Beberapa Alasan Untuk Membuat Akun di LinkedIn Bagi Freelancer

Linkedin

Sudah banyak alasan untuk membuat akun di jejaring sosial, bukan hanya karena unsur pertemanan tetapi juga yang mendukung produktivitas.

Jejaring sosial jika dimanfaatkan dengan baik akan menambah relasi dan bisa juga mendukung produktivitas, tergantung dari pengguna sendiri. Jejaring sosial, dalam berbagai bentuknya, bagi para freelancer juga bisa digunakan untuk mendukung ‘karir’ mereka dan mengembangkan keahlian.

Salah satu jejaring sosial yang bisa digunakan oleh freelancer adalah LinkedIn. Meski sebenarnya LinkedIn ditujukan untuk para profesional yang bekerja atau memiliki karir di ‘dunia kantoran’ namun ada beberapa hal yang bisa juga dimanfaatkan oleh freelancer.

Berikut beberapa hal bisa dipertimbangkan bagi para freelance untuk memiliki akun di LinkedIn:

Peluang Klien

Bagi freelancer yang menyasar pangsa pasar para korporat, membuat akun di LinkedIn bisa menjadi sarana promosi, meski belum terlalu popular, namun kalau dilihat dari perkembangan akun perusahaan yang ada di LinkedIn, mereka sudah mulai menggunakan jejaring sosial ini untuk memberikan berbagai informasi tentang perusahaan mereka, termasuk yang berhubungan dengan karir atau melakukan ‘hunting’ karyawan, bahkan jika tidak menggunakan head hunter, jejaring sosial LinkedIn juga bisa digunakan untuk berburu karyawan terbaik.

Tidak hanya mencari karyawan, perusahaan juga bisa saja melihat profil pengguna tertentu di LinkedIn dan tertarik melihat portofolio mereka, karena LinkedIn memungkinkan pengguna untuk menambahkan beberapa keterangan untuk menambah portofolio, disinilah peluang mendapatkan klien bisa terbuka.

anggi krisna linkedin

Peluang Karir

Saya sering mengistilahkan karir pada dunia freelancer, tentunya dengan alasan tertentu. Freelancer harus juga dipandang sebagai sebuah pekerjaan profesional, jadi tingkatan karir juga harus diperhitungkan, nah dengan menggunakan jejaring sosial LinkedIn, ketika protofolio pekerjaan bertambah dan di update di akun LinkedIn, calon klien bisa melihatnya sebagai alternatif dalam mengerjakan proyek yang akan dialihkan ke freelancer atau yang tidak dikerjakan oleh pekerja internal.

Semakin banyak portofolio dan semakin bertambah keterangan di akun LinkedIn tentunya akan menambah kredibilitas dari freelancer tersebut.

Pengembangan Studio

Bagi freelancer yang menggunakan nama studio alih-alih nama pribadi, LinkedIn juga bisa digunakan sebagai saran mempromosikan studio mereka, Anda bisa membuat akun atas nama studio yang Anda dirikan dan menambahkan berbagai update termasuk pekerjaan yang telah diselesaikan, penambahan karyawan jika ada serta relasi klien yang telah dimiliki.

Nama studio dibuat layaknya seperti nama perusahaan, jadi keterangan tentang berbagai aktivitas studio (perusahaan) bisa juga dicantumkan di akun tersebut.

Promosi Diri

Tidak lain dan tidak bukan, salah satu fasilitas dari jejaring sosial adalah promosi diri, namun di LinkedIn harus diingat promosi yang dilakukan adalah yang berhubungan dengan pekerjaan atau berbagai informasi yang terkait dengannya, baik itu portofolio, atau keterangan berupa teks untuk menambahkan kredibilitas dan kadar profesionalitas Anda.

Seperti yang saya jelaskan diatas, LinkedIn memang ditujukan untuk para kalangan profesional, terdapat pula berbagai akun perusahaan resmi yang menaruh berbagai informasi yang berkaitan dengan perkembangan perusahaan, termasuk promosi. Google, Starbucks, Phillips, Facebook dan masih banyak perusahaan lain, beberapa perusahaan lokal juga membuat akun di LinkedIn.

Kegunaan yang bisa didapatkan juga bisa jadi akan lebih bermanfaat bagi para freelancer yang menjalankan ‘karir’ mereka menuju tingkat profesional atau mereka yang mengambil segmentasi klien korporat. Di LinkedIn juga terdapat berbagai fasilitas yang bisa dimanfaatkan demi mendukung promosi serta ajang kelengkapan informasi bagi pengguna mereka, apa saja? Semoga saya bisa membahasnya pada tulisan yang lain.

Untuk sementara, mari kita diskusikan manfaat LinkedIn bagi para freelancer, apakah Anda punya pendapat dengan beberapa manfaat yang dicantumkan di atas? Atau Anda punya pendapat lain, kolom komentar bisa kita gunakan untuk bertukar ide.

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Comments

  1. says

    Akun linkedln belum saya apa2kan mas, memang karena portofolio saya belum begitu banyak. Segi kejujuran juga harus diperhatikan disitu..
    Makasih banget infonya mas…

    • says

      betul, sebenarnya semua jejaring sosial itu harus jujur, kalau memang tujuannya untuk mendapatkan relasi 😀

      sedikit portofolio juga tidak apa-apa, malah jangan-jangan nanti portofolio bertambah gara-gara akun LinkedIn kan lebih asik 😀

  2. says

    saya menggunakan linkedin baru tau klo ini di khususkan untuk karyawan, tapi saya gunakan untuk berteman dan promosi diri 🙂

    lumayan, namun setelah baca ini jadi makin paham tujuan di pakainya linkedin ini , sharingnya mangtabz

    • says

      IMHO berpromosi itu gak apa-apa kok, yang penting jujur, tau tata karamanya dan benar-benar menonjolkan keahlian yang dipunyai..

  3. says

    Terima kasih atas artikel nya pak. Selain portofolio, sertifikasi keahlian international, juga bisa menjadi power bagi kita, terlebih jika ada yellow pages di situs pemberi sertifikasi itu, seperti sertifikasi zend certified untuk php .

    Saya juga mau tanya, kalau studio itu, apakah harus berbadan hukum ?. kalau seorang freelancer memiliki situs http://www.namasaya.com, bisa tidak kita menyebut. Bendera bisnis saya namasaya.com, walau namasaya.com itu tidak berbadan hukum ?.

  4. Lenny says

    Jadi tertarik membuat akun,walupun pemahaman di dunia maya belum fasih.
    Terimakasih atas penjelasannya.

  5. says

    gan….
    saya tanya! kalo meng promosi blog bisa ga?
    dan kalo bisa, gmana mengbuwat statusnya….
    terimakasih banyak….

  6. says

    Ajakan dua teman via email saya abaikan saja. Tak pernah terpikir Linkeldin dipakai untuk freelance. Saya salah karena berpikir Linkeldin seperti SM [Social Media] kebanyakan. Terima kasih telah memberikan informasi yang berguna. Karena saya mulai memasuki “Ruang Freelance” yang sesungguhnya.

  7. says

    Keren mas infonya, saya barusan buka account disana dan saya skarang sudah tau manfaat utama bergabung dengan linkedin, selain stumbleupon. Yah, selain promosi diri skalian promosi dagangan mas. Salam Kenal Mas dan keep sharring

Trackbacks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *