Blog: Hosting Gratisan atau Berbayar?

Hosting itu mirip safety deposits box -image from Flickr

Membahas domain tanpa hosting bagaikan pakai baju tanpa celana โ€“rasanya ada yang kurang! Nah, maka dari itu setelah kemarin membahas tentang kontroversi domain gratisan atau berbayar, mari sekarang kita bahas hosting gratisan vs berbayar.

Apa Itu Hosting

Hosting adalah suatu space di internet yang digunakan untuk menyimpan data-data suatu situs tertentu. Setiap situs online, termasuk blog, yang diperuntukkan untuk dapat diakses banyak orang harus disimpan pada suatu host.

Hosting Gratisan vs Hosting Berbayar

  1. Pada umumnya, hosting berbayar memiliki lebih banyak fitur dan loading speed-nya lebih cepat dibandingkan hosting gratisan. Contoh fitur tambahan pada hosting berbayar: fitur FTP, fitur webmail, fitur mysql, bebas iklan yang tidak kehendaki, dan sebagainya.
  2. Perusahaan hosting gratisan tidak ada yang memberikan live support 24/7. Bayangkan kalau suatu saat blog Anda mendadak unaccessible sedangkan banyak klien potensial di luar sana yang mungkin saja sedang membutuhkan informasi di blog Anda.
  3. Sama seperti domain berbayar, keuntungan dari memilih hosting berbayar adalah mengeliminasi risiko โ€œhilangโ€-nya blog kita ketika suatu saat hosting gratisan yang digunakan tidak beroperasi lagi.

Seiring dengan majunya teknologi dan makin membuminya internet, biaya untuk domain dan hosting berbayar saat ini sudah tidak semahal dulu, kok. Domain dapat dibeli seharga Rp100 ribu-an saja, dan penyedia hosting berbayar memberikan pilihan pembayaran per bulan atau paket 1-3 tahun sekaligus dengan ongkos rata-rata sekitar Rp50 ribu/bulan.

Sesuai dengan prinsip cost-benefit (manfaat yang diperoleh harus lebih besar dari biaya yang dikeluarkan), rasanya memilih domain dan hosting berbayar patut dipertimbangkan bagi para freelancer yang sekaligus merangkap jadi full-time blogger. ๐Ÿ˜‰

p.s. beberapa webhosting provider yang bisa dijadikan pertimbangan: DijaminMurah (lokal), HostGator, BlueHost, atau Hosting.

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Comments

  1. says

    For whatever reason, lebih baik beli domain dan hosting, keliatan lebih profesiona, lebih aman, lebih cepat, lebih lengkap, dan pastinya lebih mahal.

    Kalo diitung biaya per hari, saya yakin biaya untuk rokok (bagi yang ngerokok) jauh lebih besar daripada biaya untuk sewa hosting dan domain. Namun karena hosting dan domain sesuatu yang tidak kasat mata jadi kita agak sayang untuk membelanjakan uang untuk hal tersebut.

    • says

      Setuju!!

      Ayo para perokok, mending uangnya buat sewa hosting dan domain. Hosting dan domain berbayar tidak akan menyebabkan kanker, penyakit jantung, impotensi, ataupun gangguan kehamilan dan janin.

  2. mul14 says

    Om, link hostingnya file:///C:/Users/compaq/Desktop/DijaminMurah dan file:///C:/Users/compaq/Desktop/HostGator.

  3. dfunno says

    Di share dnk di blog tulisan mengenai hosting dan domain2 ok buat freelancer, di servis, speed dan byknya fasilitas yg diberikan oleh web hosting company masing2. Trimmss.. Artikel nya ok. Good luck everyone.

  4. says

    dulu sebelum beli host + domain, keinginan blogging dan berbagi didunia maya ini sangat terasa sekali membosankan dan pastinya tak sehebat sekarang yang saya rasa lebih professioanal dan ada juga beberapa orang yang melirik jasa desain saya ๐Ÿ™‚

  5. says

    sya sngat stuju ama pndapat yg diatas tentang mngurangi biaya rokok utk di alokasikan utk sewa hosting…
    tpi caranya gmn ya…bagi tips nya dong…

  6. says

    Sepertinya saya harus punya blog yg menggunakan domain dan hosting berbayar selain data blog lebih aman seperti yg dijelaskan di atas juga bisa membuat kita lebih pdofesional
    makasih atas info di atas…

  7. says

    benar sekali ituโ€ฆ
    saya sangat setuju karena dengan domain dan hosting berbayar walaupun tentunya mengeluarkan uang tapi dengan itu akan didapatkan kepuasan2 dan keuntungan yang banyak karena kita memiliki hak akses penuh terhadap web kita sendiri dan terlihat profesional.

    Bagi yang mau buat website silahkan kunjungi web saya ya di http://www.okewebku.com menyediakan domain serta hosting dengan harga murah.

  8. says

    saking murahnya harga hosting+domain kadang saya mikir juga gimana kualitasnya ๐Ÿ˜€

    bayangkan dengan harga cuma 100rban udah dapet hosting+domainnya

  9. says

    Saya menggunakan layanan hosting gratisan dari google (blogger) dengan domain berbayar. Belum pernah ada masalah. hehehe. memang nggak customable seperti hosting berbayar.

  10. says

    saya baru saja pindah hosting karena ditolak oleh hosting lama (share hosting provider lokal) karena visitor sudah malampaui 1000 / hari disarankan menggunakan VPS (virtual dedicated server) bayarnya tentu saja sangat mahal bagi saya mengingat belum ada pemasukan dari website.
    akhirnya saya di beritau sorang teman ga usah pakai VPS kamu pindah aja ke salah satu hosting provider USA tetap pakek share hosting biaya lebih murah jauh dari pada VPS. dan alhamdulillah semua kembali lancar visitor naek terus tanpa harus takut di tendang agi, biaya pun murah setelah mengikuti saran teman saya tersebut.

    intinya jagan terjebak dengan hosting murah meriah kalau anda berniat untuk membangun website dengan visitor 1000+ setiap harinya.

  11. says

    Kata orang sih kalau mau dapat duit harus dengan mengeluarkan duit juga. Jadi lebih baik beli domain dan hosting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *