Belajar Freelance Writing dengan Seni Berperang Sun Tzu #2

Belajar Freelance Writing dengan Seni Berperang Sun Tzu

Setelah sebelumnya memaparkan empat strategi perang dari Jenderal Sun Tzu yang bisa diaplikasikan dalam freelance writing, kini saya akan memaparkan tiga lainnya.

Orang bijak berkata, kenali musuh dan kenali dirimu sendiri, maka kemenangan tidak akan pernah dalam bahaya; ketahui cuaca dan pahami medan, maka kemenanganmu akan sempurna.

Dalam menulis, apa saja spesialisasi Anda? Menulis artikel untuk majalah dan draft periklanan? Cerita pendek dan proofreading? Pengetahuan akan kemampuan diri sendiri sangatlah penting, agar kita bisa melihat apakah kita sudah berkembang dan apakah masih ada ruang yang bisa kita kembangkan. Apa pun spesialisasi Anda, teruslah meningkatkan kemampuan, baik dengan melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi, atau kursus, atau belajar secara otodidak. Pengetahuan akan trend pasar juga penting. Coba cari tahu dan pelajari hasil riset dan survey beberapa lembaga mengenai trend bidang-bidang yang akan berpengaruh di tahun ini. Bidang-bidang tersebut bisa Anda jadikan ide menulis. Cari tahu dan pelajari juga jenis proyek menulis seperti apa yang paling banyak dibutuhkan, misalnya dari beberapa online job board yang ada. Bila jenis yang dibutuhkan bukan dalam spesialisasi Anda, hal tersebut setidaknya dapat memotivasi Anda untuk mempelajari keahlian baru. Intinya, teruslah mengembangkan diri.

Orang yang lebih dahulu menguasai medan perang dan menunggu musuhnya, dalam posisi lebih menguntungkan; orang yang tiba belakangan dan masuk dalam pertempuran dengan tergesa-gesa, biasanya masih letih. Oleh karena itu, orang yang terampil dalam perang membawa musuh ke medan perang dan bukannya dibawa ke sana oleh musuhnya.

Strategi di atas berkaitan dengan inisiatif. Carilah klien tanpa henti dan tanpa bosan. Teruslah mengirimkan proposal artikel (query) ke majalah-majalah, baik online maupun cetak, juga tanpa bosan. Bila Anda tertarik untuk menulis di sebuah portal online, tetapi tidak tahu apakah portal tersebut membutuhkan seorang penulis, kenapa tidak mencoba bertanya? Teruslah berinisiatif ‘mengejar bola’, bukan menunggu.

Untuk dapat memperoleh harta milik musuh, anak buah kita harus dianugerahi dengan hadiah perang.

Buat diri Anda merasa dihargai dengan reward dari diri sendiri, meski hanya secara sederhana. Rayakanlah setiap tahap progress yang berhasil Anda selesaikan. Dan terlebih, rayakanlah setiap keberhasilan yang Anda capai. Misalnya, Anda mendapat ide ‘gila’ untuk sebuah artikel, kemudian Anda memberanikan diri untuk mengirim query dengan ide tersebut ke suatu majalah online. Ide dan keberanian Anda layak Anda rayakan, meski hanya dengan secangkir teh hangat dan dua keping biskuit cokelat 😉 Semoga setiap reward semakin memotivasi Anda untuk
terus melangkah.

Strategi mana yang sudah Anda terapkan? Atau mungkin Anda memiliki strategi lain dalam freelancing/freelance writing?

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *