Apa yang Harus Dimiliki Seorang Web Designer?

Menjadi seorang perancang web, entah dikerjakan secara lepas atau bekerja di rumah, adalah pekerjaan yang sulit. Ada keterampilan lebih banyak dibutuhkan dari sekadar mengetahui bagaimana kode situs web. Jika kamu pernah mempertimbangkan untuk menjadi seorang perancang web, lanjutkan membaca untuk melihat beberapa kemampuan yang dibutuhkan untuk bersaing dalam pekerjaan ini. Beberapa keterampilan mungkin mengejutkan bagimu.

shutterstock_185595404

Freelancer Image via Shutterstock

Keterampilan Menulis

Keterampilan menulis dan menyuntingmu harus sangat baik. Keterampilan ini penting jika kamu ingin menjadi seorang perancang web yang benar-benar efektif. Keterampilan dengan grafis, Photoshop, HTML, CSS dan lainnya tidak cukup, percayalah. Tulisanmu adalah apa yang menarik bagi pelanggan ketika mereka pertama kali mengunjungi situsmu. Hal ini membantu membuka saluran komunikasi antara kamu dan klien. Jangan khawatir menggunakan kata-kata fantastis, karena kamu hanya perlu memiliki keterampilan menulis untuk menjelaskan kepada pelanggan apa yang dapat kamu lakukan untuk mereka.

Namun jika kamu dapat menggunakan beberapa kata-kata fantastis, hal itu dapat membuat komunikasi menjadi lebih efektif. Ini sama saja ketika kamu merancang sebuah halaman web. Sebuah halaman web akan lebih menarik jika kamu membuatnya begitu. Semakin efektif kata-katamu, portofolio akan lebih mengesankan dan proyek selanjutnya mudah didapatkan.

Selain memiliki keterampilan menulis yang baik, tulisanmu juga harus cepat, karena semakin cepat kamu bisa mengetik, semakin cepat kamu akan mendapatkan kode, dan semakin cepat kamu dapat membalas surat elektronik. Ini akan membantumu menyelesaikan tugas-tugas sebelum batas waktu dan pastinya akan mengesankan klien.

Gaya Unik

Kamu harus memiliki gayamu sendiri. Untuk tampil beda dari semua perancang web lain di luar sana, termasuk pekerja lepas dan perusahaan, kamu harus memiliki sesuatu yang tidak dimiliki orang lain. Dan untuk menjadi berbeda dari orang lain tentu saja kamu hanya harus memiliki gaya sendiri. Hal ini menjadi mudah bagi pelanggan untuk mengetahui bahwa pekerjaanmu memang berbeda dari orang lain. Faktor penting dalam memiliki gayamu sendiri adalah memiliki tanda khusus yang khas, karena di luar sana banyak perancang web dengan gaya yang sama, dalam satu cara atau lainnya.

Pemasaran di Media Sosial

Keterampilan pemasaran melalui media sosialmu juga berperan sekarang karena tren pemasaran berbalik dari offline ke online. Karena perubahan teknologi, hampir semua bergantung pada pemakaian komputer, printer dan peralatan lain yang diperlukan, kamu perlu tahu situs media sosial yang paling banyak dipakai dan bagaimana cara penggunaannya. Hal ini karena sebagian besar bisnis online berbagi info produk dan berita mereka di situs sosial seperti Facebook, Twitter dan lainnya. Keterampilan ini terbukti sangat efektif karena tingginya pemakaian oleh pengguna di berbagai media sosial tersebut sehingga kamu dapat menggunakannya untuk pemasaran.

Keterampilan Komunikasi

Keterampilan komunikasimu harus kuat. Ini sangat penting dalam setiap bagian dari bisnis apapun. Sebagai seorang perancang web kamu harus dapat berkomunikasi, bukan hanya secara tertulis, tetapi juga secara verbal dan visual. Seiring dengan itu, bagian mendengarkan memainkan peran penting juga. Kamu harus menjadi pendengar yang baik dan mendengarkan dengan penuh perhatian apa yang disampaikan klien sehingga kamu dapat membuat mereka merasa bahwa kamu selalu mencoba memahami mereka dengan baik dan memberikan kesan bahwa kamu dapat memberi mereka aneka tips berguna.

Keterampilan Manajemen

Keterampilan manajemen proyek adalah sesuatu yang dapat membuat kamu lebih terlihat menonjol nih! Ini termasuk pengelolaan sumber daya, perencanaan proyek, dan melaksanakan proyek hingga selesai. Kepuasan pelanggan terutama tergantung pada keterampilan manajemenmu yang dapat membantu pelanggan terhindar dari sakit kepala akibat berantakannya proyek mereka.

Pengetahuan Tentang HTML dan CSS

HTML & CSS adalah keterampilan wajib bagi para desainer web, tetapi ternyata ada saja beberapa desainer web hanya datang kepapa klien dengan ide dan pengkodean yang sebenarnya diserahkan lagi kepada orang lain. Mereka mungkin kadang-kadang membuat tanda bahwa mereka bekerja namun tidak akan meninggalkan kesan yang baik pada klienmu jika mereka memiliki masalah kode yang terkait dan kamu tidak bisa menjawabnya segera. XHTML dan CSS tidak sulit untuk dipelajari dan benar-benar alat yang paling penting dalam mendesain web, sehingga kamu perlu memahami kegunaan dan aksesibilitas dari HTML & CSS.

Kesadaran Bisnis

Kamu harus memiliki kesadaran tentang pengertian bisnis. Pekerja lepas mungkin mengabaikan hal ini, tapi percayalah, bahkan jika kamu seorang wiraswasta, kamu perlu tahu dasar-dasar bisnis. Hal ini akan membantumu membuat keputusan tentang bagaimana untuk menyempurnakan proyekmu, atau bagaimana untuk lebih membantu klienmu menjadi sukses. Hal ini tidak begitu sulit, karena hanya tentang bagaimana perlunya memahami apa yang klien katakan kepadamu, apakah itu klien individu atau perusahaan. Intinya sama saja.

Berpikir Kreatif

Berpikir kreatif adalah keterampilan harus kamu punya. Tentunya kamu ingin mendapatkan klien lebih banyak dan klien lama menjadi pelangganmu nomer satu, kan? Kreativitas membuat klienmu untuk datang kepadamu lebih sering. Kamu harus selalu berpikir di luar kotak dan mencoba untuk lebih kreatif dalam desainmu. Dengan cara ini kamu dapat mengembangkan gaya khas milikmu sendiri dan membuat proyek semakin besar dan meningkatkan jumlah klien.

Bertahan Sebagai Pemain Tim

Kamu harus menjadi pemain tim. Kadang-kadang kamu hanya bagian dari sebuah tim proyek, bukan pemimpinnya. Inilah kesempatan yang baik untuk memoles keterampilanmu bekerja pada satu tugas yang menjadi kewajibanmu. Tentu saja, apresiasi yang kamu dapatkan dari seluruh tim adalah sesuatu yang akan membuatmu semakin termotivasi. Kadang kamu juga tidak mau menjadi salah satu rekan satu tim dalam proyek dan hal itu dapat menjadi penghalang bagi pekerjaanmu dan kamu harus selalu mencoba memilih untuk mengabaikan atau mengatasi masalah. Kamu juga harus dapat menghadapi saat seluruh beban kerja justru tertumpu padamu dan tim mengharapkan kamulah yang maju untuk mengatasinya. Itu adalah saat yang tepat untukmu bertindak tenang dan membuktikan bahwa kamu dapat menjadi pemain tim dan dapat diandalkan.

Pengetahuan Tentang SEO

Kamu harus mengetahui dasar-dasar SEO. Mengoptimalkan halaman web agar bisa muncul di halaman pertama mesin pencari memang elemen penting dalam desain web. Hal ini karena proyek kamu tidak hanya berakhir dengan selesainya desain web, kamu dapat membuat dirimu menonjol (dan menjadi alasan untuk mendapatkan lebih banyak uang) jika kamu tahu apa yang kamu lakukan dengan SEO.

Pengelolaan Waktu

Kamu harus mampu mengelola waktu secara efektif. Setiap proyek memiliki batas waktu dan kamu tentunya harus sadar dengan tenggat waktu yang diberikan klien dan selalu mencoba untuk menyelesaikan pekerjaan sebelum batas waktu, sehingga memiliki waktu untuk memeriksa kembali segala sesuatu dan memperbaiki kesalahan yang mungkin timbul ketika proyek berjalan. Menyelesaikan tugas sebelum batas waktu meninggalkan kesan yang baik pada klien dan menjadi hal positif untukmu untuk jangka panjang.

Pemecah Masalah

Kamu harus bisa memecahkan (aneka) masalah. Proyek tidak pernah tanpa masalah mereka dan memang kamu akan menemukan beberapa yang bahkan mungkin membuatmu nyaris menyerah. Kamu harus dapat mengatasi masalah yang bisa muncul tiba-tiba. Klien tidak peduli apa masalah yang mungkin kamu hadapi saat menyelesaikan proyek mereka, jadi belajarlah untuk menghadapi semua masalah dan menyelesaikannya.

Nah, bagaimana tindakanmu setelah mengetahui keterampilan apa saja yang harus menjadi satu paket dalam portofoliomu?

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *