5 Strategi Menjadi Pekerja yang Paling Dicari (8)

Dr. David Freemantle dalam bukunya 50 Strategi Menjadi Pekerja Paling Dicari menjelaskan 50 strategi menjadi pekerja yang paling dicari. Tak peduli apakah Anda mengejar pekerjaan utama atau pekerjaan impian Anda. Pelajarilah kiat untuk menjadi karyawan yang paling dicari.

shutterstock_112699027

Credit Image via Shutterstock

Berikut ini adalah langkah 36 – 40, strategi untuk menjadi pekerja yang paling dicari. Strategi berikutnya yang harus Anda lakukan adalah :

Tetapkan Batasan untuk Diri Anda Sendiri

Ada batasan-batasan pribadi yang sama sekali tidak boleh Anda langgar. Perilaku Anda sehar-hari dipandu oleh batasan yang Anda tetapkan di dalam benak Anda. Misalnya : Apakah Anda selalu datang tepat waktu atau datang terlambat, seperti banyak orang? Apakah Anda menerima hasil kerja berkualitas rendah atau tidak, seperti yang dilakukan banyak orang?

Jangan Pernah Mengeluh

Orang yang selalu mengeluh akan mencelakakan diri sendiri. Kembangkan seni atau saran positif dengan mencoba membantu orang yang sebelumnya Anda keluhkan. Kalangan profesional tidak melayangkan keluhan, sebaliknya mereka membuat saran yang membangun. Pertanyaan yang wajib Anda ajukan untuk diri sendiri adalah, “Apakah orang pernah mengeluh tentang saya?”

Bidiklah Kesempurnaan Kata dan Fakta

Bidiklah kesempurnaan dalam apa yang Anda katakan. Hanya bicarakan tentang apa yang Anda ketahui. Pastikan apa yang Anda ketahui merupakan suatu realitas. Belajar dari kesalahan untuk menghasilkan kesempurnaan.

Berkorbanlah

Kesenangan selalu datang terakhir, kesusahan datang terlebih dahulu. Tidak ada keuntungan tanpa pengorbanan pribadi. Pertanyaan yang wajib Anda ajukan: Apa yang siap Anda korbankan untuk mencapai tujuan karir Anda?

Menonton dan menghabiskan waktu di depan televisi tidak akan memberi Anda banyak manfaat. Korbankan acara menonton dan habiskan waktu dengan lebih produktif dalam upaya mengejar karir Anda.

Bekerjalah untuk Diktator

Satu tahun bekerja untuk seorang diktator sebanding dengan dua tahun menuntut ilmu di sekolah bisnis. Jangan menjadi seorang diktator, tetapi bekerjalah untuknya, hanya demi pengalaman yang luar biasa. Diktator hanya fokus pada kelemahan orang lain. Dengan sukses bekerja untuk seorang diktator, Anda akan menjadi lebih kuat dari segi karakter.

Strategi 41-45 akan saya lanjutkan pada artikel (9) berikutnya. Sehingga pembaca dapat mengetahui 50 strategi menjadi pekerja yang paling dicari secara utuh.

Referensi
1. 50 Strategi Menjadi Pekerja Paling Dicari, David Freemantle, 2009, PT. Buana Ilmu Populer, Kelompok Gramedia.

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *