5 Tips Perubahan Website yang Mampu Mendongkrak Penjualan

Logikanya, semakin banyak pengunjung yang datang ke toko, maka potensi dagangan laris semakin tinggi. Hal serupa juga berlaku pada toko online atau website yang difungsikan untuk berbisnis. Untuk meningkatkan penjualan, Anda perlu melakukan beragam strategi untuk meningkatkan traffic atau jumlah pengunjung ke website.

Satu di antaranya ialah dengan melakukan perbaikan pada toko online. Ciptakan web yang menarik, memudahkan, dan memberikan solusi pada pengunjung yang jadi target pembeli. Bagaimana caranya? Untuk menjawab pertanyaan ini, yuk simak 5 tips perubahan website yang mampu mendongkrak penjualan di bawah ini:

1. Cari Tahu Kesulitan dan Masalah dari Website Saat Ini

Cari Tahu Kesulitan dan Masalah dari Website Saat Ini

Cari Tahu Kesulitan dan Masalah dari Website Saat Ini

Langkah perubahan yang pertama untuk website Anda ialah mengetahui apa yang jadi masalah dan kesulitan selama ini. Misalnya, website berat dan susah diakses, templat web rumit dan membuat pusing, belum mobile friendly, kurang optimal di mesin pencari, dan masih banyak lagi.

Dari masalah-masalah tersebut, Anda bisa menentukan langkah perubahan yang diperlukan untuk website yang baru. Perubahan itu baiknya berorientasi pada konsep website bisnis yang Anda miliki dan apa yang dibutuhkan target pembeli Anda.

Misalnya, Anda fotografer freelance khusus tema pernikahan. Untuk membuatnya lebih menarik, Anda perlu membangun kesan tertentu. Seperti memakai warna-warna cerah untuk menciptakan suasana bahagia, romantis, dan ceria, memposting portofolio, branding lewat logo atau tagline, dan lain-lain.

2. Navigasi yang Tepat Sasaran

Navigasi yang Tepat Sasaran

Navigasi yang Tepat Sasaran

Website untuk berbisnis umumnya memiliki templat yang lebih rumit. Untuk itu sangat dianjurkan Anda mengetahui bagaimana struktur yang tepat. Bila struktur tak tertata baik, halaman yang seharusnya penting bisa saja dianggap tidak penting oleh search engine.

Navigasi lain yang tak kalah penting ialah pedoman pembeli. Ini merupakan panduan untuk membeli produk atau menyewa jasa yang Anda tawarkan. Isinya mulai dari langkah-langkah pemesanan, barang atau jasa yang di tawarkan, tarif, pembayaran, dan lain-lain.

 

Baca juga:

 

3. Optimasi Halaman Utama dan Halaman Kategori Website

Optimasi Halaman Utama dan Halaman Kategori Website

Optimasi Halaman Utama dan Halaman Kategori Website

Kedua halaman ini merupakan yang paling banyak dikujungi di website. Pengunjung yang datang sebagian besar akan kembali ke halaman kategori atau halaman utama untuk melihat-lihat.

Untuk itu optimalkan halaman ini dengan baik, misalnya dengan memberikan penjelasan singkat pada produk atau jasa yang ditawarkan. Jangan lupa mengoptimalkan judul halaman kategori untuk meningkatkan traffic.

4. Ciptakan Viral Lewat Komunikasi dan Jejaring Sosial

Ciptakan Viral Lewat Komunikasi dan Jejaring Sosial

Ciptakan Viral Lewat Komunikasi dan Jejaring Sosial

Hingga saat ini jejaring sosial dinilai sebagai sumber traffic kedua setelah search engine. Untuk itu, Anda sangat dianjurkan mengintegrasikan jejaring sosial dengan website. Integrasi ini gunanya untuk menciptakan viral, membangun reputasi, dan menjalin komunikasi.

Selain itu, sangat baik bila Anda bisa membuat forum atau komunitas di website. Begitu juga dengan memberikan tool-tool tambahan. Contohnya live chat untuk lebh mudah dan cepat berkomunikasi dengan pengunjung.

5. Buat Strategi Content Marketing

Buat Strategi Content Marketing

Buat Strategi Content Marketing

Kekuatan konten pada sebuah website bisnis online sudah terbukti dan tak diragukan lagi. Alasannya sederhana, karena mayoritas netizen yang membeli atau menggunakan jasa bertransaksi atas asas kepercayaan.

Awalnya pengunjung mengenal Anda lewat website, lalu mulai percaya dengan konten, dan akhirnya jadi pembeli. Untuk sampai ke tahap pembeli yang melimpah butuh proses, ketelitian dan ketepatan merencanakan strategi content marketing.

Lewat 5 tips perubahan website yang mampu mendongkrak penjualan di atas, Anda bisa berpeluang besar berada di peringkat atas search engine. Untuk itu, baiknya rencanakan perubahan dengan matang dan lakukan secara bertahap.

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *