“Apakah Social networking dan marketing dibutuhkan oleh seorang freelancer?”

Degan marak nya Social Networking akhir akhir tahun ini, tidak dapat dipungkiri lagi bahwa internet adalah lahan yang luas yang dapat menghasilkan emas! Dan pertanyaan yang dipikirkan para freelancer adalah sama, ‘Apakah dengan menggunakan segala macam social network yang ‘eksis’ dapat menambah pendapatan?’ Jawaban nya adalah, pasti bisa.

image by billr317 on flickr

Sudah bukan hal yang unik lagi bahwa network sosial dan ilmu marketing bekerja sama dalam dunia maya ini. Sang freelancer harus cerdas dan cermat dalam memerhatikan perkembangan social network. Misalkan pilih Twitter sebagai platform, dengan saja mempunyai satu profile, kita bisa mempromosikan hasil karya kita ke seluruh Negara bahkan ke belahan dunia.

Banyak kala writer atau designer nge-‘link’ hasil karya mereka supaya bisa dipublikasikan ke dunia maya dan bukan sedikit lagi kantor rekruitmen yang melihat dan meneliti karya karya ini. Bisa saja ini merupakan tulisan, gambar, design ataupun screenshot kita yang akan menangkap rasa penasaran dan penawaran para recruiter untuk bekerja sama.

Jangan pula anda lupa bahwa kerajaan Internet adalah luas. Bahkan, hampir setiap bulan ada saja website atau wadah yang baru dan bisa untuk mengoptimasilkan karya anda. Contoh nya Dribble adalah salah satu situs sosial yang di design khusus buat para designers yang ingin memajang hasil kerja keras mereka untuk para developer yang selalu mencari hal hal yang unik, baru dan menarik.

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Comments

  1. says

    nambah lagi utk social media platform yg penting bagi freelancer, Linkedin! Baru2 ini saya dapat writing project lewat linkedin connection 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *