada kegagalan dan tentu saja kerugian.

Jika Anda sedang berencana memulai bisnis online tapi bingung harus memulai dari mana, simak yuk, tips dan trik berikut ini biar tidak salah langkah. Di sini akan dibahas mengenai cara bisnis online dari nol sampai berhasil. Siapkan catatan Anda!

MODAL

MODAL

MODAL

Cara bisnis online pertama yang harus dipikirkan adalah modal. Berapakah uang yang Anda miliki untuk memulai bisnis online? Salah satu kelebihan bisnis online adalah Anda tidak perlu memiliki modal yang besar untuk memulai bisnis dan berjualan. Banyak penjual online sukses yang memulai bisnis mereka hanya dengan modal ratusan ribu saja. Jadi, tentukan dulu berapa modal yang Anda miliki.

BARANG

BARANG

BARANG

Langkah selanjutnya adalah menentukan barang yang ingin Anda jual dan sesuaikan dengan modal yang dimiliki. Akan lebih baik lagi jika Anda menjual barang yang Anda sukai. Kenapa? Karena akan mudah bagi Anda untuk memahami kualitas barang yang dijual. Jika Anda memahami seluk-beluk barang yang dijual, maka akan lebih mudah bagi Anda dalam memilih jenis barang yang paling banyak dicari di pasaran. Berikut tips untuk memilih barang yang akan dijual:

1. Pilihlah barang yang paling banyak peminatnya
Sudah jelas, barang yang banyak peminatnya tentu saja akan lebih mudah terjual. Tapi yang perlu Anda garis bawahi, barang yang populer berarti populer juga penjualnya, alias banyak pesaing. Anda perlu memikirkan cara untuk bersaing dengan penjual lain yang sudah lebih dulu berjualan. Jika cukup berani, Anda bisa menjual barang baru yang inovatif dan mungkin menciptakan tren baru. Ini opsi terbaik sekaligus tersulit. Namun jika Anda berhasil, tentunya Anda bisa menjadi magnet bagi penjual lain untuk menjadi reseller Anda, dan Anda akan memperoleh keuntungan yang lebih banyak.

2. Usahakan barang yang Anda jual adalah barang yang bisa laku sepanjang masa
Pilihlah barang yang dibutuhkan konsumen secara berkelanjutan, seperti pakaian, interior rumah, perlengkapan dapur, make up, dsb. Produk makanan juga dapat menjadi salah satu pilihan yang baik, bisa buatan sendiri atau mengambil dari orang lain.

Anda harus ingat, bahwa bisnis online sangat berhubungan erat dengan jasa pengiriman. Jadi pastikan Anda tahu cara membungkus dan mengirimkan barang jualan Anda dengan baik agar tetap aman sampai ke tangan pelanggan. Pastikan untuk tahu jasa kurir mana yang tepat untuk Anda. Beberapa yang terkenal adalah JNE, TIKI, POS INDONESIA, WAHANA, dsb.

3. Jangan memiliki stok barang terlalu banyak (untuk pemula)
Sebagai penjual, Anda pasti memiliki keinginan untuk meraih keuntungan yang banyak. Tapi berhati-hatilah, stok barang yang terlalu banyak di awal bisa berbahaya jika ternyata barang yang dijual tidak laku. Akan lebih baik jika Anda memiliki stok barang sedikit terlebih dahulu, untuk mencoba reaksi pasar. Jika ternyata respons yang didapatkan baik, maka Anda bisa menambah stok dan variasi jualan Anda sedikit demi sedikit.

4. Tidak ada modal sama sekali untuk memiliki stok barang? Jadilah reseller dropship
Reseller dropship dapat menjadi pilihan terbaik bagi Anda yang tidak memiliki modal sama sekali. Reseller dropship adalah reseller yang berjualan tanpa memiliki stok barang secara langsung, jadi supplierlah yang akan mengirimkan barang pesanan pelanggan atas nama toko online Anda. Yang perlu diingat, keuntungan menjadi reseller dropship biasanya tidak banyak dan Anda sangat bergantung pada foto dan stok supplier. Anda juga harus selalu update mengenai ketersediaan barang ke supplier. Memang akan sulit jika supplier tidak bisa merespons cepat pertanyaan Anda, atau jika barang yang Anda inginkan cepat habis.

SUPPLIER

SUPPLIER

SUPPLIER

Supplier adalah penjual tangan pertama dan hanya berjualan secara grosir atau partai besar. Sedangkan reseller adalah penjual yang mengambil barang ke supplier. Supplier biasanya menjual dengan harga yang jauh lebih murah dari harga pasar. Kenapa memilih supplier sangat penting? Karena lancar atau tidaknya bisnis Anda sangat bergantung pada supplier.

Supplier menjual barang mereka secara grosir, yang artinya ada minimal jumlah barang yang harus Anda pesan. Biasanya dimulai dari serian, lusinan, kodian, sampai ratusan buah, tergantung dari jenis barang yang Anda jual.

Supplier dibagi menjadi dua: supplier online, yang artinya dia hanya menjual secara online; dan supplier offline, yang memiliki toko sehingga Anda bisa mengunjunginya langsung.

Anda harus jeli dan berhati-hati dalam memilih supplier.

Berikut ini adalah tips memilih supplier:

  • Carilah supplier yang jujur, tepercaya, dan bertanggung jawab

Ini sangat penting. Jangan sampai Anda menjadi korban penipuan. Carilah supplier yang bersedia menerima retur barang jika barang yang dikirimkan memiliki cacat atau tidak sesuai pesanan. Dan carilah supplier yang mengirimkan pesanan Anda tepat waktu, sehingga Anda tidak akan mengalami kesulitan untuk menghadapi pelanggan.

  • Memberi harga murah tapi kualitas barang tidak murahan

Anda perlu mengetahui kualitas barang yang akan Anda jual. Jangan sampai harga dan kualitas yang diberikan supplier tidak sesuai. Carilah supplier yang jujur mengenai kualitas barang ini.

  • Carilah supplier yang mudah dihubungi dan memiliki respons yang baik terhadap resellernya

Supplier yang sudah mumpuni dan profesional biasanya memiliki banyak reseller dan agen-agen di berbagai daerah, sehingga pesanan mereka bisa jadi sangat banyak setiap harinya. Akan lebih baik jika Anda mendapatkan supplier yang memiliki manajemen penjualan yang baik, rapi, dan mudah dihubungi jika ada masalah terhadap pesanan Anda.

  • Sebaiknya supplier berada di satu kota yang sama dengan Anda, jika tidak ada, pilih supplier yang memiliki alamat toko yang jelas dan bukan alamat fiksi.

Supplier dari kota yang sama akan memudahkan Anda untuk mengurus barang jualan secara langsung. Anda bisa melihat kualitas barang, dan tentunya akan lebih mudah untuk mengurus jika ada masalah dengan pesanan Anda. Sekali lagi, berhati-hatilah, jangan sampai menjadi korban penipuan. Sebaiknya Anda juga mengenal dengan jelas siapa supplier Anda, pemilik, dan alamat rumahnya.

REKENING BANK DAN MUTASI REKENING

REKENING BANK DAN MUTASI REKENING

REKENING BANK DAN MUTASI REKENING

Anda harus memiliki rekening khusus sebagai tempat transaksi Anda dengan pembeli. Pastikan Anda mengaktifkan aplikasi online banking sehingga Anda bisa melakukan cek mutasi dan melakukan transfer secara mandiri di rumah tanpa harus ke ATM. Sangat penting bagi penjual online untuk mengecek mutasi segera setelah pembeli melakukan pembayaran. Hal ini dapat menghindarkan Anda dari kemungkinan terjadinya penipuan, seperti bukti transfer palsu dari pembeli.

MEDIA

MEDIA

MEDIA

Media yang dimaksud di sini adalah media tempat Anda berjualan secara online. Apakah melalui media sosial seperti Instagram, WordPress, Twitter, atau Facebook? Atau melalui online chatting seperti BBM dan Line? Atau bergabung dengan marketplace seperti Tokopedia, Lazada, Zalora, Bhinneka, dsb.? Andalah yang menentukan media mana yang paling tepat untuk Anda. Jika Anda ingin bergabung dengan marketplace, pastikan Anda sudah memahami syarat dan ketentuan yang diajukan oleh marketplace tersebut. Hal ini dikarenakan setiap marketplace memiliki kebijakan yang berbeda-beda. Jadi jangan sampai kebijakan-kebijakan tersebut merugikan Anda.

PROMOSI

PROMOSI

PROMOSI

Jika Anda sudah memiliki modal, barang, supplier, dan sudah menentukan media online yang ingin Anda gunakan, kini saatnya Anda berpromosi. Cara bisnis online berupa promosi ini sangat penting, karena Anda harus menarik pembeli untuk membeli produk yang Anda jual. Pahami dan pelajari dulu strategi berjualan di media yang Anda pilih.

Contohnya saja Facebook, jika Anda menggunakan fitur Facebook Page, maka Anda harus mencari like dan traffic ke page Anda. Anda bisa melakukan promote page atau mengajak teman-teman di Facebook untuk memberikan like, sehingga setiap postingan di page Anda akan muncul di timeline mereka.

Jika Anda berjualan di Instagram, Anda bisa memberikan hashtag yang sesuai pada foto produk untuk menarik pembeli. Anda juga bisa promosi melalui teman terlebih dahulu. Semakin kreatif cara Anda, semakin mudah menarik pembeli.

PRESENTASI

PRESENTASI

PRESENTASI

Presentasi yang dimaksud adalah foto dan kalimat promosi Anda. Karena ini adalah bisnis online, pembeli akan sangat bergantung pada foto yang ditampilkan dan kalimat promosi yang dituliskan. Jangan sampai foto barang yang dijual gelap dan tidak menarik. Buatlah foto semenarik dan secerah mungkin, supaya pembeli tertarik. Kalimat promosi juga harus menarik dan jelas. Seperti keterangan harga, keunggulan, ukuran produk, warna, rasa (jika ada), dsb. Anda juga harus dengan jelas menuliskan cara memesan produk dan apa syarat dan ketentuan yang ada di toko Anda.

PROGRAM MENARIK

Seperti layaknya penjual di mall ata

PROGRAM MENARIK

PROGRAM MENARIK

u di pinggir jalan, harus ada promosi menarik yang bisa ditawarkan kepada pembeli. Seperti diskon menjelang libur hari besar tertentu, diskon untuk yang sedang ulang tahun, diskon kilat, dsb. Anda juga bisa menawarkan barang gratis untuk jumlah pembelian tertentu. Hal ini tentu saja dapat menambah minat pembeli.

WEBSITE

WEBSITE

WEBSITE

Jika usaha bisnis online Anda sudah mulai mapan, mungkin sudah saatnya Anda mempunyai website sendiri. Carilah web developer yang biayanya sesuai dengan kantong dan pastikan Anda mendapat web developer yang mudah diajak komunikasi dan mengerti keinginan Anda. Jangan lupa menerapkan sistem SEO agar website Anda banyak dikunjungi pembeli.

ENDORSEMENT DAN PAID PROMOTE

ENDORSEMENT DAN PAID PROMOTE

Kedua istilah ini banyak dipakai para penjual di dunia maya dan sangat membantu dalam penjualan. Endorsement adalah penjual membayar atau meminta seseorang yang terkenal (seperti artis atau tokoh publik) untuk mengiklankan produk mereka dengan cara si penjual memberikan barang yang dijual secara gratis kepada si endorser. Sedangkan paid promote adalah penjual membayar seseorang yang terkenal (seperti toko online lain atau website tertentu) untuk mengiklankan produk mereka tanpa memberikan barang jualan.

Keduanya sama-sama dalam bentuk promosi dan dengan bayaran. Akan tetapi ada sedikit perbedaan dalam hal pemberian barang di endorsement dan biayanya. Endorsement kepada artis biasanya lebih mahal, apalagi jika artisnya terkenal. Anda juga harus memberikan barang secara gratis. Sedangkan tokoh publik biasanya lebih murah atau bisa saja gratis, dan hanya perlu mengirimkan barang saja. Untuk paid promote biayanya bisa lebih murah lagi.

Yang perlu diwaspadai adalah barang Anda terlambat untuk diiklankan. Jadi, pintar-pintarlah memilih endorser agar Anda tidak mengalami kerugian.

PROGRAM RESELLER/DROPSHIP

PROGRAM RESELLER/DROPSHIP

PROGRAM RESELLER/DROPSHIP

Untuk membantu penjualan, Anda juga dapat memiliki reseller. Berikan mereka harga yang lebih murah dari harga yang Anda jual dan buatlah aturan yang menurut Anda sesuai. Bina hubungan yang baik dengan para reseller, agar kerja sama yang terjalin dapat berjalan dengan baik.

BAZAAR

BAZAAR

BAZAAR

Mengikuti pameran atau bazaar juga dapat sangat membantu penjualan bisnis online, karena akan semakin banyak orang yang mengenal toko online Anda. Pelanggan setia Anda pun bisa saja datang dan membawa rekan mereka. Beberapa pameran atau bazaar yang murah dapat Anda temukan di acara-acara kampus atau event tertentu. Sedangkan pameran atau bazaar di mall-mall mungkin perlu merogoh kocek sedikit lebih banyak.

Selain tips dan trik di atas, Anda tidak boleh melupakan etika dalam berjualan. Berikut adalah hal-hal yang harus diingat dalam berjualan online:

  • Hormati pelanggan

Layaknya sebuah toko, pembeli adalah raja. Karena bersifat online, Anda mungkin akan berinteraksi dengan pelanggan dari berbagai daerah dengan latar belakang budaya dan pendidikan yang berbeda-beda juga. Di sini Anda wajib sabar dan tetap menghormati pelanggan. Namun sebagai penjual, Anda juga harus memiliki batas-batas norma yang tidak boleh dilanggar. Jika dirasa pelanggan Anda mulai meresahkan, jangan segan untuk menolak melayani pesanan mereka.

  • Jujur dan bertanggung jawab

Kunci utama dalam setiap bisnis adalah kejujuran dan tanggung jawab. Karena Anda dan pembeli tidak dapat bertemu secara langsung, kepercayaan menjadi peran penting dalam transaksi online. Kepercayaan yang sudah terjalin kuat bisa menjadi keuntungan tertentu jika ternyata pelanggan setia Anda merekomendasikan toko online Anda ke teman-teman dan kerabat mereka.

  • Jangan memberi harga jauh di atas atau di bawah harga pasaran

Aturan dalam bisnis online yang satu ini ada agar Anda tidak menjadi perusak harga pasaran. Tetap hormati penjual lain dengan mengikuti aturan jual beli yang ada. Dalam beberapa kasus, harga yang terlalu murah (sedangkan Anda bukan supplier) akan memberikan keraguan kepada calon pembeli. Dan harga yang terlalu mahal akan membuat calon pembeli lari ke penjual lain yang menjual lebih murah. Jadi, pintar-pintarlah mengatur strategi.

  • Tidak menjatuhkan toko online lain

Sebagai sesama penjual, berjualan secara adil sangatlah diperlukan. Jangan sekali-sekali mencoba menjatuhkan penjual online lainnya. Rejeki yang halal tentu saja akan lebih baik daripada yang tidak.

Itulah beberapa cara bisnis online yang bisa dicoba. Jangan menyerah dan teruslah berusaha. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dalam memulai bisnis online.

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Comments

  1. says

    yang paling sulit itu mas memberikan harga murah namun barang berkualitas. dan untuk memberikan hal tersebut setidaknya kita harus memiliki modal yang cukup besar pula, karena memang untung yang kita dapat akan jauh lebih sedikit..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *