7 Tips Menyiasati Rasa Jenuh Terhadap Pekerjaan

Kehilangan semangat mengerjakan tugas, prestasi kerja yang terus-menerus merosot, serta sering menunda pekerjaan merupakan tanda-tanda kejenuhan mulai menyerang Anda. Sebenarnya, rasa jenuh merupakan hal yang lumrah terjadi pada siapapun. Namun, jangan sampai rasa jenuh dalam bekerja menjajah pikiran dan semangat Anda dalam mencapai tujuan. Tips dan trik berikut ini mungkin dapat menyelamatkan Anda dari jeruji kejenuhan yang mengurung kreativitas dan produktivitas Anda dalam bekerja.

1. Mengingat Kembali Alasan Anda Bekerja

Mengingat Kembali Alasan Anda Bekerja

Mengingat Kembali Alasan Anda Bekerja

Masih ingatkah Anda ketika pertama kali memulai bisnis atau dinyatakan diterima untk bekerja di perusahaan yang Anda inginkan? Nah, saat kejenuhan mulai menyerang, ada baiknya Anda mengingat kembali masa-masa itu dan menilik alasan Anda bekerja. Apakah alasan Anda bekerja semata-mata demi uang? Jika jawabannya ‘Ya’, coba lihat kembali tujuan hidup Anda dan berjuanglah untuk mewujudkannya.

2. Istirahat Sejenak

Istirahat Sejenak

Istirahat Sejenak

Rasa jenuh sering kali timbul aktivitas monoton yang membuat Anda membutuhkan sedikit pelarian dari aktivitas tersebut. Sesekali, bebaskan pikiran Anda dari pekerjaan dan tuntutan kantor. Cobalah sejenak berhenti melakukan apapun yang Anda kerjakan saat ini dan lakukan hal yang dapat membuat Anda rileks, entah itu mendengarkan musik, bermain game, berolahraga, atau berjalan-jalan.

3. Coba Keahlian Lain yang Anda Miliki

Coba Keahlian Lain yang Anda Miliki

Coba Keahlian Lain yang Anda Miliki

Apapun jenis usaha yang sedang Anda kerjakan saat ini, Anda adalah bos bagi diri Anda sendiri. Oleh karenanya, Anda memiliki hak untuk mencoba mengasah keahlian Anda yang lain atau mencoba hal-hal baru yang menarik untuk diaplikasikan ke dalam bisnis Anda. Meskipun bisnis Anda saat ini belum sesukses yang Anda bayangkan, Anda dapat memperoleh pelajaran baru untuk mengembangkan bisnis Anda menjadi lebih baik. Dengan cara itulah Anda akan dapat melihat segala hal yang terjadi dalam kehidupan melalui sudut pandang yang berbeda.

4. Evaluasi Diri Anda Selama Menjalankan Bisnis

Evaluasi Diri Anda Selama Menjalankan Bisnis

Evaluasi Diri Anda Selama Menjalankan Bisnis

Kita kan selalu merasa kekurangan jika membandingkan diri kita dengan rekan-rekan lain yang kita anggap lebih sukses. Rasa jenuh dan frustrasi yang Anda rasakan selama bekerja jangan sampai menjadi alasan atas segala hal buruk yang terjadi dalam hidup Anda. Saat Anda memulai sebuah bisnis, Anda telah berkomitmen untuk menjaga keberlangsungan bisnis tersebut untuk jangka waktu panjang. Anda pun tidak sendirian dalam menjalankan bisnis tersebut. Rekan-rekan Anda yang lain akan selalu siap untuk memberikan pandangannya demi kemajuan bisnis.

 

Baca juga:

 

5. Jalin Hubungan Baik dengan Rekan yang Memiliki Attitude Kerja Positif

Jalin Hubungan Baik dengan Rekan yang Memiliki Attitude Kerja Positif

Jalin Hubungan Baik dengan Rekan yang Memiliki Attitude Kerja Positif

Kejenuhan dalam bekerja sering disebabkan oleh hilangnya motivasi untuk memberikan yang terbaik bagi pekerjaan Anda. Lihatlah rekan Anda yang selalu bersemangat dalam menjalankan pekerjaannya. Tanyakan apa yang membuatnya selalu berpikiran positif. Atau, Anda juga dapat membaca kisah-kisah sukses para pengusaha yang memulai bisnisnya dari nol. Bukan tidak mungkin jika mereka juga pernah merasakan apa yang sedang Anda alami. Tiru bagaimana cara mereka mengatasi tantangan dan rasa jenuh dalam menjalankan bisnisnya.

6. Ubah Penampilan Ruang Kerja Anda

Ubah Penampilan Ruang Kerja Anda

Ubah Penampilan Ruang Kerja Anda

Suasana baru di ruang kerja mungkin akan meningkatkan mood Anda dalam bekerja. Cobalah untuk menata kembali meja kerja Anda, mengganti warna dinding ruang kerja, atau menaruh hiasan yang akan membuat Anda lebih bersemangat, misalnya foto anak-anak Anda, dan action figure superhero favorit Anda.

7. Ambil Jatah Cuti

Ambil Jatah Cuti

Ambil Jatah Cuti

Sesekali mengambil jatah cuti untuk menyegarkan pikiran Anda dengan berekreasi sejenak tentu tidak ada salahnya, bukan? Manfaatkan jatah cuti yang Anda miliki untuk menghirup udara segar. Siapa tahu setelah berlibur, Anda menjadi lebih semangat dalam bekerja.
Itulah tadi beberapa tips untuk menyiasati rasa jenuh saat bekerja. Tetap semangat ya.

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *