Bagaimana Membuat Website yang Menguntungkan?

Sebagai seorang pebisnis di dunia teknologi informasi, Anda pasti ingin membuat situs (website) Anda dikunjungi oleh banyak orang. Perasaan ‘gundah gulana’ akan muncul ketika melihat track pengunjung situs yang menurun dari hari ke hari. Penampilan website yang profesional dapat meyakinkan klien Anda. Lalu, cara apa yang bisa Anda lakukan agar website yang dibuat dapat menguntungkan bisnis Anda?

image from here

Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat profitable website šŸ˜€

Konten Profesional

Sebagai seorang freelancetrepreneur atau pebisnis freelance, profesionalime Anda akan dilihat oleh klien, salah satunya melalui website. Mulailah memantapkan bisnis Anda dengan konten wajib yang harus ada dalam situs, yaitu:

  • FAQ : Hindari menjawab secara terus-menerus pertanyaan umum yang kemungkinan besar akan ditanyakan klien. Buatlah pertanyaan dasar dan jawabannya via konten ini.
  • Policy : Kebijakan ini selain mempertegas sisi profesionalisme Anda juga bermanfaat untuk bisnis tersebut. Kebijakan ini Anda buat untuk melindungi bisnis Anda dari klien yang kemungkinan bertindak seenaknya.

 

Share Your Website!

Manfaatkan media sosial yang Anda punya untuk membantu menaikkan track pengunjung. Cara yang bisa Anda lakukan, misalnya setiap artikel yang Anda publish, ditautkan juga via Facebook, Twitter, dll. Selain itu, Anda bisa membuat kultweet dari apa yang Anda tulis dengan menyertakan link artikel atau situs Anda tersebut. Bisa juga setiap pengunjung yang datang langsung disuguhi halaman share this ketika membuka situs seperti tampilan di bawah ini:

Bagi situsĀ dengan banyak artikel, pastikan artikel yang dibuat juga menyertakan tautan ke artikel lain yang ada pada situs Anda. Membuat pengunjung yang penasaran dan ingin tahu lebih banyak tentang hal-hal tertentu membuatnya berlama-lama mengunjungi situsĀ tersebut.

 

Berkomunikasi dengan Pengunjung

Cara berkomunikasi dengan pengunjung selain melalui media sosial, juga bisa melalui website, salah satunya sertakan pengunjung dalam polling yang Anda buat seperti berikut ini:

Sertakan pula pengunjung dalam mengisi konten yang ada di website tersebut, bisa melalui pengiriman artikel, pemberian komentar, dll.

 

Giliran Anda!

Sebelum melihat bagaimana penilaian orang lain, lebih baik berikan penilaian dari diri sendiri terlebih dahulu. Cobalah sesekali mengunjungiĀ situs Anda. Apakah Anda tertarik untuk berlama-lama di dalam sana? šŸ˜‰

Bagaimana menurut Anda situs Ruang Freelance? Sudahkah menarik perhatian Anda? Berikan komentar ya šŸ™‚

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Comments

Trackbacks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *