Buang Mindset Kantoran, Ini Dunia Freelance!

email | facebook twitter

Ah, lega rasanya. Bagi anda yang telah terjun kedunia freelance atau bahkan sekarang sudah memulai untuk tekun di dunia freelance yang serba tak tentu ini, apa yang sudah anda lakukan saat ini? Ok. Anda sudah punya portofolio. Baik offline maupun online. Sudah promosi via Twitter dan Facebook. Tapi kok ya gitu-gitu aja ya jobsnya?

kantora

Sayangnya, banyaknya orang yang mulai masuk di dunia freelance ini tanpa kesiapan. Saya tidak membahas tentang kesiapan teknik dan resources yang anda punya. Anda bisa mendapatkannya di sini. Tapi ada satu hal yang tidak anda siapkan sebagai seorang freelance. Karena saya yakin tidak semua freelance memiliki dan ingin memiliki kesiapan ini.

Apa itu? Yups, mental atau motivasi atau kemauan. Kita sudah sering membahas soal teknik, resources, tapi jarang sekali ada kemauan yang besar untuk melakukan perubahan. Coba saja kita lihat isi harddisk kita. Sudah banyak sekali resources yang kita download baik gratisan maupun berbayar, tapi semua begitu saja tersimpan. Tidak banyak tindakan. Kalaupun ada itu juga sebatas pekerjaan suka-suka. Tanpa motivasi untuk mencari, menciptakan, sebuah tantangan.

Kalau sudah punya portofolio dan dapet jobs rutin kan beda? Ya, jika mindset anda masih kerja kantoran, maka freelance seperti pekerjaan yang hanya pindah tempat. Dari kantor ke rumah. Freelance adalah kebebasan dalam bekerja. Dengan artian, bebas untuk terus melaju ke arah yang lebih baik. Jika anda sudah punya portofolio dan jobs yang rutin, kenapa tidak mencari tantangan baru?

Cobalah hadapi tantangan baru. Lebih kerja keras dalam promosi. Perbanyak lingkup ruang promosi anda. Cobalah untuk kerja cerdas. Buat promosi yang lebih eyecatching agar lebih mengena pada calon clien kita. Karena semua portofolio sebagus apapun, teknik sehebat apapun, karya kita tidak ada nilainya jika tidak sampai pada orang lain (client).

Jika tantangan demi tantangan sudah anda hadapi, jangan berpuas diri. Bersiaplah hadapi tantangan baru di depan hari. Ini freelance guys! Bukan lagi kerja kantoran. Wake Up!

Klik di sini untuk submit Artikel Tamu seperti yang satu ini,

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Comments

  1. irawan says

    great…….keren deh pokoknya dunia freelance,jadi tambah semangat nich cari client

Trackbacks

  1. […] Akhirnya seperti postingan saya yang berjudul Pengalaman Freelance Pertama Kali. Dimana pencapaian bahwa jasa yang saya berikan terhadap blogger yang kesulitan memelihara blog mereka untuk membantu mengisi artikel rutin ternyata diterima. Penghasilan tidak seberapa. Bukan. Bukan itu tujuan utama. Tapi rasa puas karena karya menjadi sangat diterima di kalangan blogger. Kali ini saya mencoba menjadi penulis tamu di sebuah blog ternama yaitu ruangfreelance dan artikel pertama saya terbit hari ini, anda bisa mengeceknya di Buang Mindset Kantoran, Ini Dunia Freelance. […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *