6 Kebiasaan yang Membentuk Orang-Orang Kreatif

Ide-ide kreatif sering kali datang secara tidak terduga bahkan dalam situasi dan tempat yang sama sekali tidak mendukung. Itulah mengapa ketika kita mengumpulkan niat dan waktu untuk memikirikan sebuah ide sebagai bahan tulisan atau karya lain, kita sering sekali kesulitan untuk mendapatkannya. Justru, di kala sedang bersantai melihat orang-orang di sekitar atau ketika sedang asyik melamun, inspirasi untuk membuat sesuatu yang kreatif datang begitu saja tanpa direncanakan. Orang-orang yang dinilai kreatif konon memiliki kebiasaan khusus yang mereka lakukan untuk mendapatkan ide menarik bagi karya mereka. Apa saja kebiasaan-kebiasaan yang mereka miliki? Kita simak ulasannya berikut ini.

1. Orang Kreatif Cenderung Lebih Sering Melamun

Orang Kreatif Cenderung Lebih Sering Melamun

Orang Kreatif Cenderung Lebih Sering Melamun

Banyak orang mengatakan bahwa memiliki kebiasaan melamun merupakan hal buruk karena membuang-buang waktu. Namun, jangan salah, justru lewat melamun, ide-ide kreatif dan unik sekalipun bisa didapatkan. Seorang psikolog bernama Rebecca L. McMillan menyatakan bahwa aktivitas melamun dapat membantu proses pembentukan kreativitas sebab pada saat melamun, otak manusia menjadi bekerja lebih aktif dalam mengumpulkan informas dari hal-hal yang kita lohat di sekeliling. Pakar Neurosains juga berpendapat bahwa aktivitas melamun juga melibatkan proses-proses dalam otak yang membentuk imajinasi dan kreativitas.

2. Mudah Penasaran dengan Berbagai Hal

Mudah Penasaran dengan Berbagai Hal

Mudah Penasaran dengan Berbagai Hal

Karakteristik orang-orang kreatif yang selanjutnya adalah mudah tertarik dengan hal-hal yang mereka lihat. Seseorang yang memiliki kreativitas tinggi selalu melihat peluang tersembunyi dan menuliskannya dalam sebuah catatan khusus. Hal tersebut juga dilakukan oleh seorang penulis bernama Joan Didion. Didion selalu membawa buku catatannya ke manapun ia pergi. Dalam buku catatannya itu, ia menuliskan hal-hal yang menarik perhatiannya, seperti tingkah orang-orang di sekitarnya, atau peristiwa yang memberikannya kesan tertentu. Menurut Didion, catatan tersebut dapat membantunya memahami cara berpikirnya sendiri.

 

Baca juga: 

 

3. Meluangkan Waktu untuk Diri Sendiri

Meluangkan Waktu untuk Diri Sendiri

Meluangkan Waktu untuk Diri Sendiri

Seniman dan orang-orang kreatif sering dijuluki sebagai penyendiri. Julukan penyendiri seharusnya bukan merupakan hal yang buruk sebab seseorang yang selalu meluangkan waktu khusus untuk dirinya sendiri cenderung memiliki momen-momen khusus yang berkaitan dengan pembentukan ide- ide kreatif. Sesekali, biarkanlah pikiran Anda berkelana menyusuri setiap aspek kehidupan yang pernah Anda lalui. Siapa tahu dari kegiatan ‘bertapa’ tersebut, Anda dapat menemukan ilham untuk membuat sebuah karya fenomenal.

4. Terbuka Pada Hal-Hal Baru

Terbuka Pada Hal-Hal Baru

Terbuka Pada Hal-Hal Baru

Keterbukaan untuk menerima hal-hal baru juga dapat mendorong munculnya jiwa kreativitas dalam diri seseorang. Orang-orang kreatif selalu membuka diri pada setiap kesempatan yang dapat memberikan pengalaman baru, pola pikir dan sudut pandang berbeda yang menarik untuk dijelajahi. Untuk itu, mulai dari sekarang jangan takut untuk berkata ‘YA’ ketika Anda dihadapkan pada sebuah kesempatan untuk mencicipi pengalaman baru. Selalu ada sejuta alasan untuk tidak melakukan sesuatu, namun hanya dibutuhkan satu kata untuk berani keluar dari zona nyaman Anda.

5. Berani Mengambil Risiko

Berani Mengambil Risiko

Berani Mengambil Risiko

Salah satu bagian penting dalam memproduksi ide-ide kreatif adalah berani mengambil risiko. Orang-orang kreatif tidak takut untuk mempertaruhkan keberuntungannya pada hal-hal baru yang belum tentu dapat memberikannya jaminan kesuksesan. Jangan pula menghukum diri Anda saat mengalami kegagalan, anggaplah hal tersebut sebagai bahan uji coba.

6. Mencintai Segala Bentuk Keindahan

Mencintai Segala Bentuk Keindahan

Mencintai Segala Bentuk Keindahan

Orang-orang kreatif senderung memiliki selera tinggi terhadap hal-hal tertentu. Oleh karena itu, mereka lebih suka untuk berada di tempat-tempat yang menawarkan keindahan yang tidak biasa. Mereka lebih suka bekerja diiringi musik atau berada di tempat sunyi yang menyuguhkan pemandangan alam menakjubkan.

Apakah Anda memiliki karakteristik seperti yang disebutkan di atas?

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *