NewbieTips dan Trik

“Bisnis Travelling: Jalan-Jalan Gratis, Dapat Penghasilan”

Pernah terpikirkan bidang profesi freelancer baru sebagai seorang penulis traveller? Seorang traveller khususnya backpaker, kalian yang hobi jalan-jalan namun tetap menekan budget seminimal mungkin. Para backpacker ini biasanya menggunakan segala macam cara agar tetap bisa travelling meski dengan dana minimal. Khususnya bagi backpaker yang belum memiliki penghasilan sendiri, pelajar dan mahasiswa misalnya. Biasanya mereka akan nabung untuk bisa backpacker-an ke tempat A, menggunakan alternatif transportasi paling murah, memilih penginapan dengan tarif termurah, dan segala macam serba murah tapi tetap bikin happy 😀

Melihat Peluang dan Jadikan Sumber Penghasilan

Pernah gak kalian berpikir bahwa dari jalan-jalan ini kalian bisa mendapatkan penghasilan? Pernah gak kalian berpikir bahwa dari hobi ini bisa jadi profesi? Hobi yang jadi profesi ini bisa jadi salah satu peluang bidang freelancers baru.

Ketika kalian biasanya menggunakan agen travelling sebagai pemandu wisata, kenapa kalian gak mencoba untuk menjadi tourguide bagi rombongan kalian? Dengan kata lain, kalian membuat paket touring seperti yang dilakukan agen-agen travelling itu. Apalagi backpaker yang sudah mengunjungi suatu tempat wisata berulangkali dan hafal seluk beluk tempat tersebut, penginapan murah, tempat penjualan souvenir murah, spot-spot menarik, dsb. Ini akan mempermudah untuk dapat memulai bisnis ini.

Langkah Awal Memulai Bisnis

Beberapa langkah yang bisa menjadi langkah awal untuk memulai bisnis travelling:

  • Yakinkan bahwa diri Anda adalah seorang traveller addict, yang akan mencari tahu seluk-beluk suatu tempat wisata. Maksudnya, info penginapan murah, transportasi murah, spot-spot menarik untuk dikunjungi, dsb. Disarankan Anda pernah survei langsung ke tempat tersebut.
  • Buat paket-paket wisata dengan tarif murah, dan sebagai pemula ada baiknya Anda membuat inovasi baru agar bisnis Anda ini dikenal oleh konsumen dan tidak kalah saing dengan bisnis sejenis.
  • Promosikan bisnis Anda ini melalui komunitas-komunitas backpaker di jejaring sosial, atau Anda telah memiliki link traveller lainnya.
  • Bekerjalah secara jujur, profesional dan bertanggungjawab karena ini bukan lagi perjalanan Anda seorang diri, namun perjalanan Anda dan konsumen Anda.
  • Utamakan keselamatan bersama.

Tertarik untuk mencoba bisnis ini? Jalan-jalan gratis, dapat penghasilan pula 😉

Tags
Show More

Related Articles

9 Comments

  1. Tertarik untuk menjadi tour guide atau leader tour di kalangan teman2.
    Bagaimana cara mendapat masukan utk bisnis ini.bisa dapat infonya.?
    Terimakasih.

    Lucie

  2. Suka bgt ma artikelnya. Aku pernah beberapa kali bkin paket tour khusus bag packer, wkt tu ke jogja ma bandung.. Tpi wkt tu sistimx bkan dpet untung.. Tpi yg ptg bsa travelling gratis.. 😀

  3. Udah pernah Travelling ke Vietnam, Singapore, Malaysia dan itu backpaker gitu. Mw joint lah…gimana caranya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Close
Close