Benarkah Bekerja Sebagai Penulis Freelance Bisa Menghasilkan Uang yang Banyak?

Sebuah pertanyaan retorik yang sering diajukan oleh penulis atau calon penulis freelance. Benarkan dengan pekerjaan ini kita bisa menghasilkan banyak uang? Atau paling tidak bisa mencukupi beberapa kebutuhan dan bisa menabung? Jawabannya adalah bisa. Menjadi penulis freelance bisa membuat kita menghasilkan banyak uang. Namun beberapa hal ini harus diperhatikan jika Anda ingin sukses dalam karier ini. Berikut lima hal yang wajib Anda perhatikan:

Komitmen yang Kuat Saat Menulis

Komitmen yang Kuat Saat Menulis

Komitmen yang Kuat Saat Menulis / Ruang Freelance / www.jacmus.com

Menulis bukanlah pekerjaan yang mudah. Bisa dibilang sulit untuk beberapa bidang tertentu. Itulah mengapa tidak banyak orang mengambil pekerjaan ini sebagai main job. Alasan yang mendasarinya adalah pekerjaan ini dianggap tidak memiliki prospek yang bagus. Berbeda dengan kerja kantor yang bayarannya sudah jelas.
Itulah mengapa kita dituntut memiliki sesuatu yang namanya komitmen. Dengan hal ini kita akan mampu bertahan dan mencari sela-sela kesempatan. Jika komitmen ini tidak kunjung ada, maka Anda hanya akan membuang-buang waktu untuk menulis. Pekerjaan ini memang bisa dikerjakan kapan saja, tapi terkadang juga menyita banyak waktu.

Mencari Kesempatan Kerja yang Bagus

Mencari Kesempatan Kerja yang Bagus

Mencari Kesempatan Kerja yang Bagus / Ruang Freelance / www.news.psu.edu

Ada ragam pekerjaan yang bisa Anda temukan jika mulai terjun sebagai penulis freelance. Biasanya pemberi pekerjaan akan menawarkan harga dan Anda diminta melakukan bid. Tawarlah jika memang harganya sesuai. Maksudnya, dengan waktu yang Anda habiskan, uang yang nantinya dibayarkan akan setimpal.
Jika Anda memiliki relasi yang baik. Pekerjaan seperti branding perusahaan atau proyek dari kementrian atau pembuatan proposal biasanya lebih membantu. Coba cari-cari dengan baik dan jangan asal menerima pekerjaan yang bayaran sedikit tapi pekerjaannya banyak. Anda akan cepat bosan dan mulai kehilangan komitmen untuk menulis.

Mencari Partner Kerja yang Baik

Mencari Partner Kerja yang Baik

Mencari Partner Kerja yang Baik / Ruang Freelance / www.fujitsu.com

Konsep menjadi penulis freelance adalah bekerja tanpa terikat kontrak. Asal ada pekerjaan. Artinya, kita bisa bekerja pada siapa pun kliennya. Namun terkadang, bekerja sendirian akan membuat Anda sedikit kesusahan, bisa dari susah mencari klien, hingga kadang susah karena pekerjaan justru terlalu banyak. Padahal Anda punya pekerjaan utama yang juga penting.

Untuk itu kita bisa mencari partner, bisa perorangan atau kelompok tertentu. Biasanya mereka akan mencarikan pekerjaan dan kita cukup mengambil pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan. Dengan metode ini, kita akan menghemat waktu untuk mencari pekerjaan. Cukup menunggu pekerjaan, menyelesaikan pekerjaan, dan menerima bayaran yang sesuai.

Membuat Target Penghasilan yang Jelas

Membuat Target Penghasilan yang Jelas

Membuat Target Penghasilan yang Jelas / Ruang Freelance / www.mominternet.com

Meski bukan pekerjaan utama, namun kita bisa membuat target yang jelas. Misalnya bulan ini harus mendapatkan Rp500.000,00 dari menulis. Dengan begitu kita akan semangat melakukan pekerjaan dan juga mencari cara agar targetnya berhasil. Kebanyakan penulis freelance hanya pasrah saja dengan apa yang dikerjakan. Mengenai target, mereka tidak ambil pusing, toh masih punya pekerjaan utama.

Jika Anda melakukan ini, artinya Anda tidak memiliki komitmen yang baik. Meski tidak terikat kontrak, tapi kita tetap harus profesional dalam melakukannya. Tetap berpikir dan mengerjakan sebaik-baiknya. Target yang jelas akan membuat kita terus berkembang dan meningkatkan mutu.

Sisihkan Waktu dengan Baik

Sisihkan Waktu dengan Baik

Sisihkan Waktu dengan Baik / Ruang Freelance / www.hongkiat.com

Meski cuma freelancer, tapi kita tetap harus menyisihkan waktu dengan baik. Misalnya sebelum berangkat kerja, Anda menyisihkan waktu satu jam, atau di waktu istirahat dan di waktu sepulang kerja. Jika sehari Anda bekerja sebagai penulis freelance membutuhkan waktu 3 jam. Maka jangan sekali-kali menguranginya. Anggap 3 jam itu waktu yang terikat. Dengan begitu, kita akan memiliki kedisiplinan  yang tinggi.
Setelah melakukan lima hal di atas, Anda akan dengan mudah mendapatkan pekerjaan sebagai penulis freelancer. Mendapatkan uang yang banyak di tengah kesibukan yang mengikat. Kuncinya hanya berusaha untuk terus memiliki komitmen, no excuse!

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *