Berani Blogging itu Baik

Dari judul tulisan ini, terlihat seperti tagline merk detergen terkenal, tapi blogging itu memang baik adanya, terutama nih untuk kalian para remaja. Selain mengisi waktu luang dengan hal yang positif, blogging ternyata tidak wasting time. Tidak hanya memberi ‘sesuatu’ kepada orang lain, tapi kita sebagai blogger pun bisa mendapatkan  feedback.

 

apa yang bisa didapat dari sebuah blog?

anything.

 


Mengapa blogging itu baik?

Ini dia jawabannya..

 

Blog tempat siap pakai.

Sekarang ini, sudah banyak situs-situs pembuatan blog gratis, semisal tumblr, blogspot, wordpress, dll. Tantangan terbesar dalam blog itu bagaimana cara menyajikannya, agar menarik dan mudah dibaca. Pastinya appeareance (themes) yang digunakan pun berpengaruh. Dengan adanya situs-situs tadi, kita tidak perlu lagi berkutat dengan kode html yang super ribet, cukup dengan klik tema yang diinginkan.

 

Ada penonton setia, terkenal.

Tidak perlu takut jika membuat tulisan tidak akan dibaca orang lain. Mirip media sosial lain, blog juga punya sistem follow atau add. Jadi, tinggal tambah url atau username blog teman, lalu saling follow atau add. Dijamin tulisan kalian dibaca atau paling tidak dilihat karena akan muncul di dashboard atau semacam home.  *posting tulisan yang bagus, jangan kaget mendadak terkenal 😛

 

Jadikan blog sebuah passion. 

Untuk kalian yang sering merasa salah jurusan masuk kuliah, bosan dengan pelajaran di sekolah yang terlalu teoritis atau kalian sebenarnya bangga dengan gelar yang didapat, tapi suatu saat menemukan titik jenuhnya, ‘the law of diminishing return’ *begitu kata mahasiswa ekonomi.  Nah, blog bisa jadi sarana buat ‘menumpahkan’ curahan passion sebenarnya. Posting tentang pengalaman  akan sangat bermanfaat untuk orang lain. *Kalau bahasa gaulnya, tips and trik gitu. Bisa jadi pahala karena jadi inspirasi dan motivasi orang lain kan 😀

 

Blog itu ngga basi. 

Hanya menulis di kertas pasti lama-kelamaan akan rusak atau hilang. Berbeda dengan blog, walaupun sudah beribu tulisan yang di-posting, akan tetap ada. Bahkan, cobalah googling blog yang pernah dibuat setahun lalu, pasti masih ada. *lumayan untuk menghibur diri melihat tulisan jaman  dulu, hehehe 😛

 

Blogging membantu belajar. 

Untuk para peneliti nih, blog juga bisa dijadikan sarana untuk melakukan riset. Tinggal ‘lempar’ pertanyaan melalui fitur ask me anything, para followers atau teman se-blog akan menjawab pertanyaan Anda.

 

Blogging bisa menghasilkan pendapatan.

Sudah melakukan kegiatan yang bermanfaat ditambah dapat menghasilkan uang, kenapa tidak? Menjadi seorang freelancer contohnya, wajib menguasai ilmu tersebut. Mengapa? Korelasinya terdapat pada media bagaimana seorang freelancer menemukan klien, ya blog salah satunya.(mengutip salah satu tulisan Fikri Rasyid (2009): Freelancer, Nge-blog Lah!)

Sekian, semoga semakin bisa memanfaatkan waktu luang 😀

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *