Apakah Freelancer membutuhkan rencana bisnis ?

Jika Anda memberitahu seseorang bahwa Anda akan masuk ke bisnis sendiri, ia dapat meminta untuk melihat rencana bisnis Anda – kecuali Anda mengatakan kepadanya bahwa Anda berencana untuk freelance. Ada asumsi seorang freelance begitu jelas dan sederhana sehingga siapa pun dapat melakukannya, tanpa rencana bisnis yang diperlukan.

Tetapi apakah itu benar bahwa seorang freelancer tidak boleh terganggu dengan rencana bisnis? Ada ribuan freelancer, banyak yang mulai mengambil klien tanpa berpikir untuk menulis rencana bisnis. Tak seorang pun tampaknya telah menderita dengan pendekatan seperti itu. Namun, ada beberapa langkah yang secara signifikan lebih mudah bila Anda memiliki rencana bisnis di tangan.

Menggambarkan rencana anda

Dalam banyak hal, nilai dalam rencana bisnis ini tidak terlalu tinggi, namun dengan menulisnya. Ini memberi Anda kesempatan untuk duduk dan benar-benar bekerja melalui angka-angka untuk freelance. Tidak cukup yakin bagaimana harga layanan Anda? Ketika Anda menulis rencana dasar bisnis anda. Anda harus meluangkan beberapa menit untuk mencari tahu berapa biaya yang Anda keluarkan. Jika Anda tidak menutupi biaya Anda, apa gunanya berada dalam bisnis? Karena anda akan menjadi merugi.

Karena banyak freelancer datang dari latar belakang kreatif, tindakan menulis rencana bisnis bisa tampak sedikit menakutkan. Sangat mudah untuk membayangkan beberapa ribu halaman dokumen yang mengharuskan anda untuk dapat memprediksi secara tepat berapa banyak klien yang akan anda temukan di tahun berikutnya, serta membuat segala jenis operasi keputusan yang tampaknya tidak berlaku untuk freelancer. Memang benar bahwa Anda tidak perlu mendalaminya seperti dalam jenis usaha dokumen lainnya. Tetapi freelancer masih dapat meraih keuntungan dengan mencari tahu secara rinci bagaimana ia akan beroperasi.

Deskripsi Bisnis

Tentu saja, Anda berencana untuk menjadi seorang freelancer. Bisakah Anda mendapatkan detail yang lebih spesifik? Apakah ada jenis proyek tertentu tempat Anda ingin bekerja? Semakin tepat yang Anda buat, semakin mudah perencanaan kemudian, seperti langkah-langkah pemasaran.

Kompetisi

Siapa lagi yang di luar sana? Ada banyak freelancer lain, bukan hanya siapa yang dapat anda ajak bersaing tetapi siapa yang dapat Anda ajak bekerja sama, belajar bersama dan banyak lagi.

Prosedur operasi

Bahkan jika Anda adalah freelancer one man show, sangatlah penting memikirkan tentang bagaimana Anda akan menjalankan bisnis Anda. Ada pertanyaan tentang segala sesuatu dari apa jenis struktur bisnis Anda.

Marketing

Setiap freelancer harus memiliki rencana untuk mendapatkan nama di luar sana. Tanpa pemasaran, anda tidak akan mendapatkan klien apapun.

Keuangan

Anda mungkin hanya membutuhkan sedikit biaya, tetapi biaya tersebut dapat bertambah.Membandingkan angka-angka itu untuk apa Anda, dapat memberi Anda gambaran tentang di mana Anda secara financial (Termasuk makmur atau tidaknya) dan di mana Anda ingin pergi di masa depan.

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Comments

  1. says

    Kalo buat semi-freelance butuh juga Rencana Tidur… :p
    8 jam di kantor, sisanya buat freelance sama tidur (sama ngemong istri buat yang udah nikah πŸ˜€ )

  2. says

    Sedang memikirkan cara membuat perencanaan bisnis supaya bs mengajukan pinjaman kredit modal usaha ke bank haha.. Tp mudah2an bisa dgn modal sendiri dr freelance..

Trackbacks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *