7 Tips Mempromosikan Diri Secara Profesional

Salah satu kunci kesuksesan dalam dunia kerja adalah percaya diri dalam membawakan kualitas dan kemampuan Anda, terlebih jika Anda berkecimpung di dunia freelancing. Dalam dunia freelance, Anda tidak akan bertatap muka secara langsung dengan calon klien. Untuk itu, diperlukan strategi khusus untuk meyakinkan calon klien agar ia setuju untuk bekerja sama dengan Anda. Beberapa tips berikut ini dapat Anda terapkan untuk mempromosikan diri dan talenta yang Anda miliki.

1. Berpartisipasi dalam Komunitas Online

Berpartisipasi dalam Komunitas Online

Berpartisipasi dalam Komunitas Online

Ada begitu banyak komunitas freelancer di dunia maya. Mulai dari komunitas penulis, desainer, penerjemah, musik, dan masih banyak lagi. Salah satu cara jitu untuk mempromosikan diri Anda adalah dengan bergabung ke dalam komunitas yang sesuai dengan bidang keahlian Anda. Pertama, Anda dapat mengenalkan diri, keahlian yang Anda miliki, pengalaman bekerja dalam bidang tersebut, serta sudah berapa lama Anda berkecimpung di dalamnya. Selain itu, cobalah untuk sering berinteraksi dengan para anggota komunitas lainnya dengan cara menanggapi komentar atau sekadar menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan.

2. Memiliki Wadah Khusus untuk Memamerkan Hasil Karya Anda

Memiliki Wadah Khusus untuk Memamerkan Hasil Karya Anda

Memiliki Wadah Khusus untuk Memamerkan Hasil Karya Anda

Media yang paling efektif untuk mempromosikan hasil karya Anda adalah melalui blog pribadi atau akun jejaring sosial lainnya. Melalui blog pribadi, Anda dapat menulis berbagai hal yang berkaitan dengan bidang yang Anda tekuni, seperti berbagi pengalaman awal mula Anda masuk ke dunia kepenulisan, serta memamerkan hasil tulisan Anda. Untuk Anda yang mendalami dunia desain, akun jejaring sosial seperti DeviantArt merupakan wadah yang tepat untuk memperlihatkan karya-karya Anda pada dunia sekaligus berinteraksi dan bertukar pengalamana dengan para desainer dari seluruh dunia.

3. Promosikan Rekan Sejawat Anda

Promosikan Rekan Sejawat Anda

Promosikan Rekan Sejawat Anda

Strategi selanjutnya yang bisa Anda terapkan untuk membangun reputasi adalah dengan mempromosikan rekan sejawat Anda. Anda dapat mewawancarai rekan Anda, atau mengulas hasil karyanya melalui blog pribadi Anda. Bukan tidak mungkin bila suatu hari nanti rekan Anda juga akan melakukan hal yang sama nantinya. Anda pun dapat membangun reputasi positif sekaligus memiliki relasi lebih banyak dari bidang Anda.

4. Buat Ciri Khas atau Trademark untuk Karya Anda

Buat Ciri Khas atau Trademark untuk Karya Anda

Buat Ciri Khas atau Trademark untuk Karya Anda

Sesuatu yang unik selalu menarik perhatian. Kepercayaan itulah yang harus Anda camkan dalam membentuk image. Buatlah sebuah ciri pada karya atau diri Anda yang belum pernah ditemui pada orang lain. Ciri khas tersebut bisa berbentuk cara mempromosikan karya Anda, gaya berbusana, penggunaan elemen-elemen tertentu pada proses pembuatan karya, atau memasukkan unsur-unsur kehidupan Anda ke dalam karya.

 

Baca juga:

 

5. Hindari Sikap Pamer

Hindari Sikap Pamer

Hindari Sikap Pamer

Meyakinkan klien dengan segudang pengalaman dan keahlian Anda memang hal penting dalam mempromosikan diri Anda. Namun, hal tersebut harus dilakukan dengan tidak berlebihan sebab orang lain dapat menganggap Anda pamer. Saat berbicara dengan rekan atau calon klien, jangan terus menerus berbicara tentang diri Anda. Sesekali, cobalah tanyakan sedikit bagaimana kabar mereka, atau pendapat mereka terhadap sesuatu.

6. Buat Acara Khusus

Buat Acara Khusus

Buat Acara Khusus

Salah satu cara paling efektif untuk membuat karya Anda semakin dikenal banyak orang adalah dengan mengikutsertakan orang-orang yang menaruh minat pada karya Anda. Contohnya adalah dengan mengadakan giveaway, bagi-bagi buku gratis, atau tawaran khusus untuk klien Anda.

7. Tetap Jadi Diri Anda Sendiri

Tetap Jadi Diri Anda Sendiri

Tetap Jadi Diri Anda Sendiri

Ingatlah bahwa Anda sedang mempromosikan diri Anda sendiri. Itulah sebabnya Anda tidak perlu menjadi orang lain atau mengarang hal-hal yang tidak sesuai dengan kenyataan hanya untuk menarik perhatian orang lain. Tetaplah yakin pada kualitas diri Anda tanpa harus berhenti untuk memperbaikinya menjadi jauh lebih baik.

Bagaimana dengan Anda? Sudahkah Anda yakin dengan strategi promosi Anda?

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *