9 Aplikasi untuk Penulis agar Kamu Lebih Produktif - pekanbaru.tribunnews.com

9 Aplikasi untuk Penulis agar Kamu Lebih Produktif

Kamu hanya menggunakan smart phone atau tablet hanya untuk hiburan dan berkomunikasi dengan teman-temanmu? Mulai sekarang manfaatkan gadget yang kamu punya untuk mendukung karirmu. Cek aplikasi berikut ini yang sangat berguna untuk penulis:

Evernote (Android dan iOs)

Evernote (Android dan iOs) - 9 Aplikasi untuk Penulis agar Kamu Lebih Produktif - pocketmeta.com

Evernote (Android dan iOs) – 9 Aplikasi untuk Penulis agar Kamu Lebih Produktif – pocketmeta.com

Ide bisa datang kapan saja. Jangan tunda untuk mencatatnya dan membiarkan dirimu lupa. Sekarang ini bukan lagi zamannya membawa buku catatan kecil ke mana-mana. Kamu bisa memanfaatkan aplikasi jurnal di smart phonemu. Salah satunya Evernote, aplikasi yang cukup menjadi idola banyak orang.
Dengan aplikasi ini, kamu dapat membuat catatan dengan memasukkan teks, tulisan tangan, audio, alarm pengingat, foto, lampiran. Tidak hanya memiliki desain yang menarik, aplikasi ini dilengkapi dengan fungsi yang semakin memudahkan penggunanya. Contohnya fungsi pencarian dan pengiriman ke email. Selain itu, Evernote juga memiliki fungsi to-do-list agar kamu tidak melupakan hal-hal penting di sela-sela kesibukan sebagai penulis.

Google Drive (Android dan iOS)

Google Drive (Android dan iOS) - 9 Aplikasi untuk Penulis agar Kamu Lebih Produktif - BusinessMobiles.com

Google Drive (Android dan iOS) – 9 Aplikasi untuk Penulis agar Kamu Lebih Produktif – BusinessMobiles.com

Ini adalah aplikasi penyimpanan file oleh Google yang dilengkapi dengan fitur editor berpenampilan mirip Microsoft Office. Tidak ada lagi alasan kehilangan file karena smart phonemu rusak atau hilang.
File yang kamu simpan bisa dibuka di gadget lain dan bisa dibagikan ke orang lain. Pengguna diberikan space penyimpanan 15 GB secara cuma-cuma. Jika kurang, tentu kamu bisa membayar untuk mendapatkan space yang lebih besar.

iA Writer

iA Writer - 9 Aplikasi untuk Penulis agar Kamu Lebih Produktif - toolsandtoys.net

iA Writer – 9 Aplikasi untuk Penulis agar Kamu Lebih Produktif – toolsandtoys.net

Editor yang sangat sederhana. Hanya bisa mengetik huruf bewarna hitam di layar putih. Walaupun begitu, justru kesederhanaannya inilah yang menjadi kelebihan aplikasi ini. Alasannya, para penulis atau editor menjadi lebih mudah berkonsentrasi menyusun tulisan. Ditambah lagi dengan fungsi ‘Focus’ yang membuat kalimat yang sedang dikerjakan akan bewarna hitam dan kalimat lain bewarna abu-abu, sehingga penulis dapat lebih fokus merangkai kata dalam sebuah kalimat.

Pomodoro Tracker

Pomodoro Tracker - 9 Aplikasi untuk Penulis agar Kamu Lebih Produktif - Lifewire.com

Pomodoro Tracker – 9 Aplikasi untuk Penulis agar Kamu Lebih Produktif – Lifewire.com

Pomodoro adalah metode pengaturan waktu dalam sebuah pekerjaan. Berasal dari kata ‘tomat’ dalam bahasa Italia karena Francesco Cirillo, pencetus metode ini, mendapat inspirasi dari alat pengatur waktu berbentuk tomat yang sering dipakai ketika masak.
Menurut penelitian, pekerjaan bisa lebih fokus dikerjakan jika diselingi dengan waktu istirahat yang cukup dan tepat. Aplikasi ini membantu kamu mengatur waktu dan menunjukkan progres pekerjaan, sehingga kamu jadi lebih produktif.

GoToMeeting (iOS)

GoToMeeting (iOS) - 9 Aplikasi untuk Penulis agar Kamu Lebih Produktif - gotomeeting.com

GoToMeeting (iOS) – 9 Aplikasi untuk Penulis agar Kamu Lebih Produktif – gotomeeting.com

Dengan aplikasi ini, kamu bisa melakukan rapat di mana saja. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk berbagi tampilan layar yang sama ketika rapat, mengirim pengingat rapat, dan melakukan panggilan suara dengan beberapa orang dalam waktu yang bersamaan.

Tiny Scanner (iOS)

Tiny Scanner (iOS) - 9 Aplikasi untuk Penulis agar Kamu Lebih Produktif - topbestalternatives.com

Tiny Scanner (iOS) – 9 Aplikasi untuk Penulis agar Kamu Lebih Produktif – topbestalternatives.com

Butuh mengirimkan sampel karya tulismu tapi tidak mempunyai scanner? Aplikasi ini bisa membantumu. Kamu bisa mengambil gambar melalui kamera di smart phonemu dan aplikasi ini akan membantu memperbaiki detail gambar serta mengubahnya ke format yang kamu inginkan. Misalnya format gambar atau PDF.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (Android dan iOS)

Kamus Besar Bahasa Indonesia (Android dan iOS) - 9 Aplikasi untuk Penulis agar Kamu Lebih Produktif - fajrinih.wordpress.com

Kamus Besar Bahasa Indonesia (Android dan iOS) – 9 Aplikasi untuk Penulis agar Kamu Lebih Produktif – fajrinih.wordpress.com

Ejaan yang benar sangat penting bagi seorang penulis. Penulisan yang sesuai EYD dapat dicek melalui Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Tetapi, sekarang kamu tidak perlu lagi repot-repot membawa buku besar itu ke sana kemari. Banyak aplikasi KBBI yang tersedia untuk diunduh, salah satunya aplikasi yang dibuat oleh Yufid Inc.

Kosa Kata (Android)

Kosa Kata (Android) - 9 Aplikasi untuk Penulis agar Kamu Lebih Produktif - Jeripurba.com

Kosa Kata (Android) – 9 Aplikasi untuk Penulis agar Kamu Lebih Produktif – Jeripurba.com

Gunakan aplikasi ini untuk menghindari kebingungan mencari kata dan penggunaan kata yang sama berulang. Kosa Kata menyediakan arti, sinonim, antonim, padanan kata, gabungan kata, serta peribahasa.

Webster Dictionary & Thesaurus (Android)

Webster Dictionary & Thesaurus (Android) - 9 Aplikasi untuk Penulis agar Kamu Lebih Produktif - joyofandroid.com

Webster Dictionary & Thesaurus (Android) – 9 Aplikasi untuk Penulis agar Kamu Lebih Produktif – joyofandroid.com

Jika KBBI dan Kosa Kata bermanfaat untuk menulis artikel Bahasa Indoensia, aplikasi ini sangat membantu untuk menyusun tulisan berbahasa Inggris. Kata-kata dalam basis data aplikasi ini akan membuat perbendaharaan katamu menjadi lebih luas.

Baca Juga :

Demikian 9 aplikasi yang patut kamu miliki sebagai seorang penulis. Manfaatkan teknologi agar karirmu semakin melejit!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *