7 Tips Praktik Social Media Marketing yang Efektif untuk Freelancer

Tips Praktik Social Media Marketing yang efektif sebenarnya terletak pada perencanaan. Sama seperti ungkapan yang kerap dilontarkan orang bijak. “Tidak ada orang yang berencana untuk gagal, yang ada ialah mereka yang gagal berencana.” Untuk meminimalisir kegagalan itu, pastikan Anda berada di jalur yang benar. Jalur-jalur tersebut antara lain:

1. Identifikasi Tujuan

Identifikasi Tujuan

Identifikasi Tujuan

Ini poin penting yang mudah dilupakan, biasanya kurang jelas dan tidak spesifik. Anda lupa apa yang menjadi tujuan, bagaimana mendapatkan dan juga mempertahankan pelanggan?

Untuk itu, cobalah luangkan waktu sejenak untuk berpikir mengenai tujuan. Gambarkan secara spesifik tentang apa yang benar-benar ingin Anda dapatkan dari memanfaatkan social media.

Setelah itu lakukan pengukuran untuk mengetahui apakah tujuan tersebut sudah realistis. Contohnya, social media dijadikan platform untuk peduli pada konsumen. Dengan demikian, segala isi dan aktivitas berkaitan dengan aksi kepedulian tersebut.

2. Pahami Pelanggan

Pahami Pelanggan

Pahami Pelanggan

Pahami apa yang jadi kebutuhan pelanggan sangat diperlukan, sebelum memulai aktivitas dan beriklan di social media. Cara termudah ialah melakukan survei langsung. Misalnya Anda membagikan rincian detail ide, lalu coba dengarkan apa yang dibutuhkan mereka.

Berusahalah memenuhi apa yang jadi kebutuhan pasar dan sudah kamu targetkan dalam tujuan sebelumnya. Biasanya, pelanggan tak ingin yang terlalu neko-neko.

 

Baca juga:

 

3. Bangun Profil secara Tepat

Bangun Profil secara Tepat

Bangun Profil secara Tepat

Berikan deskripsi yang detail pada profil Anda di social media. Jelaskan dengan singkat apa yang Anda kerjakan dan tidak menimbulkan makna ambigu.

Dengan demikian, orang yan melihat profil Anda bisa langsung paham. Selain itu, akan sangat baik bila Anda mengintegrasikan social media dan alamat website, untuk lebih mempresentasikan profil.

4. Brand Image

Brand Image

Brand Image

Bila Anda merasa kesulitan tentang brand image, manfaatkan mesin pencari atau bertanya pada ahlinya. Brand image yang eye-catching, biasanya sederhana dan tepat sasaran.

Contohnya, ketika orang teringat tentang social media, maka yang terlintas ialah facebook, twitter,dan lain-lain. Saat orang mendengar kata freelancer, yang teringat ialah freelancer.com, kontenesia.com, dan sebagainya.

5. Berbagi Konten yang Relevan

Berbagi Konten yang Relevan

Berbagi Konten yang Relevan

Komunikasi yang efektif ialah ketika apa yang dikomunikasikan nyambung. Hal serupa juga berlaku pada social media marketing bisnis Anda. Jadi, bila Anda jualan template website, maka baiknya Anda menuliskan konten seputar desain web dan sebagainya.

Konten yang relevan tersebut bisa dibagikan admin lewat social media. Tujuannya untuk menerima feedback dari network yang sudah dimiliki dan menjalin komunikasi efektif.

6. Strategi Promosi

Strategi Promosi

Strategi Promosi

Hal yang tak kalah penting ialah melakukan strategi promosi. Sekeren apapun konsep dan secanggih apapun alat yang digunakan bakal percuma, bila tak dipromosikan.

Di social media, salah satu strategi yang efektif ialah mengembangkan konten. Ciptakan ide-ide menarik, buat jadwal khusus posting, hingga manajemen yang baik. Contohnya, tips, event, berita artikel, video, foto, kuis, dan lain-lain.

Sebaiknya Anda tidak terlalu agresif agar tak mengganggu dan dianggap spam oleh orang lain. Promosikan produk atau jasa Anda pada orang yang tepat sasaran.

7. Fokus pada Hasil

Fokus pada Hasil

Fokus pada Hasil

Perlu dipahami bahwa dari banyaknya follower di social media, tidak semua bakal jadi pelanggan. Namun jumlah follower tersebut bisa jadi investasi di masa depan. Ketika Anda berbagi sesuatu yang bermanfaat, itu bisa jadi brand image untuk orang mengingat Anda.

Untuk itu di social media fokuslah mendapatkan feedback, memberikan solusi, dan manfaat pada netizen. Baik yang akan atau jadi follower Anda.

Menerapkan tips praktik social media marketing yang efektif juga perlu mempertimbangkan pemilihan aplikasi. Ada banyak social media yang bisa dimanfaatkan dan pilihlah mana yang bisa membuat Anda menonjol dan berkembang.

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *