5 Tips Cerdas Cara Membuat Laporan Kegiatan yang Baik

                Setelah Anda sukses menjalankan suatu acara, langkah selanjutnya adalah Anda harus membuat laporan kegiatan secara tertulis. Agar laporan kegiatan Anda dapat diterima dengan baik oleh atasan dan pihak sponsor, laporan haruslah disusun dengan baik. Berikut adalah 5 tips cerdas cara membuat laporan kegiatan yang baik.

1. Perhatikan bagian yang harus ada dalam laporan kegiatan

Perhatikan bagian yang harus ada dalam laporan kegiatan

Perhatikan bagian yang harus ada dalam laporan kegiatan

Laporan kegiatan yang baik harus memiliki bagian-bagian yang ada di bawah ini. Selain itu, penyusunannya juga harus sistematis, agar pembaca dapat mengikuti alur kalimat di setiap elemen laporan dengan mudah. Bagian-bagian dalam laporan terdiri dari:

a. Kata Pengantar

Kata pengantar adalah bagian utama dalam penyusunan laporan. Anda dapat membuat kata pengantar yang pendek, cukup satu halaman dengan bahasa yang singkat dan apresiatif.

b. Dafar Isi

Untuk membuat daftar isi laporan kegiatan dalam Microsoft Word, ada trik khusus agar letak nomor halaman dan titik-titik penyambungnya rapi dan cepat. Gunakanlah menu References pada bilah menu dan pilih Table Content. Nah, titik-titik akan terisi secara otomatis, cukup dengan menekan tombol Tab pada papan ketik.

c. Daftar Tabel

Cantumkan semua daftar tabel yang ada pada laporan. Jangan lupa untuk memeriksa halaman letak tabel.

d. Daftar Gambar

Gambar atau foto tidak selalu terletak pada lampiran. Jika dirasa perlu untuk menyertakan gambar pada bab tertentu, sebaiknya tambahkan daftar gambar atau foto dengan halaman.

e. Daftar Lampiran

Daftar lampiran merupakan kumpulan salinan surat perizinan maupun daftar sponsor yang turut serta dalam terselenggaranya kegiatan.

f. Bab I – Pendahuluan

Pendahuluan berisi latar belakang suatu kegiatan yang telah diselenggarakan, tujuan diadakannya kegiatan, dan fungsi jangka panjang dan pendek dari kegiatan tersebut.

g. Bab II – Isi

Dalam membuat laporan kegiatan yang baik, bagian isi adalah bagian terpenting. Jelaskan secara rinci susunan organisasi yang membantu terselenggaranya kegiatan, termasuk juga alat dan bahan yang dibutuhkan. Jika memungkinkan, Anda dapat menyertakan alasan mengapa memilih alat dan bahan tersebut serta harga yang tertera pada banderol, seperti sedang membuat anggaran dana yang telah terealisasi.

h. Bab III – Kesimpulan dan Saran

Setelah menjelaskan inti dari kegiatan pada bab sebelumya, bagian akhir laporan kegiatan adalah kesimpulan dan saran untuk perbaikan bagi kegiatan selanjutnya.

i. Daftar Pustaka

Saat membuat laporan kegiatan, Anda juga memerlukan buku referensi, terutama pada bagian latar belakang. Cantumkan semua referensi buku yang dipakai pada daftar pustaka.  

j. Lampirkan kuitansi, surat penting, publikasi media cetak

Lampirkanlah dokumentasi, arsip kuitansi, dan surat penting lainnya sebagai tanda bukti pada halaman lampiran.

 

Baca juga:

2. Gunakan bahasa yang sesuai EYD

Gunakan bahasa yang sesuai EYD

Gunakan bahasa yang sesuai EYD

Agar atasan dan pihak sponsor memercayakan lagi kegiatan serupa, sebaiknya laporan kegiatan menggunakan bahasa yang sesuai dengan EYD. Susunan bahasa yang formal dan informatif akan mampu merangkum seluruh isi kegiatan dalam laporan.

3. Lengkapi laporan kegiatan dengan foto

Lengkapi laporan kegiatan dengan foto

Lengkapi laporan kegiatan dengan foto

Cara membuat laporan kegiatan yang baik juga harus menyertakan foto kegiatan. Foto adalah gambaran nyata sekaligus berfungsi sebagai narator yang mendeskripsikan seluruh rangkaian kegiatan. Pilihlah foto yang dapat bercerita dan merekam momen terpenting untuk disertakan pada laporan kegiatan.

4. Uraikan kesulitan dan hambatan

Uraikan kesulitan dan hambatan

Uraikan kesulitan dan hambatan

Pada kenyataannya, segala kegiatan pasti memiliki kesulitan dan hambatan. Laporan kegiatan yang baik biasanya menyertakan uraian kesulitan dan hambatan kegiatan dengan jelas agar bisa memberikan kesimpulan dan saran yang tepat pada Bab III.

5. Edit ulang sebelum laporan kegiatan dicetak

Edit ulang sebelum laporan kegiatan dicetak

Edit ulang sebelum laporan kegiatan dicetak

Sebelum dicetak, periksa dan bacalah kembali dari awal hingga akhir. Lakukan proses pengeditan dan revisi untuk menyempurnakan laporan kegiatan.

 

Demikianlah 5 tips cerdas cara membuat laporan kegiatan yang baik. Semoga dapat membantu menyempurnakan laporan kegiatan yang akan Anda ajukan pada atasan dan pihak sponsor.  

 

 

 

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Trackbacks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *