Bisnis Rumahan, Berawal dari Rumah Bisa Menghasilkan Ratusan Juta Rupiah

Saat ini tren berwirausaha menjadi topik yang sering diperbincangkan, baik di kehidupan nyata maupun di dunia maya. Wirausaha kembali dilirik dan makin berkembang karena banyak faktor, salah satunya karena desakan ekonomi yang mendorong seseorang untuk memiliki usaha sampingan selain pekerjaan utamanya. Selain itu terdapat juga faktor eksternal, seperti kemudahan akses, berubahnya penilaian masyarakat, dan adanya dukungan dari pemerintah.

Sudah sepantasnya pemerintah memberikan perhatian lebih untuk membina para wirausahawan, baik modal kecil maupun modal besar. Wirausahawan inilah yang bisa berperan sebagai motor pendorong perekonomian negara. Negara membutuhkan 4% dari seluruh jumlah penduduk dalam suatu negara yang bekerja pada bidang wirausaha agar perekonomian negara bisa maju.

Awalnya, kegiatan wirausaha ini hanya terbatas pada ruang offline, yakni memulai dan membina usaha secara real di kehidupan sehari-hari. Tetapi seiring dengan perkembangan internet, mulai muncul bisnis-binis baru yang lebih menjanjikan. Bisnis melalui internet, atau yang sering disebut sebagai bisnis online, dinilai lebih efektif dan efisien karena bisa menghemat biaya dan memiliki jangkauan pasar yang lebih luas.

Ketika memulai usaha, banyak dari pengusaha baru yang menganggap bahwa modal adalah penghambat. Mereka ragu untuk mengambil keputusan karena merasa tidak memiliki modal yang cukup. Ada beberapa calon pengusaha yang kemudian mengambil jalan pintas dengan meminjam sejumlah uang pada lembaga perkreditan. Sebuah langkah yang sangat membutuhkan perhitungan yang baik dan tepat. Pinjaman akan masuk pada fixed cost sedangkan untuk usaha baru masih dalam tahap prediksi pada awalnya, apakah akan menghasilkan laba atau harus menunggu beberapa waktu hingga kondisi stabil.

Saat ini telah banyak seminar, pelatihan, baik offline maupun online terkait dunia wirausaha. Banyak pengusaha sukses yang kemudian mendapatkan lahan pekerjaan baru sebagai mentor dan motivator. Dalam ilmu kewirausahaan, sebenarnya modal materi bukanlah satu-satunya faktor penting dalam menjalankan sebuah bisnis. Para pengusaha baru biasanya kurang memerhatikan dan menganggap remeh modal nonmateri seperti tekad, kerja keras, dan potensi diri sendiri. Usaha dengan modal kecil bisa dilakukan, misalnya dengan mengurangi beberapa pos pengeluaran tetap, saat awal memulai bisnis. Salah satunya biaya tempat. Untuk bisnis baru, Anda bisa menggunakan rumah sendiri sebagai tempat usaha. Biaya yang lain misalnya biaya promosi, Anda bisa memakai media yang gratis untuk promosi, seperti internet atau dari mulut ke mulut.

Bisnis yang dijalankan di rumah inilah yang kemudian dikenal dengan nama bisnis/usaha rumahan. Ada banyak bentuk usaha rumahan yang bisa dilakukan, baik dari level produsen, distributor, atau retailer biasa. Untuk memulai usaha rumahan ini seorang pengusaha baru harus mampu melihat potensi pasar yang ada di sekitar rumah. Target pasar yang lokasinya dekat dengan tempat usaha Anda menjadi modal awal bagi Anda untuk membangun merek dan memperluas jaringan.

Berikut ini adalah listing usaha rumahan yang bisa dilakukan bagi pengusaha yang ingin memulai bisnisnya walau dengan modal kecil:

  • Usaha Offline
  • Usaha kuliner

Bisnis kuliner merupakan satu dari tiga jenis usaha yang tidak akan pernah mati dan menjadi usaha potensial sepanjang manusia itu ada. Karena makanan adalah kebutuhan primer manusia selain pakaian dan tempat tinggal. Ada beberapa peluang usaha bidang kuliner yang bisa dilakukan di rumah:

Usaha Warung Makan

Bagi Anda yang memiliki keterampilan memasak, membuka usaha warung makan menjadi pilihan yang tepat. Membuka warung makan di rumah adalah jenis usaha rumahan yang tidak memerlukan prosedur yang rumit. Anda bisa menggunakan rumah bagian depan atau samping yang kemudian didesain sebagai warung makan. Ada tempat untuk menampilkan aneka jenis makanan dan meja kursi untuk makan bagi pengunjung. Faktor penting usaha ini terletak pada kemampuan dan keterampilan memasak. Makanan yang enak, bersih, dan harganya terjangkau memiliki peluang sukses lebih besar. Usaha ini pun akan memiliki omset yang lebih besar jika berada di kawasan kos-kosan atau perkantoran. Di area kos-kosan, kebanyakan penghuni kos malas untuk memasak sendiri dan lebih memilih makan di warung makan.

Usaha Kue dan Aneka Jajanan

Jenis usaha kuliner yang tak kalah populer adalah usaha jajanan atau camilan. Masyarakat kita kebanyakan gemar sekali ngemil di luar jam makan. Kebiasaan masyarakat ini bisa menjadi peluang usaha. Jenis jajanan yang dijual pun bisa bermacam-macam, mulai dari roti atau kue, keripik, maupun jajanan tradisional seperti cilok dan cireng. Salah satu bisnis rumahan di bidang jajanan yang cukup besar omsetnya adalah usaha jajanan atau kue untuk keperluan snack, bisa untuk sajian suatu acara atau sekadar bekal anak sekolah. Orang biasanya menyebutnya sebagai “jajanan pasar.” Salah satu contohnya adalah kue lapis, lemper, pastel, risol, dan lain sebagainya. Jenis usaha ini bisa dilakukan dengan membuat display di rumah atau dengan sistem menerima pesanan. Sistem preorder, yakni baru membuat saat ada pesanan, juga dapat meminimalkan risiko rugi. Caranya dengan menarik uang muka dari pemesan.

Usaha Minuman

Selain makanan, usaha di bidang kuliner juga meliputi usaha minuman. Ada bermacam jenis produk minuman yang bisa dijual, di antaranya:

Usaha Jus Buah

Usaha jus buah merupakan bisnis yang simpel namun memiliki peluang yang menjanjikan. Hampir semua masyarakat menyukai jus. Selain karena rasanya yang enak, jajan jus juga diyakini lebih sehat daripada jajan minuman yang lain. Buah-buahan sebagai bahan utama pembuatan jus, secara ilmiah telah terbukti banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Untuk memulai bisnis jus, peralatan yang harus disiapkan pun cukup sederhana. Dengan modal gerobak yang bisa Anda letakkan di depan rumah, blender, pisau, dan beberapa jenis buah-buahan, Anda sudah bisa mendapatkan keuntungan yang besar. Berawal dari usaha rumahan, jika berhasil, Anda bisa menambahkan jumlah gerobak jus dan mempekerjakan orang untuk menjaganya di beberapa lokasi yang berbeda.

Usaha Teh

Es teh, adalah minuman sangat sederhana yang disukai oleh banyak orang dan merupakan menu wajib di setiap rumah makan. Ternyata usaha teh ini tidak hanya bisa dilakukan oleh pemilik rumah makan, tapi juga pengusaha yang ingin mencoba memulai usaha. Tentunya, ada saja pembeli yang ingin membeli teh dalam kemasan yang masih segar, tanpa pengawet, dan harganya lebih murah dari teh kemasan yang biasa dijual di toko atau swalayan. Walaupun harga jualnya murah, namun Anda bisa mengambil keuntungan yang cukup besar dengan berjualan teh. Saat ini pun makin banyak inovasi sajian teh yang bisa dilakukan. Anda bisa mengkreasikan jenis produk, misalnya dengan teh susu, teh hijau, teh Thailand, teh tarik, teh rosella, dan sebagainya.

Usaha Minuman Kopi/ Beraroma Kopi

Selain teh, minuman kegemaran masyarakat Indonesia yang lain adalah kopi. Anda bisa memulai berjualan kopi dalam bentuk coffee shop atau sekadar membuka gerobak di depan rumah dan menjual es kopi yang bisa dimodifikasi dengan menggunakan cincau atau jelly bubble. Ada juga yang memadukan minuman kopi dengan es krim vanila yang disemprotkan di atas minuman. Modal untuk memulai usaha ini tidak begitu besar, sama halnya dengan usaha teh. Namun seperti juga semua jenis usaha kuliner, Anda harus jeli melihat peluang dan perubahan minat pasar yang terjadi, supaya Anda tetap bisa melakukan antisipasi risiko dan inovasi.

Usaha Gorengan

Gorengan adalah makanan khas Indonesia. Hampir sebagian besar masyarakat Indonesia menyukai jenis makanan ini. Membuka usaha gorengan juga tidak membutuhkan banyak modal. Namun, Anda tentu harus belajar bagaimana membuat gorengan yang renyah dan enak rasanya. Penjual gorengan rata-rata mulai menggelar dagangannya pada pagi hari, namun tidak ada salahnya Anda mencoba usaha ini di malam hari. Lengkapi dengan sambal dan pelengkap lainnya.

Usaha Laundry

Jenis usaha ini sangat cocok dilakukan di rumah. Apalagi jika lokasi rumah Anda dekat dengan kos-kosan dan rumah kontrakan. Banyak orang, baik yang belum berkeluarga maupun yang sudah, membutuhkan jasa laundry. Tidak hanya untuk mencuci dan menyetrika baju, namun juga untuk benda-benda seperti selimut, seprai, karpet, boneka, atau baju yang membutuhkan perlakuan khusus saat dicuci. Dari tahun ke tahun peluang usaha laundry ini masih menjanjikan. Untuk membuka usaha jasa laundry modal yang diperlukan pun bervariasi. Usaha laundry tidak membutuhkan tempat yang luas. Semakin variatif jasa laundry yang ditawarkan, semakin banyak pula peralatan yang dibutuhkan. Untuk itu, sesuaikan model usaha laundry Anda dengan modal yang ada dan target pasar yang dituju. Yang terpenting dari usaha jasa laundry adalah pada manajemen dan pelayanan konsumen.

 

Baca juga:

 

Usaha Bimbel (Bimbingan Belajar)

Usaha bimbingan belajar adalah jenis usaha rumahan yang potensial. Dari tahun ke tahun tuntutan belajar di tingkat sekolah semakin berat. Pergantian kurikulum, pergantian buku pelajaran dan metode ajar, serta keinginan orang tua agar anak memiliki prestasi yang bagus, menjadi alasan banyak dari orang tua murid mencari lembaga pendidikan di luar sekolah. Waktu belajar di sekolah yang terbatas dibandingkan dengan banyaknya materi yang diberikan, menyisakan banyak murid yang tidak paham dengan pelajaran. Orang tua sendiri bisa jadi tidak menguasai pelajaran, tidak bisa mengajar, atau tidak ada waktu untuk mengajari anak di rumah. Peluang ini kemudian menjadi pemicu munculnya banyak usaha bimbingan belajar. Jenis usaha ini akan terus memiliki prospek yang bagus selama Anda bisa mengatur sumber daya yang ada dan bisa menghasilkan output yang baik. Usaha bimbingan belajar biasanya akan mendapat kenaikan omset yang signifikan menjelang ujian nasional dan ujian masuk universitas. Bimbingan belajar juga tidak hanya terbatas pada pelajaran sekolah, namun juga bisa mengajarkan keahlian tertentu, seperti musik, komputer, bahasa, menjahit, dan masih banyak lagi. Usaha ini juga bisa dilakukan di rumah dengan modal yang tidak besar. Namun Anda harus bekerja keras mencari mentor yang mumpuni dalam mengajar.

Usaha Barber Shop

Bagi Anda yang mempunyai keahlian dalam menata rambut, dengan modal yang tidak besar Anda bisa memulai usaha pangkas rambut (barber shop). Anda bisa menggunakan bagian rumah Anda sebagai tempat, sehingga tidak perlu lagi mengeluarkan dana untuk sewa tempat. Peralatan cukur juga hanya sekitar 1 jutaan. Pengeluaran lainnya, Anda bisa melengkapi toko Anda dengan AC yang bisa dijadikan nilai jual lebih.

Usaha Jasa Penitipan Anak/ Daycare

Bisnis daycare adalah bisnis yang sangat potensial pada masa sekarang. Terutama jika lokasinya dekat dengan area perkantoran dan kampus. Kesibukan kerja kadang menjadi pilihan yang tidak bisa dihindari. Di sisi lain, saat ini tidak mudah mencari pengasuh yang bisa dipercaya. Untuk itu, beberapa ibu yang bekerja memilih menitipkan anak di daycare. Selain anak bisa mendapatkan perawatan yang baik, mereka juga akan mendapat pendidikan anak usia dini. Tarif menitipkan anak di daycare sebenarnya jika dihitung-hitung memang lebih mahal dibandingkan membayar jasa pengasuh. Namun bagi beberapa ibu, hal itu tidak menjadi masalah, karena mereka berharap anaknya ditangani oleh orang yang ahli dan berpengalaman dalam hal tumbuh kembang anak. Untuk memulai bisnis ini, hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah sumber daya manusia yang memadai. Jika Anda memiliki personel yang memang ahli di bidang ini, tentu itu akan menjadi nilai tambah untuk usaha Anda. Berikutnya adalah sarana prasarana untuk tempat bermain, belajar, serta beristirahat anak-anak. Anda bisa membuka usaha ini di rumah dengan memanfaatkan beberapa bagian rumah Anda yang didesain ulang.

Masih banyak usaha rumahan lain yang bisa dilakukan, seperti usaha katering, rental komputer dan fotocopy, jasa ekspedisi pengiriman, usaha percetakan dan penerbitan, dan sebagainya.

Usaha Online

Ada banyak jenis usaha online yang bisa dilakukan di rumah dan waktunya bisa fleksibel. Usaha offline pun bisa dipadukan dengan promosi melalui media online, supaya hasilnya lebih maksimal. Beberapa contoh usaha online yang bisa dilakukan di rumah antara lain:

Usaha Publisher AdSense

Bagi Anda yang memiliki hobi menulis dan memiliki website/blog yang terus diupdate dan telah memiliki jumlah pengunjung yang banyak, Anda bisa bergabung menjadi publisher AdSense. Cara kerjanya adalah: Google akan memasang space iklan di blog/website Anda dan Anda akan mendapat uang dari situ. Pendapatan Anda dihitung dari setiap klik iklan yang tampil di web/blog Anda. Cara kerja yang sederhana namun tidak semudah yang dibayangkan. Yang harus Anda lakukan adalah mendapatkan traffic setinggi-tingginya untuk website/blog Anda. Untuk itu, Anda perlu memaksimalkan unsur SEO (search engine optimization) setiap Anda akan mengunggah artikel atau konten baru ke web/blog Anda. Usaha ini butuh komitmen. Anda harus rajin dan konsisten menulis dan terus memperbarui web/blog. Jika Anda berhasil, maka mendapatkan income sampai ratusan juta per bulan bukanlah hal yang tidak mungkin.

Usaha Toko Online (Online Shop)

Saat ini toko online sangat menjamur. Mulai dari perusahaan perorangan hingga perusahaan besar, telah merambah ke dunia online. Bisnis online menawarkan modal yang sangat minim dan akses yang seluas-luasnya. Walaupun tidak membutuhkan banyak modal materi, tapi dalam bisnis online, Anda bisa memiliki peluang mendapatkan penghasilan sebagai marketer perusahaan milik orang lain atau berjualan dengan sistem dropship.

Usaha Affiliasi

Usaha ini banyak dilakukan oleh internet marketer. Internet marketer menjual produk orang lain melalui internet, dan dia akan mendapat komisi atas produk yang terjual melalui internet marketer. Untuk memulai bisnis ini Anda tidak memerlukan modal materi, hanya berupa ilmu dan tools yang digunakan untuk menunjang kegiatan marketing.

Usaha Jasa Penulisan Artikel

Usaha ini muncul sebagai respons dari maraknya orang yeng berusaha di bidang AdSense. Untuk meningkatkan traffic, pengusaha AdSense membutuhkan banyak artikel untuk diunggah di web/blognya. Usaha penulisan artikel merupakan bisnis yang memiliki prospek yang baik. Klien yang didapat tidak hanya dari dalam negeri, namun bisa juga dari luar negeri. Untuk itu, pengusaha jasa penulisan artikel perlu menyiapkan sumber daya manusia yang bisa membuat tulisan yang baik sesuai kaidah bahasa dan SEO baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa asing lainnya.

Jasa Pembuatan Website

Perkembangan internet yang kian pesat membuat banyak perusahaan mulai membuat website sebagai penunjang bisnis. Namun banyak orang yang tidak bisa membuat website secara profesional, baik dari segi desain maupun pemogramannya. Untuk itu, perusahaan besar sering kali mencari orang untuk membuatkan website bagi perusahaan mereka. Hal ini bisa menjadi peluang bagi Anda yang memiliki keahlian dalam pembuatan web. Anda bisa memasarkan usaha melalui internet atau mengikuti tender di perusahaan-perusahaan besar. Jenis usaha ini juga bisa dilakukan di rumah dengan waktu yang fleksibel.

Demikian listing usaha rumahan yang bisa menginspirasi. Keduabelas usaha rumahan ini tidak membutuhkan modal yang besar, namun memiliki prospek untuk mendapatkan omset dan keuntungan yang menjanjikan. Menekuni suatu bisnis tidak hanya soal keinginan, namun juga membutuhkan usaha, kerja keras, perhitungan, dan ilmu yang matang.

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Comments

  1. kholis says

    kalo saya pribadi lebih memilih bisnis online dibanding adsense/affliate, mungkin passionnya disini kali ya? hehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *