7 Tips Wajib Bagi Freelancer Agar Honor Dibayarkan Tepat Waktu

Bagi sebagian orang, menjadi freelancer merupakan sebuah pekerjaan idaman. Bagaimana tidak, seorang freelancer dapat mengatur jam kerjanya sendiri, memilih jenis dan banyaknya pekerjaan sesuai minat dan kemampuan, memilih dan menolak klien, hingga memutuskan sendiri bayaran yang ingin diterima. Terdengar menggiurkan, bukan?

Sayangnya, dunia freelance tidak selamanya menyenangkan. Salah satu situasi pahit yang kerap kali dialami oleh freelancer adalah ketika klien terlambat membayar honor, atau bahkan lari tanpa membayar pekerjaan yang telah dia pesan. Nah, 7 tips ini harus dicoba agar hal tersebut tidak terjadi pada diri Anda.

1. Memilih Klien yang Tepat

Memilih Klien yang Tepat

Memilih Klien yang Tepat

Sebelum menerima seorang klien, ada baiknya Anda mengetahui dulu latar belakang calon klien serta riwayatnya sebagai pengguna jasa. Anda dapat mencarinya melalui berbagai media sosial, diskusi di forum, ataupun situs-situs yang berhubungan dengan klien. Jika ada review buruk tentang calon klien, terutama dalam hal pembayaran, jangan segan untuk menolak tawaran kerjanya.

2. Pelajari dan Patuhi Setiap Aturan yang Ada

Pelajari dan Patuhi Setiap Aturan yang Ada

Pelajari dan Patuhi Setiap Aturan yang Ada

Saat bernegosiasi dengan calon klien, pastikan Anda memahami setiap aturan yang ditetapkan olehnya. Tanyakanlah jika ada peraturan ataupun persyaratan yang kurang dipahami. Pastikan Anda dapat memenuhi tuntutan calon klien tepat waktu dan berkomitmenlah untuk mematuhi setiap peraturan.

3. Sepakati Harga dan Metode Pembayaran

Sepakati Harga dan Metode Pembayaran

Sepakati Harga dan Metode Pembayaran

Sebelum memutuskan untuk menerima seorang klien, sepakatilah harga yang akan dibayarkan untuk pekerjaan Anda. Jangan pernah memulai pekerjaan sebelum hal ini jelas bagi Anda. Hal ini penting agar Anda tidak memiliki ekspektasi yang berlebihan, yang berujung pada kekecewaan. Selanjutnya, sepakati pula metode pembayaran yang akan digunakan. Kesepakatan dapat meliputi kapan pembayaran akan dilakukan, apakah pembayaran langsung dilakukan secara penuh ataukah dicicil dengan uang muka, bagaimana jika kinerja tidak sesuai dengan harapan klien, platform atau bank yang akan digunakan, dan lain sebagainya.

 

Baca juga:

 

4. Kerjakan Tugas Secara Profesional

Kerjakan Tugas Secara Profesional

Kerjakan Tugas Secara Profesional

Poin ini adalah hal terpenting yang membuat klien akan membayar Anda. Tanpa profesionalitas, Anda tidak memiliki senjata yang kuat untuk menagih pembayaran kepada klien. Jangan salahkan klien jika mereka tidak membayar tepat waktu atau bahkan tidak mau membayar Anda. Patuhi deadline yang disepakati, kerjakan tugas sesuai permintaan klien alih-alih berdasar selera Anda sendiri, dan berikan kinerja terbaik Anda untuk setiap tugas yang diterima.

5. Jaga Komunikasi dengan Klien

Jaga Komunikasi dengan Klien

Jaga Komunikasi dengan Klien

Berkomunikasilah dengan klien sejak awal, terutama saat tugas mulai dikerjakan dan telah diselesaikan. Apabila proyek yang Anda ambil membutuhkan waktu lama untuk diselesaikan, misalnya satu bulan, maka berikanlah laporan secara berkala. Sampaikan tahapan pengerjaan yang telah dan sedang Anda lakukan untuk proyek tersebut.  Jangan segan untuk menanyakan hal-hal yang belum Anda mengerti, yang mungkin saja muncul ketika Anda sedang mengerjakan proyek. Jika terdapat kendala yang sekiranya dapat menghambat atau menunda penyelesaian proyek, segera informasikan kepada klien agar tidak timbul prasangka. Siapa tahu, klien Anda dapat membantu memberikan solusi.

6. Tagih Pembayaran Secara Profesional

Tagih Pembayaran Secara Profesional

Tagih Pembayaran Secara Profesional

Ketika pekerjaan telah selesai, tagihlah pembayaran secara santun dan profesional. Dalam tagihan Anda, setidaknya, cantumkan informasi tentang pekerjaan yang telah Anda lakukan, tanggal penyelesaian tugas, dan tentu saja harga yang Anda tagihkan. Kirimkan tagihan melalui surat elektronik atau media komunikasi lainnya yang telah disepakati dengan klien.

7. Bergabung dengan Marketplace Tepercaya

Bergabung dengan Marketplace Tepercaya

Bergabung dengan Marketplace Tepercaya

Cara ini cukup ampuh agar honor Anda dibayar tepat waktu. Sebelum memutuskan untuk bergabung dengan sebuah marketplace, pelajari dengan baik ketentuan-ketentuan yang dijalankan di dalamnya. Pilihlah marketplace yang menjamin bahwa freelancer akan menerima honornya segera setelah ia menyelesaikan tugas dan/atau freelancer mengirimkan tagihan yang sah. Marketplace yang baik juga menjamin bahwa klien tidak akan membuang uang dengan percuma, tanpa memperoleh hasil pengerjaan proyek.

Bagi seorang freelancer, profesionalitas adalah senjata utama, dimulai sejak memilih klien hingga penagihan honor. Ketujuh tips di atas dapat membantu freelancer agar honor dibayar tepat waktu. Jadi, sudah siap untuk terjun di dunia freelance?

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *