Bos yang paling buruk: Diri sendiri!

Stress!

Stress!

Anda adalah seorang freelancer dan bangga menjadi freelancer! Ya kenapa tidak? Anda bisa mengatur jadwal Anda sendiri, Anda yang memegang semua keputusan dan Anda bisa libur kapan saja Anda mau. Singkat kata, Anda adalah BOS dari diri Anda sendiri. Tapi coba dipikir, apakah Anda sudah menjadi bos yang baik?

Ok mungkin ini terdengar agak aneh, tapi coba pikirkan ini: Sesering apa Anda harus bekerja sampai larut malam untuk menyelesaikan pekerjaan yang tertunda atau terlalu banyak? Kapan terakhir Anda berlibur? Berapa lama Anda bekerja dalam satu hari? Kapan terakhir Anda dapat bonus? Cobalah bercermin dan lihat kantong mata Anda, gede ga?

Sekarang coba tanya lagi pertanyaan ini: Apakah Anda sudah menjadi bos yang baik bagi diri sendiri?

Kalau dari saya sendiri, saya mengakui bahwa saya bekerja lebih lama dari saat saya bekerja dikantor, jadi makin sering begadang karena kerjaan, dan tingkat stress juga tidak kalah tinggi dengan ketika bekerja di kantor dulu walaupun masih tetap lebih rendah (sedikit). Saya akui bahwa saya sangat mencintai pekerjaan saya, makanya rela-rela aja. Tapi tentunya badan saya ada batasnya, kesabaran dan kewarasan saya lebih terbatas lagi. Maka dari itu saya melakukan 3 hal dibawah untuk menjaga agar saya tetap bisa menikmati pekerjaan

1. Kerja di jam tetap!

Ok, saya akui bahwa saya sendiri masih kesulitan menerapkan ini. Tapi sebisa mungkin saya memulai kerja jam 10 pagi, dan selesai jam 7. Kadang ngaret sampai jam 9 ya tidak apa-apa, tapi pembiasaan seperti ini akan membuat badan kita terbiasa dengan momen kerja dan momen santai. Jangan pikirkan pekerjaan saat bersantai dan jangan (terlalu) memikirkan masa-masa santai saat bekerja. Bila sudah terbiasa dengan jam kerja yang standar, mood kerja akan jauh lebih mudah datang.

Keep your mind where it belongs!

2. Berlibur!

Penat? Ya liburan 🙂 Rencanakan liburan ke bali bersama teman-teman atau setidaknya pergi ngopi-ngopi untuk melepas stress. Hidup itu tidak hanya bekerja saja kan? Lagian, buat apa mencari uang kalau tidak pernah dipakai? 😛 Lepaskan penat itu dan kembali bekerja dengan semangat penuh!

3. Memberi bonus ke diri sendiri

Hadiahkan diri Anda sendiri setiap bulan (atau mingguan, 3 bulanan, terserah), hey siapa lagi yang bisa memberi Anda bonus kecuali Anda sendiri? Saya hampir selalu mempunyai buy list untuk setiap awal bulan, mulai dari baju, sepatu, kaos, gadget, atau apapun yang sedang kalian inginkan saat ini. Hal ini membuat saya semangat dalam bekerja karena menantikan semua yang bisa saya dapatkan di bulan berikutnya 🙂 Jangan lupa untuk menyiapkan budget untuk ini, jangan asal beli aja trus makan susah ntar 😛

Ok itu aja, ada tambahan?

Share pengalaman Anda disini dan update artikel menarik ruangfreelance dengan berlangganan RSS

, email, dan

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Comments

  1. says

    Jangan pikirkan pekerjaan saat bersantai dan jangan (terlalu) memikirkan masa-masa santai saat bekerja.

    Bos Rajasa, saya paling suka kutipan itu. Mantaps.
    Lanjut gan… 😀

  2. says

    liburan tu penting lho.. ni gw mo cabut lagi ke malang buat jalan2. Tempat liburan ga cuman bali kok. Masih ada sabang, bangka belitung, pulau seribu dan pulau pramuka untuk diving, dan masih banyak lagi

    enjoy ur vacation 🙂

  3. says

    Sekedar menambahkan, nikmat itu ada tiga nikmat ibadah, nikmat sehat, dan yang paling rendah nikmat harta. Jangan sampai gara-gara mengejar nikmat harta kita mengorbankan dua nikmat lainnya yang jauh lebih berharga.

  4. says

    bener banget tuh gan… malah jam normal kerja ane adanya di jam 10 malem sampe 7 pagi. wakawkkkkkkk…..

    heu heu heu… mau coba kerja pagi malah kesulitan nih

  5. says

    waduh.. bener juga nih.. saya selalu begadang terus jadi lupa waktu sama keluarga.. hehehe.. thanks infonya gan bermanfaat.

Trackbacks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *