Beberapa Tips Untuk Mengisi Blog Secara Kontinyu

Salah satu tips yang pernah saya sebutkan dalam artikel self promotion di internet adalah menulis blog atau catatan tentang pemikiran Anda pada satu tempat, dan ditulis secara kontinyu atau berkesinambungan, saya menyarankan untuk minimal menulis satu posting dalam satu minggu.

Namun, menjadi produktif untuk menulis adalah persoalan tersendiri, apalagi menulis secara kontinyu dan terus menerus. Tetapi tidak ada didunia ini yang mustahil, demikian juga dengan menulis blog. Berikut beberapa tips untuk membuat blog Anda tetap terisi tidak hanya sewaktu-waktu namun secara kontinyu.

Peka: Buka Mata, Hati dan Telinga

Ok, ini memang terdengar sepeti judul album dari Maliq & D’Essentials, namun ini merupakan tips yang paling jitu untuk mereka yang ingin tetap bisa menulis secara kontinyu di blog.

Tidak masalah tentang konten apa yang Anda tulis di blog Anda dan tidak juga masalah apa pekerjaan freelance yang Anda kerjakan, kepekaan membuat Anda bisa melihat berbagai hal mungkin tidak dilihat orang lain, dan ini adalah sesuatu yang baik untuk bahan tulisan Anda.

Banyak Membaca

Seorang penulis pernah berkata, bahwa penulis yang baik adalah juga pembaca yang baik, menulis dan membaca adalah dua sisi koin yang tidak bisa dipisahkan. Membaca juga bisa menambah sumber konten yang bisa Anda tulis.

Banyak inspirasi yang bisa Anda tulis ulang atau tambahkan informasi lain maka Anda telah memiliki karya tulis, yang jika Anda posting di blog Anda mungkin saja akan menjadi bahan tulisan orang lain, maka tidak hanya blog Anda yang terisi secara kontinyu tetapi branding nama Anda juga bisa mendapatkan porsinya sendiri.

Tulis Apapun yang Menarik Bagi Anda

Hobi yang menjadi pekerjaan sering kali berhasil bagi para wirausaha adalah karena mereka menyenangi pekerjaan yang juga menjadi hobi mereka itu, demikian juga dengan menulis, jika Anda menmukan topik yang menarik bagi Anda maka tulislah.

Jika Anda menonton sebuah film, membaca artikel, membaca majalah, membaca gudang informasi RSS Anda dan merasa tertarik dengan sebuah gagasan atau tema, maka tulislah tentang hal itu, kumpulkan informasi tambahan dan posting di blog Anda.

Tidak ada yang paling menyenangkan dari menulis apa yang benar-benar membuat Anda tertarik.

Jangan Takut

Pembaca blog Anda banyak? Atau follower akun Twitter Anda banyak dan sering kali membuat Anda ragu untuk mem-posting atau menulis suatu hal?

Saran saya, jangan! Bahkan kalau ketakutan itu sudah cukup mengganggu maka saya sarankan untuk tetap menulis dan mem-posting tulisan itu, tentu dengan pertimbangan yang matang serta proses edit yang matang pula.

Anda tidak akan pernah mengetahui apa pendapat orang sampai lain tulisan itu dimuat, yang terpenting adalah tulisan Anda tidak menyinggung orang lain atau pihak tertentu. Jika tulisan Anda dibilang jelek oleh satu atau dua, bahkan banyak komentar yang ada di kolom komentar blog Anda, jangan takut, saya yakin bahwa diantara banyak pembaca blog Anda, ada beberapa yang menyukai tulisan Anda dan menunggu Anda untuk menulis lagi.

Ambil Resiko

Nah, proses selanjutnya dari keberanian menulis adalah mengambil resiko, ini terutama untuk tulisan blog yang berisi informasi yang tidak bisa salah, misalkan tanggal atau tulisan yang membuat pemikiran Anda bertentangan dengan pemikiran orang lain.

Seperti yang saya katakan sebelumnya, jangan takut, ambil resiko dan hadapi. Ketika Anda menulis dengan serius, membaca berbagai informasi, melngkapi dengan data yang valid dengan sumber yang benar, melakukan proses editing yang baik juga, maka Anda akan dengan sendirinya tahu bagaimana caranya membela pandangan Anda yang ada dalam tulisan blog Anda.

Jika pembaca blog Anda adalah orang dengan pemikiran terbuka, maka mereka pasti menerima tulisan Anda dan mengganggapnya sebagai informasi baru untuk membuka ruang perdebatan, alih-alih sebuah serangan untuk dibalas.

Jangan Tunda

Seperti biasa saya menempatkan yang hal yang paling penting di akhir tulisan. Yang terpenting dari menulis blog secara kontinyu adalah jangan menunda.

Setiap kali ide datang, buat catatan, buat corat-coret atau langsung tuliskan, jangan pernah menunda-nunda dan berharap ide itu akan kembali, terkadang ide pergi begitu saja dan ketika Anda mencoba mengingatnya mereka tidak akan pernah kembali ada diri Anda.

Ketika Anda membaca hal yang menarik maka catatlah, Anda menonton film yang sangat menarik dan membuat Anda ingin menulis review, maka segeralah menuliskannya, atau jika Anda secara tidak sengaja melihat desain web yang sangat Anda sukai dan membuat Anda ingin menulis atau membahas desain web tersebut, maka langsung buat catatan point yang akan Anda tulis, lalu rangkai kata dan post tulisan itu di blog Anda.

Menunda terkadang menyenangkan, karena Anda akan terbebas dari ‘kewajiban’ untuk mengisi blog Anda, namun ini penyakit akut yang tanpa Anda sadari akan membuat blog Anda tidak akan terisi secara kontinyu.
Masih banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga agar blog yang Anda kelola bisa terisi oleh konten yang menarik dan berjalan secara kontinyu, namun beberapa tips diatas sudah mencakup beberapa cara dasar untuk membuat blog Anda terisi secara terus menerus, semoga bermanfaat.

Anda punya tips atau ide lain, kolom komentar menanti pendapat dari Anda.

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Comments

  1. says

    Saya setuju, bagi saya yg penting banyak membaca, karena dari membaca biasanya inspirasi menulis suka datang tiba-tiba..

  2. says

    Betul mas, menjadi seorang penulis yang konsisten dan kontinyu menulis memang butuh proses yang tidak mudah. Tips yang mas berikan sangat bermanfaat

  3. says

    Yang sulit buat saya, ide kadang muncul di saat yang sangat tidak memungkinkan, misalnya saat sibuk dengan pekerjaan di rumah. Biasanya sy mencatat ide tulisan di draft sms di hp. Biarpun kadang saat mau mengembangkannya di draft blog suka stuck juga 😀

  4. says

    Banyak Membaca… Banyak ide
    Itu yang saya Rasakan. Selanjutnya tentang komitmen. Karena komitmen dalam menulis itu ibarat Bensin. Tanpa komitmen tidak akan bisa berjalan… Komitmen bahwa “Mulai hari ini saya akan menulis blog setiap hari”

    😉
    Artikel yg bermanfaat

  5. says

    Masih banyak yang lebih penting, dari sekedar kata cintaa… Hahaha… Iya nih butuh lebih membuka mata hati dan telinga, belakangan ini mulai kurang inspirasi dalam membuat artikel blog. Tapi saya mau menambahkan bahwa selain mata, hati, telinga.. Waktu juga penting, perlu bagi kita meluangkan waktu untuk mengetik dan mengarang…

  6. says

    “Menunda”, penyakit yang sering kali bgt menyerang diriku. 🙁 sampai saat ini, sy belum juga bisa mengendalikan penyakit yg satu ini.

  7. Lenny says

    Hell yeahh!!
    Inspiratif banget…
    Aku juga kadang suka menunda pekerjaan. Tapi belakangan ini sudah lebih aktif dari sebelumnya. Apalagi setelah membaca tips ini, yang menjadikan motivator baru untukku lebih rajin menulis.
    Thank you. 😀

Trackbacks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *