6 Alasan Mengapa Kamu Harus Melatih Kebiasaan Menulis dari Sekarang

Jika kamu termasuk ke dalam golongan orang-orang yang memilki hobi menulis, maka kamu wajib merasa beruntung. Mengapa demikian? Menulis, selain dapat menjadi kegiatan yang menguntungkan secara finansial, juga memiliki manfaat luar biasa yang berpengaruh terhadap kemampuan otak dan suasana hati kita. Agar kamu semakin terdorong untuk terus menulis setiap hari, mari kita simak beberapa manfaat yang akan kamu dapatkan dari kebiasaan menulis.

1. Hobi Menulis yang Berbanding Lurus dengan Hobi Membaca, Dapat Meningkatkan Wawasan Kamu

Hobi Menulis yang Berbanding Lurus dengan Hobi Membaca, Dapat Meningkatkan Wawasan Kamu

Hobi Menulis yang Berbanding Lurus dengan Hobi Membaca, Dapat Meningkatkan Wawasan Kamu

Kebiasaan menulis biasanya diawali dengan hobi membaca. Siapapun yang memiliki hobi membaca, baik karya fiksi maupun non-fiksi, akan memiliki dorongan dan inspirasi untuk menghasilkan karya serupa. Dari buku-buku yang kita baca, kita dapat memilki pengetahuan tentang cara penulisan yang benar, teknik penyampaian ide, hingga gaya penulisan tertentu.

2. Menulis Membuatmu Lebih Bahagia

Menulis Membuatmu Lebih Bahagia

Menulis Membuatmu Lebih Bahagia

Mungkin banyak dari kita yang gemar menulis jurnal pribadi sebagai bentuk ‘pelampiasan’ dari berbagai peristiwa yang terjadi di kehidupan sehari-hari. Menulis jurnal atau daftar keinginan dan tujuan hidup ternyata juga dapat berpengaruh terhadap suasana hati kita. Penelitian menunjukkan, menulis tentang mimpi dan cita-cita di masa depan ternyata dapat membuat seseorang merasa lebih bahagia dan bugar. Melalui sebuah tulisan, seseorang dapat mengutarakan isi hati dan pikirannya tanpa mengindahkan respon negatif yang terkadang mereka temui di kehidupan sehari-hari. Pokonya, dengan menulis, kamu bisa merasa dunia dan seisinya adalah milikmu dan kamu punya waktu tidak terbatas untuk membahasanya satu per satu.

3. Menulis Dapat Membuatmu Memiliki Kemampuan Berkomunikasi yang Lebih Baik

Menulis Dapat Membuatmu Memiliki Kemampuan Berkomunikasi yang Lebih Baik

Menulis Dapat Membuatmu Memiliki Kemampuan Berkomunikasi yang Lebih Baik

Kita pasti sering merasa kehabisan kata-kata untuk mengungkapkan pendapat kita kepada orang lain. Keadaan tersebut tentunya tidak mengeenakkan, bukan? Tapi, tahukah kamu? Kebiasaan menulis ternyata dapat mengatasi krisis kehabisan kata-kata dalam berkomunikasi. Hal tersebut disebabkan kegiatan menulis akan ‘memaksa’ kita untuk memproduksi kalimat yang selain berterima secara tata bahasa, juga masuk akal dan dapat dipahami ketika dibaca, sehingga ketika kita berkomunikasi, otak kita pun secara otomatis akan memproduksi kalimat yang tertata.

 

Baca juga:

 

4. Kebiasaan Menulis Dapat Mencegah Kepikunan

Kebiasaan Menulis Dapat Mencegah Kepikunan

Kebiasaan Menulis Dapat Mencegah Kepikunan

Seiring bertambahnya usia, kemampuan otak dan indera kita juga mengalami penurunan. Salah satu gejala yang menandakan kemampuan otak kita semakin menurun adalah munculnya kepikunan. Oleh karena itu, selagi masih muda, kita dianjurkan untuk terus mengasah kemampuan otak kita agar tetap tajam kelak ketika tua nanti. Menulis setiap hari dapat menjadi latihan yang tepat untuk mengasah ketajaman daya pikir dan daya ingat kita.

5. Hari-Harimu Jadi Semakin Produktif dengan Menulis

Hari-Harimu Jadi Semakin Produktif dengan Menulis

Hari-Harimu Jadi Semakin Produktif dengan Menulis

Menuangkan ide-ide kreatif yang kita miliki ke dalam bentuk tulisan seperti esai, cerita pendek, atau resep masakan sekalipun dapat membuat waktu senggang yang kita miliki menjadi produktif. Untuk itu, jangan pernah enggan untuk menuliskan ide-ide kita melalui tulisan, sekonyol apapun itu, sebab kita tidak akan pernah tahu hal menakjubkan seperti apa yang akan didapatkan dari tulisan-tulisan tersebut.

6. Kosakata Semakin Bertambah

Kosakata Semakin Bertambah

Kosakata Semakin Bertambah

Memiliki kebiasaan membaca akan membuat kita mendapatkan pengetahuan baru mengenai kata-kata atau istilah baru. Kosakata yang beragam pun akan membuat tulisan kita menjadi lebih berwarna, selain juga dapat memberikan wawasan baru bagi para pembaca. Nah, mulai dari sekarang, jika kita membaca kata-kata yang terdengar asing bagi kita, mulailah untuk mencari artinya lalu menuliskannya ke dalam daftar kosakata baru yang dapat kita aplikasikan ke dalam tulisan kita kelak.

Ternyata, banyak sekali bukan manfaat yang bisa kita peroleh dari kebiasaan menulis? Yuk, kita mulai tingkatkan kualitas tulisan kita dengan kebiasaan menulis.

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *