Buku Bulan Ini: Rework

Rework

Tahu 37signals.com? Pernah dengar nama-nama software berikut: Basecamp (project management), Highrise (contacts database), Backpack (information organizer), Campfire (real-time chat and file&code sharing)?

Well, buku berjudul Rework ini ditulis oleh Jason Fried dan David Heinemeier Hansson yang tidak lain merupakan pendiri 37signals, sebuah perusahaan pembuat software- software yang beberapa di antaranya telah disebutkan di atas.

Buku ini berisi tips-tips bisnis hasil akumulasi pengalaman penulisnya berkecimpung di perbisnisan dunia web selama sepuluh tahun lebih. Dengan laba jutaan dolar per tahun bahkan pada saat krisis ekonomi sekalipun, rasanya tips-tips dari mereka amat sangat layak dipertimbangkan. 😀

Berikut ini adalah beberapa kutipan dari Rework yang rasanya… jleb! ‘Kena’ banget.

“Success gives you real ammunition. Failure is not a prerequisite for success.” –pg. 16&17

“Have you ever noticed that while small businesses wish they were bigger, big businesses dream about being more agile and flexible?” –pg. 23

“Ideas are cheap and plentiful. The real question is how well you execute.” –pg. 38

“You rarely regret saying no. But you often wind up regretting say yes.” –pg. 153

“Hire slowly. You need an environment where everyone feels safe enough to be honest when things get tough.” –pg. 208

Buat saya pribadi yang kebetulan kuliah di Fakultas Ekonomi dan banyak dicekoki teori bisnis-manajemen bla bla bla, buku ini terasa seperti rollercoaster. Benar-benar memutarbalikkan segala logika bisnis yang selama ini diajarkan di kelas.

Misalnya,

  1. Meeting itu buang-buang waktu.
  2. Sebisa mungkin –oh tidak, jangan pernah menggalang investor!
  3. Financial planning dan forecast itu menyesatkan. Harusnya, namanya diganti menjadi financial guessing.
  4. Ekspansi (entah itu kantor cabang, jumlah pegawai, atau total aset) itu berbahaya. Tidak seluruh perusahaan harus memaksakan diri menjadi perusahaan besar (embel-embel PT, IPO, dsb).

Wew. Kalau Anda punya uang $22+ongkir yang nganggur, saya sarankan segera beli buku ini. Tips-tips di buku ini dapat dimanfaatkan oleh beragam profesi, mulai dari wiraswasta sampai dengan freelancer sekalipun.

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Comments

  1. says

    Kalau Anda punya uang $22+ongkir yang nganggur, saya sarankan segera beli buku ini. —> saya beli ebooknya format epub jadi gak perlu ongkos kirim & lebih murah. belinya di kobobooks.com

Trackbacks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *