7 Mantra Sakti Menjadi Freelancer/Entrepreneur

mantra

Oke, judulnya memang terdengar seperti salah satu bab dari buku Harry Potter atau serial komik RA. Kosasih, tapi percaya lah, judul tersebut bukan kesalahan penulisan ataupun typo. Mungkin saat ini status kamu adalah seorang mahasiswa, seorang freelancer, atau sudah menjadi seorang karyawan di sebuah perusahaan IT. Tetapi akui saja, alasan kamu sering berkunjung ke situs ini salah satunya adalah keinginan untuk memiliki usaha mandiri. Betul?

Seringkali, masalah yang sering muncul bagi orang-orang yang hendak memulai usaha sendiri adalah kurangnya motivasi, determinasi, dan visi. Well in that case, hari ini kalian beruntung sekali, karena di artikel ini saya akan membeberkan 7 mantra yang bisa kamu hapal dan dirapal setiap sebelum tidur, atau ditulis dikertas lalu dijadikan jimat. Mantra yang bisa membantu kalian yang baru mau punya niat memulai usaha, sedang memulai usaha, atau sudah muak dengan suasana di kantor sebagai seorang karyawan.
Tujuh mantra sakti mandraguna tersebut adalah :

Aim High

Jangan pernah takut memiliki cita-cita setinggi-tingginya. Pernah dengar pepatah : aim for the stars. if you fail, at least you’ll get the moon? Jadi jangan pernah takut memiliki cita-cita yang luar biasa. Cita-cita itu gratis kok. Kalau misalnya ada yang menertawakan cita-cita kamu ingin menjadi “the next Apple” atau “the new Google”, maka kasihanilah orang yang tertawa tadi karena dia tidak punya mimpi. Tanpa mimpi, hidup ini basi.

Think Big

Konversikan mimpi tadi menjadi sebuah rencana dan strategi besar. Ketahui setiap langkah yang harus diambil, setiap kemungkinan kompetisi, setiap kegagalan yang mungkin menghalangi. Buat perencanaan 1, 5, dan 10 tahun ke depan. Dari sekarang, mulailah berpikir bagaikan seorang CEO. Ketahui dari sekarang apa yang akan kamu lakukan apabila bisnis kamu menjadi besar nanti. Visualisasikan, tidak peduli sebesar apa cita-cita tersebut. Kalau membayangkannya saja tidak sanggup, apalagi meraihnya.

Start Small

stepone
Perjalanan seribu mil dimulai dengan sebuah langkah. Rasanya peribahasa tadi sangat mewakili mantra yang ketiga ini. Mulailah dari yang kecil dahulu, dari yang sanggup kamu kerjakan sekarang. Sah-sah saja bila kamu memulainya dengan membuat tutorial-tutorial, mengembangkan berbagai snippet yang bisa diunduh semua orang, merancang theme gratis untuk dibagi-bagikan. Apapun itu, mulailah dari yang kecil dan bisa langsung kamu selesaikan.

Scale Fast

Setelah kamu memulai cita-cita tersebut dengan sesuatu yang kecil, ingatlah kembali mantra pertama. Kamu memulai semua ini untuk sebuah cita-cita besar. Setiap ada peluang untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas pekerjaan kamu, ambil segera. Jangan pernah ragu untuk berkembang. Dan berkembanglah secepat mungkin. Jangan mau terus-terusan kecil di saat para pesaing tumbuh besar.

Learn Hard

Belajar, belajar, belajar! Ilmu tidak pernah habis dan akan selalu ada yang baru. Belajar lah seolah-olah kamu menghadapi UAS esok harinya. Perbanyak bertanya ke kolega, aktif lah di media sosial. Jangan malu untuk kelihatan bodoh di Twitter atau Facebook. Asal dapat ilmu baru, biar saja orang menertawakan. Banyak sekali ilmu gratisan di luar sana. Setiap orang memiliki kapasitas yang sama untuk mempelajari sesuatu. Selama kamu punya niat untuk terus mencoba, suatu saat kamu juga pasti bisa. Stay hungry, stay foolish.

Work Smart

worksmart
Bekerjalah secara lebih cerdas, bukan lebih keras. Bekerja cerdas adalah mengambil langkah-langkah yang lebih efisien dan efektif untuk mencapai tujuan. Pada saat usaha atau bisnis kamu mulai berkembang, kamu akan butuh banyak bantuan. Jangan paksa tubuh bekerja lebih keras, tapi paksakan gaya bekerja kamu menjadi lebih cerdas. Sekali lagi, berdayakan internet. Daripada menyewa sekretaris, selain mahal juga dapat membuat kita tidak fokus, lebih baik instal aplikasi-aplikasi penunjang produktivitas dan manajemen waktu dari internet di laptop atau smartphone kamu.

Act Now

Setelah hapal maksud dan tujuan ke enam mantra sebelumnya, percuma kalau kamu tidak mengambil tindakan. Mulai lah sekarang. Mulailah dari bermimpi, lanjutkan dengan menjabarkan mimpi tersebut menjadi sebuah rencana konkrit. Dan buatlah sesuatu. Sekarang!

Sudah selesai bacanya? Jadi, tunggu apa lagi?

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Comments

    • says

      Meskipun diawalnya sulit namun setiap mantra diatas bisa jadi pijakan. Kesulitan adalah hal wajib sebelum memegang puncak keberhasilan *mengutip Om BoB Sadino 🙂

  1. says

    Mantap deh mantranya bisa menambah energi baru untuk mencoba memulai sebagai seorang Freelancer dan mandiri dalam berusaha.

    Thanks for the tips 🙂

  2. says

    Like this, refresh kembali cita-cita yang lama terkubur… Work smart, rather than work hard, itu betul banget… Tapi bukan berarti ga perlu work hard sama sekali…

  3. yuliono says

    ok. ini mantra aku praktekkin yang mau bangun rumah kantor dll kontak saya design gratis ha he he

  4. says

    Cayo Yo Cayo…
    Habis Baca Jadi Semangat!! Sudahnya Tak Lupa Berniat dan katakan: “mantra-mantra menjelmalah :)”

    -didi-

    • says

      Kalau menurut ku sih lebih pada persepsi nya saja. stabilitas yg diyakini sebagian mereka dan sebagian lagi berbeda,

      yang unik saat ini banyak yg keluar dari jabatan jabatan besar cuman karna ingin berpikir bebas tanpa normatif sama boss. Yang bgini kan artinya sudah ada shifting persepsi.. just my thought lho 🙂

  5. ogLab says

    biar gampang ngapal mantra :
    7 mantra disingkat jd AT SSL WA,
    Aaa-Te eS-eS-eL We-A..
    AT SSL WA, Aaa-Te eS-eS-eL We-A..
    Gampang kan..?
    A.., apa tadi ya? oh Aim High
    Te.., hmm.. err.. ?

    ..
    .
    *doh maklum usia senja…

    • says

      wah, mantra sakti nya dirapal make metode jembatan batu…
      startup sampeyan pasti keren banget ya..? haha.. 😀

  6. says

    so guys, sudah pada bikin apa nih? sekarang waktu yang sangat tepat lho, startup-startup dari Indonesia sedang dapat momentum besar… 🙂

    go create something now..! yeah..! \m/

  7. says

    its great bro. long life freelancer…. long life freedom hehe.. gagara manta neeh, teriak teriak longlife melulu. sukses bro.

  8. says

    Artikel yang menarik,7 mantra yang step by step akan menuntun kamu semua untuk mecapai hal yang besar.

    tapi saya punya opini juga gan,saya pikir diantara 7 hal tersebut saya memilih 2 hal penting. yaitu Mimpi besar sebagai arahan dan Act now sebagai sebuah realisasi.
    menurut saya 2 hal itu malah harus menjadi prioritas bagi seseorang yang mau menjadi orang besar. begitu gan, trima kasih…dapet ilmu baru lagi nih.

    _________
    askumteman.blogspot.com

  9. says

    saya baru baca artikel ini, tapi sebelumnya udah saya praktekan, dan alhamdulillah udah dapat hasil..
    mungkin tman2 ada yg mau berbagi? saya sangat senang sekali berbagi dan bertukar fikiran dg teman2

  10. says

    Dan yang terpenting Jangan takut untuk melangkah, karena kelak akan menyesalinya,,,
    apabila kita sudah punya planning kedepan kerjakanlah,,lakukanlah apa yang kita rencanakan tersebut,,,karena tanpa kita melakukannya kita ga akan tahu hasilnya seperti apa,,,
    good luck,,,,

  11. says

    Maaf……
    bagi anda yang memebaca artikel ini….., jangan terjebak oleh tulisan tersebut, Lakukan yang sekiranya Anda bisa lakukan……..
    cita-cita boleh tinggi tapi kalau berlebihan akan stress sendiri….
    bekerjalah hari ini lebih baik dari kemarin……..

    Terima kasih

  12. says

    Betul..Pak
    Freelance dan cita cita Bikin..Kadang PuTus..asah..
    Saya Suda 10tahun di freelance..
    Dan sudah dapat merasakan Pahit Manis dunia Freelancer
    Tapi yg Jelas Sejak Saya masih Kulia Dan Skrg Punya anak satu di seklah Paud..ituh Hasil darih..Freelance
    Trimakasi..
    Shillanet

  13. says

    yang penting, jaga kestabilan kondisi psikis 😀
    *mengingat, pernah merasakan, betapa menyesap larik puisi sendiri berat jugak. padahal sendirinya yang berfatwa ayat puisi, hufff , semangkaaaa! 😀 *

  14. abbrory says

    Artikel yg sangat bagus, yg sangat2 memotivasi saya. slama ini saya masih kurang pede dengan ilmu yg sdah saya pelajari selama kurang lebih 6 tahun ini. Dengan membaca artikel ini saya menyatakan bahwa saya siap berkecimpung di dunia freelance. Terima kasih banyak atas “7 Mantra Sakti” nya 🙂

Trackbacks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *