Cara Ampuh Selesaikan Pekerjaan (Bagi Procrastinator Akut)

Sebelum Anda menggerakkan mouse demi menutup jendela browser sambil berpikir, “Ah, palingan nggak berhasil”, saya beritahukan bahwa ini bukanlah trik produktivitas yang biasa Anda lihat atau bahkan coba (tanpa hasil jelas). Cara ini benar-benar ampuh kalau Anda benar-benar stick to it—setidaknya saya sudah mencobanya.

shutterstock_151695416

Freelancer Image via Shutterstock

Kerja Pada Pagi Hari (benar-benar pagi)

Pernah bekerja pukul empat atau pukul lima pagi? Jika belum, mungkin sekarang saatnya Anda mencoba.  Pada waktu ini, bisa saja orang lain di rumah masih tidur dan langit di luar masih gelap. Suasana pun masih sangat sunyi dan Anda baru saja bangun. Suasana ini justru tepat untuk melakukan pekerjaan Anda karena di waktu inilah otak Anda belum ‘tercemar’ oleh suasana bising di luar atau mungkin ajakan orang rumah untuk sarapan, sehingga Anda benar-benar bisa berkonsentrasi dan super fokus akan apa yang Anda kerjakan.

90-90-1 Rule

Merasa tidak pernah punya waktu untuk mengerjakan proyek pribadi yang selalu Anda ingin capai dan bisa membantu meraih impian terbesar Anda? Coba trik “90-90-1” , yaitu Anda menghabiskan 90 menit pertama pada jam kerja Anda selama 90 hari melakukan kegiatan yang akan memajukan Anda dalam satu proyek besar tersebut. Selama 90 menit tersebut, Anda harus mematikan segala distraksi, termasuk koneksi Internet, e-mail masuk, bahkan orang lain. Trik ini cukup ampuh bagi Anda yang selalu terhalang oleh hal-hal trivial seperti mencek e-mail atau membuka Facebook di sela-sela projek Anda.

1-Hour Time Slot

Saya termasuk orang yang selalu mencatat segala tugas dalam to-do list. Sayangnya hal ini tidak lantas membuat saya menjadi orang paling organized sedunia karena—ironisnya—saya sulit sekali mencentang semua hal dalam to-do list dalam 1 hari. Hal ini saya sadari karena saya selalu melihat tugas-tugas dalam to-do list dalam perspektif 1 hari, bukan 1 jam. Coba berikan semacam time slot bagi setiap tugas yang ada dalam list dan seketika Anda pun menjadi semangat untuk menyelesaikan 1 tugas dalam waktu 1 jam karena sekarang tugas-tugas itu sudah ‘dialokasikan’, berbeda dengan sebelumnya saat Anda selalu berpikir bahwa 1 tugas seakan memiliki waktu seharian (yang akhirnya malah tidak selesai).

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Comments

  1. says

    Bisa nih saya terapin, kebetulan saya juga Procrastinator yang akan mendekati akut :3

    Saya pernah sesekali bekerja di pagi buta. Mood banget bekerja di waktu tersebut. Ide-ide lebih mudah bermunculan di waktu tersebut. Sayang, akhir-akhir ini saya sering bangun kesiangan. Dan pekerjaan sering lembur malam, tidak sehat 🙁

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *