5 Strategi Menjadi Pekerja yang Paling Dicari (7)

Dr. David Freemantle dalam bukunya 50 Strategi Menjadi Pekerja Paling Dicari menjelaskan strategi menjadi pekerja yang paling dicari. Tak peduli apakah Anda mengejar pekerjaan utama atau pekerjaan impian Anda. Pelajarilah kiat untuk menjadi karyawan yang paling dicari.

shutterstock_99799265

Credit Image via Shutterstock

Berikut ini adalah langkah 31 – 35, strategi untuk menjadi pekerja yang paling dicari. Strategi berikutnya yang harus Anda lakukan adalah :

Jalinlah Jaringan

Semakin besar jaringan yang Anda kembangkan semakin besar pula kemungkinan Anda maju di dalam karir Anda. Ingat bahwa jaringan tersebut adalah proses dua arah. Anda di sana untuk membantu orang-orang di dalam jaringan tersebut, sama seperti mereka ada di sana untuk membantu Anda. Jaringan pribadi adalah sistem saling dukung yang bersifat informal.

Ambil setiap peluang untuk berteman dan bertemu dengan orang baru baik di luar maupun di dalam perusahaan Anda. Kumpulkan kartu nama mereka dan selalu lakukan langkah tindak lanjut untuk memperkuat hubungan baru, agar nama Anda lekat di benak mereka.

Jangan Berhenti

Teruslah bergerak. Setiap empat tahun sekali, perhatikan baik-baik yang tampak di lautan peluang yang terbentang di hadapan Anda. Mulailah menjaring pekerjaan menarik yang baru di tempat lain.

Tanyakan kepada diri Anda setiap akhir minggu, “Apa yang sedang saya pelajari di pekerjaan saya yang sekarang? Pengalaman hebat apa yang sedang saya dapatkan?” Jika Anda bingung menjawabnya, maka sudah waktunya Anda pindah haluan dan menjelajahi cakrawala baru.

Buat Diri Anda Terlihat

Anda harus terlihat di tempat yang tepat pada saat yang tepat. Keluarlah dari lingkaran orang yang Anda hadapi setiap hari dan pastikan Anda meninggalkan “jejak” di benak orang-orang berpengaruh. Jika Anda tidak terlihat di perusahaan Anda, maka Anda akan tertinggal di tengah kegelapan.

Yakinlah Secara Diam-diam

Jangan pernah merasa sepenuhnya yakin bahwa Anda selalu benar. Tak peduli seberapa yakin Anda, Anda masih bisa salah. Orang akan menjadi tidak yakin terhadap Anda jika Anda terlalu yakin.

Ajukan Diri Secara Sukarela

Mengajukan diri secara sukarela merupakan perbuatan mendasar yang berupa memberikan lebih banyak daripada yang tercantum di job deskripsi atau kontrak kerja Anda.

Mengajukan diri secara sukarela menunjukkan bahwa Anda memiliki sikap proaktif yang positif terhadap pekerjaan Anda. Hal tersebut tidak akan diabaikan begitu saja. Jadilah seorang sukarelawan yang penuh perhatian. Katakan kepada atasan Anda : “Ada yang bisa saya bantu untuk meringankan pekerjaan Ibu/Bapak?

Strategi 36-40 akan saya lanjutkan pada artikel (8) berikutnya. Sehingga pembaca dapat mengetahui 50 strategi menjadi pekerja yang paling dicari secara utuh.

Referensi
1. 50 Strategi Menjadi Pekerja Paling Dicari, David Freemantle, 2009, PT. Buana Ilmu Populer, Kelompok Gramedia.

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *