Beginilah Cara Freelance Writer Nge-tweet

Twitter adalah media sosial yang cocok untuk freelance writer. Linimasa Twitter bukan untuk diisi dengan keluh kesah yang tidak penting. Kita bisa belajar tentang apa pun dengan para pakar di Twitter, dan media sosial ini adalah etalase terbaik bagi karya kita. Inilah cara freelance writer nge-tweet:

Beginilah Cara Freelance Writer Nge-tweet

Beginilah Cara Freelance Writer Nge-tweet / Shutterstock

1. Bacalah berbagai koran, buku, majalah. Garisi dan catat dalam ponsel, informasi yang Anda butuhkan dan mungkin dibutuhkan oleh orang lain. Misalnya: info lowongan kerja, info tips dan trik, info seminar, kutipan, dan lainnya. Kemudian tulis pada linimasa Twitter Anda.

2. Publish, tak hanya cerita tentang Anda dan isu-isu terkini.  Coba juga mempublikasikan sesuatu yang berhubungan dengan pekerjaan Anda, posting artikel di blog, ide-ide cemerlang Anda, dan lain-lain.

3. Retweet, jangan sungkan me-retweet isi tweet orang lain jika memang menarik. Ini akan membuat orang tersebut merasa dihargai dan akan melakukan hal yang sama pada Anda. Jadi tweet Anda dirindukan orang banyak.

4. #FollowFriday, adalah rekomendasi sebuah akun Twitter yang penuh inspirasi dan biasanya dilakukan pada hari Jumat, seperti hashtag yang sudah lazim sejak permulaan rekomendasi ini tampil untuk khalayak.

5. Live Tweet, dalam sebuah acara seminar atau pelatihan yang Anda ikuti, sebaiknya lakukan live tweet dengan hashtag yang menunjukkan acara seru tersebut.

6. Menggunakan list dengan cerdas. Pada Twiter ada fitur list yang membuat pengguna lebih mudah melihat tweet pengguna lain. Untuk itu manfaatkanlah fitur ini dengan cerdas. Anda tak harus menaruh banyak akun. Setidaknya Anda bisa menaruh akun surat kabar, penerbit, serta memunguti kata-kata yang bisa merangsang ide-ide kreatif di sana.

7. Intergrasikan dengan media lain, seperti blog, Pinterest, Instagram, Facebook, LinkedIn, dan / atau Path. Manfaatkan dengan maksimal. Sekali Tweet, suara Anda minimal menyebar ke 2.000 pengguna media sosial di dunia maya.

8. Riset kilat. Media sosial Twitter adalah dimensi waktu “now”. Karena itulah Anda dapat melakukan riset kecil-kecilan lewat informasi yang disampaikan para sahabat Anda di dunia maya.

9. Bercakap-cakaplah dengan para follower Anda, percakapan dengan follower akan membuka pikiran dan membuat kepala Anda hamil ide.

10. Promosikan karya terbaik Anda dan jadikan Twitter sebagai etalase karya Anda.

11. Menjawab pertanyaan akan membuat otak Anda aktif bekerja dan memperbesar saling pengertian di antara teman-teman Anda di dunia maya.

12. Bangunlah image yang positif dengan menuliskan tweet yang bermanfaat bagi diri Anda dan orang lain.

13. Follow minimal sepuluh teman baru setiap harinya, untuk memperluas jaringan pertemanan Anda.

14. Bagikan ilmu dan passion Anda, jangan berkicau di media sosial sekadar ikut tren sesaat.

15. Bergabunglah dengan komunitas menulis, klub buku, komunitas perpustakaan, dan lain-lain.

Jika Anda punya pendapat yang unik dan berbeda, silahkan tambahkan di kolom komentar.

Sumber :

1. Majalah Marketing Edisi 10 Bulan Oktober 2013.

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Comments

  1. says

    selama ini sering berkutat di twitterland memegang akun official, ternyata setelah baca ini jadi merasa selama ini masih belum apa-apa.. makasih buat tulisan bagusnya..

  2. says

    merasa tercerahkan karena dapat informasi yang bagus dan bermanfaat, siap dicatat dan dilaksanakan. terima kasih sudah berbagi 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *