thumb-72

Cara Asyik Belajar Bahasa Inggris

belajar bahasa inggris by Lump Of Hesitation
belajar bahasa inggris by Lump Of Hesitation

I Reading a lot of interesting tweets in english, too bad i don’t understand english!! aargh *ngumpulin duit buat les bhs inggris*

Itu status Anang Pradipta di facebook. Respon pertama saya: “Ha? ELO? Nggak paham bahasa Inggris?! Hard to believe!

Dia lantas mengakui, bahasa Inggrisnya dulu oke banget. Tapi lantaran jarang digunakan, sontak luluh lantak.

Penguasaan bahasa asing memang soal kebiasaan. Bagi kita yang tinggal di negara ESL (English as Second Language), membiasakan diri berbahasa Inggris bukan perkara gampang. Kan tidak semua orang tinggal di dekat Jalan Jaksa!

Sebetulnya cara paling cepat menguasai bahasa asing adalah dengan tinggal di negara aslinya. Tapi untuk itu butuh paspor, visa, rekening gendut, dan dengkul (lutut) sekuat Gatot Kaca. Jadi kita coret saja cara ini. Yuk, kita pakai cara asyik belajar bahasa Inggris… cara Dian Ara!

Nonton Film
Saat nonton film, dengarkan dan perhatikan tiap kalimat (pola maupun kosakata), lalu secepat kilat geser mata ke teks terjemahan. Sesuaikan jenis film dengan apa yang Anda ingin pelajari.

Untuk belajar grammar, tonton film-film Inggris. English Patient dan Pride and Prejudice sangat saya rekomendasikan, tapi siapkan cukup waktu dan energi agar tidak ketiduran. Bila suka yang lebih ringan, coba Love Actually. Atau yang musikal, Around the World in 80 Days (versi pemenang Oscar, bukan remake memalukan yang dibintangi Jackie Chan).

Untuk belajar komunikasi sehari-hari, tonton film-film Amrik. Tersedia Curious Case of Benjamin Button untuk pecinta drama, Saw dan Hostel untuk penggemar gory, atau Knocked Up untuk penggila komedi. Ada pula “advanced class”, seperti Fight Club, V for Vendetta, dan Watchmen.

Untuk belajar rude slang, tonton film-film tentang gangster (Snatch, juga versi aslinya: Lock, Stock and Two Smoking Barrels, lalu tentu saja Cicade de Deus dan Pulp Fiction) dan perampokan (Italian Job, Ocean’s Eleven). Sementara highschool-college slang bisa dipelajari dari Juno dan American Pie. Dan demi kesegaran mata, boleh juga “This is Spartaaa…”, hehehe…

Setelah itu,

Baca 2 Versi Buku
Pertama, baca versi asli buku berbahasa Inggris. Kalaupun banyak kosakata yang Anda belum kenali, cuek saja. Minimal otak bakal ingat. Setelah tuntas, baca versi terjemahan. Sekaligus untuk mempelajari arti kosakata yang aneh-aneh tadi.

Oke, ini lebih time-consuming. Tapi beginilah cara saya belajar. Lebih menyenangkan ketimbang kursus dan lebih murah ketimbang kuliah Sastra Inggris.

Tidak terlalu suka baca buku?

Baca Graphic Novel
Banyak graphic novel yang sudah diterjemahkan kok. Saya rekomendasikan Persepolis, Watchmen, A History of Violence, atau Bone.

Cara lain yang tak kalah asyiknya,

Update Status
Di setiap attention whore nirvana (twitter, plurk, facebook, dll) yang Anda ikuti, update status dalam bahasa Inggris. Akan ada saja orang yang kelewat iseng untuk memperbaiki kalimat Anda.

Dan terakhir,

Berpikir dalam Bahasa Inggris
Saya sering melakukannya, dan sangat membantu lho.

Jangan Malu, Jangan Takut!
Bahasa itu, mengutip Djenar Maesa Ayu, cuma alat komunikasi. Yang penting komunikan paham, bodo amat biarpun bahasa Inggris Anda belepotan. Toh, bahasa Indonlish (Indonesian English) jauh lebih oke ketimbang Singlish (Singaporean English), Inglish (Indian English), apalagi Malinglish (Malingsian English). Masih bisa dipahami. Perhatikan status Anang di awal tulisan ini. Ada minimal 1 kesalahan tense dan 3 kesalahan ejaan, tapi Anda paham maksudnya kan? Jadi jangan malu, jangan takut. Speak English, write English. Nantinya pasti terbiasa, lalu jago.

Oh ya, kalau ada yang berani menyebut Anda tidak nasionalis karena keseringan berbahasa Inggris, kontak saya ya. Biar saya tendang orang itu sampai Bogor!

92 thoughts on “Cara Asyik Belajar Bahasa Inggris”

  1. ya. bener banget yang ini : “Update Status
    Di setiap attention whore nirvana (twitter, plurk, facebook, dll) yang Anda ikuti, update status dalam bahasa Inggris. Akan ada saja orang yang kelewat iseng untuk memperbaiki kalimat Anda.”

    Ternyata Ada juga temen saya yang mau ngebenerin status saya di FB… :p

    :D

  2. V for Vendetta gw kira terlalu high class, selain british banget plus tokoh V klw ngomong selalu diawali kata V, wish jadi vish, rude jadi Vude, dll. :-)

    + satu tip dari guru les b. inggris gw, dengerin musik (dan tentunya menghapal u/ nyayiin jg). recommended lagu-lagu rock classic jaman dulu,bon jovi, the police, …. masih belum ada slang-slangan (atw sedikit kali ya…). :D

    Keep spirit, ayo belajar!!! :D

    1. well, yes. nice try ;)
      slang words di mana-mana pan sama. melanggar tata bahasa ;)
      nah, masalahnya adalah problem. bahasa beresnya aja kagag gablek, pegimenong nyang benernye :D

      secara umum, Boso Nginggris ada dua kiblat : American & British. secara eh secara, di Inggris pun ada beberapa varian Boso Nginggris. jadi, santai aja kayak di pantai..

      P.S. : Di, I’m so sorry baby. I bubbled too much here uh? ;)

  3. mau nambah 1 lagi . Kalau cari artikel lewat google, masukin kata kuncinya dalam bahasa inggris, biar yang keluar juga artikel2 dalam bahasa inggris . Jadi, dapat ilmu sekalian belajar bahasa inggris ^_^

      1. I can’t stop commenting this one, Di :D I’m sorry again..

        benuuul. jangan sampe joystick diterjemahkan Batang Gembira *udah, dah. mulai gag beres gwa.. time to get lost from here.. =))*

    1. gawsa tatut ;) jangankan indonlish, English Cepot (English pleus Basa Sunda) sama kerennya dengan Espanola English or else, other accent. apalagi kalian kan orang2 yang ber-klien bule bule itu pan? ada blogger temennya Raditya Dika (yeah, that famous Kambing Jantan) asal ostrali yg kegila-gila ama Bahasa Indonesia. dan dia ada buat posting : Australian English 101 (dia kasi bbrp slang-words dari Australian English)

      as The Beloved Djenar said : cuma alat komunikasi

  4. Dulu pas zamannya Junior High School ada sistem dengan kertas, itu kertas panjang dilipat2 mencari ukuran 10×10 atau sesuai dengan selera hingga menjadi buku kecil.

    Itu Kertas akan diisi kata2 yang ga kita mengerti ketika membaca atau mendengar bahasa inggris, nanti baru kita cari terjemahannya.
    Dengan teknik ini kita bisa tahu dan hafal kata2 yang tidak mengerti dari buku.

    {Berpikir dalam Bahasa Inggris} yap…meet too…it’s work

  5. kalau cara gue, langsung ngobrol dengan klien lewat skype by phone or chat :D hheehe…

    makin banyak klien dan brief dari klien (dulu pernah dapat hampir 70 halaman) tulisan doang, mau gak mau harus bisa ngerti apa yg klien mau so… dituntut bekerja-pun menjadikan salah satu belajar yg seru :D

  6. Kalau mbaca saya ngerti. Kalo denger juga ngerti. Kalo mau nulis itu lho, belepetan, vocab kurang. Tapi kalo chat lancar >_<

    I confuse. <– kalo sebatas ini masih ok, kalo 140 karakter gagal total XD

    Speaking yang jelas, ancur.

    1. wakakaka… yang dijadiin sampel udah nongol^^
      makasih ya, nang, atas keikhlasan dan ketabahan lo… mau aja status memalukan itu dicantumin dalam tulisan gw^^

      output setara dengan input, nang. ibarat otak adalah gudang, kalo mau mengeluarkan barang, harus ada dulu dong barang yang disimpan di dalem. artinya, kalo pengen menulis dengan banyak vocab, ya harus banyak baca.

      kalo males baca buku, jurnal, atau artikel berbahasa inggris, graphic novel tu bisa jadi solusi.

    2. heuheuheuheu, iya speaking menyebalkan dmna suka lupa.

      pengalaman :

      bos sebelumnya orang belanda, klo dia ngasih tau di ym mo tlp, “waduh mau test listening + speaking bentar lg”.

      klo dia ngasih tau mau ke indonesia selama beberapa bulan langsung, “waduh ujian TOEFL nya bakal lama nih”.

      1 hari kerja 7 jam jadi kayak 14 jam, soalnya plus kudu mikir menerjemahkan indo ke english dan english ke indo.

      heuheuheuheu.

  7. Kadang kadang aku malu kalo di bilang “wa,,,, sok bule lu, padahal payah.” Tapi kalo dah nemu groupnya disini, sepertinya malunya wes harus dibuang jauh-jauh.

    Kalo aku sendiri kebanyakan belajar dari Film. Meskipun itu masih gak mahir sampe sekarang. Malah kadang kadang suka komat-kamit sendirian. Sampe ada temen yg heran ” Lu ngapain komat kamit gitu? Lg mantrain gw ya? ”

    Hahahahahah

    Someday, I have a dream to can speak English. –> Lek salah ya di koreksi.

  8. susah juga yahh….
    walaupun judul’a cara asik….
    hehehe…
    maklum, baru mw belajar, nyesel jga sih g serius wktu sekolah…
    klo bisa ksih saran bwat yg bru2 dun.. seperti saya ini… hehehe

  9. Kalo aku, biasanya bergaul aja di forum2 yang pake bahasa Inggris. Lama-lama paling ga baca-tulis bisa lancar, chat juga bisa lebih lancar, walopun kadang kalo chat ama client susah juga sih, takut salah ngomong. xD

    Kalo aku suka nonton anime, mayan jadi belajar bahasa Jepang ama Inggris sekaligus. lol

    Aku juga sering sok2an mikir pake bahasa Inggris, biarpun pas2an… xD Biarin deh, yang penting nyambung…

  10. hi Di, long time no see *as if we see again huh? :D *
    once I said : I learn English to conquer, not to follow ;)

    udah ah, ini saya abis nemu yang lucu (oia, klo ada yang mao belajar bareng hayuk lah saya juga pembelajar sejati nih :D )
    1. let’s corner = kita mojok yuk
    2. not play = bukan main
    3. his name is effort = namanya juga usaha
    bwahahaha

  11. boleh nambah masukan film yah .. HEROES (serial) nih bagus conversationnya , buat gw banyak bahasa2 yang efektif, singkat padat tapi artinya luas ..
    contohnya ? hmmm lupa :D .. coba aja sendiri ;)

  12. nice tips…
    q jg nyoba it skrng, klu nonton dvd biasanya subtitlenya q pke bahasa indonesia
    skrng lbh sering ke english, dan lumayan nambah vocabulary dan prononcetion nya

  13. dengerin Laguuu juga bisa …..

    nuLis diary pake bhs inggris …….

    oia
    cari pacar buLe yg ga bisa bhs indo juga ok tuh
    heheheheheh

    ^_^

    1. @Alisyah, saya donlot materi bhs inggris via internet hampir tiap hari tak terasa sudah 3 tahun, materinya mulai dari daily english sampai ke business english, jika anda berminat saya mau share materi itu dalam bentuk DVD (4 GB). nantinya saya akan kirim ke alamat anda.

      silahkan kirim email : hayu.belajar [at] gmail.com

      bravo RuangFreelance !

  14. setuju bgt orang berani menyebut tidak nasionalis karena keseringan berbahasa Inggris ditendang sampai ke ke bogor. Klo perlu ke laut sekalian.

    lg belajar jg, orang spt ini menggangu kosentrasi aja dan mencuri cita2.

  15. Kalo cara saya belajar bahasa inggris:
    1. Baca buku, kalo ada yang ga dong bukak kamus, cepat atau lambat bakal apal unlimited english word
    2. Nyanyi, buat latian speaking
    3. Dengarin radio atau mp3 ato liat berita barita bahasa inggris biar latihan listening

  16. hahha…
    tips yang bagus ^^
    emank sich… dari pada buang2 duit buat kursus…
    yang ujung2 nya belajar tenses doank hehe… ^^

    patut di coba ^^. maklum bahasa indonlish saya juga masih amburadul hehe…

  17. Biar makin cas cis cus gabung aza di Britzone,speaking club yg gratis & mreka suka ngadain pertemuan di Library@Senayan tiap hr Sabtu pkl 12 n Rabu malam pkl 18.30. Ato ToatsMater Club-nya Pusat Bahasa UI yg sring ngadain pertemuan di UI n PI Mall. jUST Try frens!

  18. Kalo saya, baca buku berbahasa inggris. Pada tahap awal, baca yang enteng-enteng aja. Novel gitu. Atau potongan artikel. Atau koran.

    Trus kalo nonton film di dvd, pasang subtitle bahasa inggris. Jadi bisa melatih hearing dan reading. Sambil sinkronisasi gitu. Tapi tentu saja perlu film yang subtitle nya gak ngaco ya.

    Tapi tetep pengen belajar formal buat grammar sih :)

  19. hehehe.. kadang saya nulis status di facebook pake bhs inggris, walaupun masih belepotan dan ada aja yg ga suka.. katanya : belagu banget sih pake bahasa inggris segala!
    hahaha.. pengen saya tendang tuh orang.. :siul:

  20. Bahasa Inggris berarti 4 skill. Listening bahasa inggris adalah salah satu dari 4 skill yang harus dikuasi untuk mastering English. Umumnya kita menganggap listening adalah yang paling sulit diantara reading, writing and speaking. Untungnya banyak tip sumber untuk belajar bahasa inggris dengan gampang seperti tip dalam blog ini. Thank for sharing

  21. thnk u membuatku semangat belajar english lg dari dulu aku dah senang belajar bhs inggris tp ngg pandai2 hehe..

  22. “attention whore nirvana”??? hahhaha.. I likes the word.. :D

    *ayo2.. siapa mo memperbaiki grammarnya? :D

  23. Jadikan bhs inggris sebagai nafas hidup hehehe… bahasa itu kan masalah kebiasaan kalo kita biasa mngunakannya akan jadi mudah ga terbiasa ya dibiasakan agar mudah… nice info :)

  24. dulu saya pernah ikut tes TOEFL, dan hasilnya buruk, tapi sekarang saya memperoleh dollar, hanya dengan menulis artikel singkat berbahasa inggris.
    menurut saya peluang ini masih sangat terbuka.

  25. Sumpah ketawa sendiri baca ni blog…
    emang bener yg dibilang,paling pertama tu nonton film luar,baca buku,sering” komunikasi…
    kebetulan juga gw dibali jadi ada aja sodara yg ngajak temen bule’nya kerumah… latian deh :D
    dan sekarang jadi personal assisten bos dari belanda,makin semangat deh buat lancarin speak+ listeningnya… ( walaupun masih sering disuruh buka google translate :D )
    Buat yg belom bisa,semangat aja.. Love this blog ;)

  26. malem…mba Dian ara mau nanya dong gimana caranya mau jadi free-lance kayak mba? Saya lagi butuh saran nih. Mohon bantuannya. Trims

  27. oke banget nih om
    memang kenyataannya
    duluu saya kursus, tetapi tidak ada hasil yang memuaskan
    mungkin bisa disebabkan oleh pola belajar yang membosankan
    tetapi ketika saya kuliah dan active in english
    saya improve seperti film2 tadi
    dan hasilnya OKE punyaaaa
    hehehehe

  28. Wah saya baru nemu website ini. Tips yg keren. Kebetulan saya recently freelancer jg, English teacher. Kalau mau belajar yg fun, coba follow akun Twitter @EnglishTips4U yg saya buat. Siapa tau bermanfaat. Cheers. :)

  29. Saya belajar bahasa inggris dengan cara nonton film mulai dari jaman SD ( jaman saya SD belum ada pelajaran inggris, maklum generasi tua ), waktu itu suka nonton cartoon network, yang inggrisnya dikit-dikit dan diulang-ulang kayak kata-katanya Droopy D, “You know what? I’m happy”

  30. I am very happy knowing that so many people who love English Its nice to share about how to learn it. For me writing diary in English is effective enough to mastering English.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>