Aplikasi Kerja untuk Dukung Produktivitas

Setelah tulisan saya terdahulu tentang mengatasi gangguan dalam bekerja, berikut beberapa aplikasi yang mungkin bisa membantu para freelancer dan pembaca RuangFreelance dalam mengatasi ganguan dan meningkatkan produktivitas.

Beberapa aplikasi memang ditujukan untuk penulis, tapi semoga saja tetap bisa membantu para freelancer yang bukan bekerja sebagai penulis.

Silahkan ‘di santap’ hidangan berikut ini:

Q10

Q10 - Aplikasi Kerja untuk Dukung Produktivitas


Aplikasi kerja untuk para penulis yang ingin berfokus pada tampilan layar yang hanya menampilkan ‘meja kerja’ berbentuk layar, yang berisi teks tulisan yang sedang dikerjakan saja. Aplikasi ini gratis dan hanya tersedia untuk pengguna Windows. Selain tampilan full screen, Q10 juga menambahkan bunyi mesin ketik yang bagi sebagian orang bisa membantu tetap fokus karena bunyinya yang statis.

Q10 bisa di download di link ini.

WriteRoom

Full screen writing yang memungkinkan pengguna berkonsentrasi penuh atas tulisan yang sedang dikerjakan. Bekerja pada Mac OS X 10.4+ atau iPhone OS 3.0+. Aplikasi ini bukan aplikasi gratisan, pengguna diharuskan membayar $24.95, namun mereka menyediakan free trial . Di aplikasi ini pengguna juga bisa mengubah tampilan warna serta huruf.
Writeroom Aplikasi Kerja untuk Dukung Produktivitas

Untuk yang tertarik bisa cek situs mereka di link ini.

DarkRoom

Sesuai namanya, aplikasi ini memang membuat tampilan layar anda menjadi gelap dan hanya berisi teks. Aplikasi ini memang semacam kloning dari aplikasi WriteRoom yang hanya bisa digunakan oleh para pengguna Mac.

dark room Aplikasi Kerja untuk Dukung Produktivitas

Tersedia bagi pengguna Windows dan gratis, anda hanya perlu Windows XP/2000/2003 dan .NET Framework 2.0. Anda bisa mengunduh aplikasi ini di link ini.

Think

Aplikasi ini, membuat anda hanya bisa membuka satu aplikasi saja seusai dengan pilihan yang telah anda tentukan. Misalnya anda sedang cek email untuk keperluan kerja, maka anda bisa memilih untuk hanya bisa melihat aplikasi email yang anda gunakan saja dan bagian layar yang lain akan terlihat hitam.

Think-Menu Aplikasi Kerja untuk Dukung Produktivitas

Untuk anda yang tidak ingin terganggu oleh aplikasi lain dan hanya ingin fokus mengerjakan satu persatu pekerjaan, aplikasi ini mungkin cocok untuk anda. Tersedia untuk pengguna Mac dan bisa dinikmati secara gratis. Untuk melihat-lihat dan mencoba bisa mampir di link ini.

RescueTime

RescueTime Aplikasi Kerja untuk Dukung Produktivitas

Aplikasi ini akan melacak browsing behaviour pengguna dan membuat semacam log untuk situs-situs yang anda kunjungi, kemudian memutuskan mana yang dianggap mengganggu pekerjaan anda. Pengguna juga bisa membuat daftar situs yang dianggap menggangu atau menghilangkan situs tertentu dari daftar. Lalu anda men-set waktu tertentu sehingga anda tidak bisa membuka situs tersebut, sehingga jam kerja anda bisa lebih produktif.

Aplikasi ini merupakan web app dan bisa digunakan oleh pengguna Mac dan Windows. Tersedia dalam dua versi gratisan dan berbayar. Anda bisa melihat dan mencobanya di link ini.

Freedom

Mirip dengan RescueTime, namun dengan ‘penjagaan’ yang lebih ketat. Freedom akan ‘memutuskan’ semua jaringan internet dari komputer pengguna sesuai dengan waktu yang diinginkan, maksimal sampai 8 jam. Dan jika anda berubah pikiran dan ingin merubah ‘peraturan’ fokus kerja anda maka komputer harus di reboot.

Aplikasi berbayar ini tersedia untuk pengguna Mac dan Windows. Meskipun tidak gratis anda bisa mencoba trial version di link ini.

Outright

Aplikasi gratisan ini memudahkan anda para freelancer untuk melakukan pelacakan pendapatan, pengeluaran serta beberapa fasilitas pencatatan lain seperti pajak dan laporan keuntungan atau kerugian. Salah satu kelebihannya adalah memungkinkan untuk melakukan import data dari akun online lain.

Terdapat fasilitas grafik yang otomatis menyesuaikan input data yang kita masukkan, hanya saja mata uang yang digunakan adalah Dollar. Untuk mencobanya dan mulai mendata pemasukan dan pengeluaran yang telah anda miliki, bisa cek link ini.

Tentunya masih banyak aplikasi lain baik itu berbasis web atau desktop yang bisa mendukung para pekerja freelance untuk meningkatkan produktivitas mereka. Anda punya link lain, yuk share pengetahuan anda di kolom komentar.

Tulisan diolah dari berbagai sumber seperti Freelancefolder dan DirJournal.

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Comments

  1. says

    Tambahan. Apps berikut juga lumayan buat dukung produktivitas:

    1. Skim : membantu kontrol dan organize PDF files.
    2. Quicksilver: memaksimalkan kinerja keyboard, banyak task cepat kita lakukan dengan banyak keyboard shortcut.
    3. Thunderbird: gratis juga dari Mozilla untuk organize tumpukan email. Extension nya banyak dan bagus-bagus 🙂

Trackbacks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *