5 Strategi Menjadi Pekerja yang Paling Dicari (5)

Dr. David Freemantle dalam bukunya 50 Strategi Menjadi Pekerja Paling Dicari menjelaskan 50 strategi menjadi pekerja yang paling dicari. Tak peduli apakah Anda mengejar pekerjaan utama atau pekerjaan impian Anda. Pelajarilah kiat untuk menjadi karyawan yang paling dicari.

shutterstock_220682413

Credit Image via Shutterstock

Berikut ini adalah langkah 21 – 25, strategi untuk menjadi pekerja yang paling dicari. Strategi berikutnya yang harus Anda lakukan adalah :

Jadilah Jaminan Mutu

Tetapkan target pribadi untuk mengalokasikan waktu sedikitnya dua hari dalam setahun untuk mengikuti seminar dari pakar-pakar untuk bidang yang Anda tekuni, kemudian hapalkan dan aplikasikan pelajaran tersebut untuk menjadikan diri Anda seorang jaminan mutu. Satu persen tambahan di dalam pembelajaran itu bisa membuat bnyak perbedaan. Raihlah ilmu tersebut dari para pakar.

Dengarkan Apa yang Didengarkan Orang Lain

Untuk menjadi seorang pendengar yang sukses, Anda perlu mengetahui latar belakang apa yang dikatakan orang lain. Jadi pergilah dan pelajari apa yang mereka dengarkan dan cari tahu apa yang memengaruhi mereka.

Cintakan Segala Sesuatu Dua kali

Sebelum Anda berkinerja pada hari itu (bagaimana pun Anda mendefinisikan kinerja), terlebih dahulu bayangkan diri Anda melakukannya. Simpan baik-baik dalam benak Anda gambaran tentang target Anda secara keseluruhan, hari demi hari dan bulan demi bulan, kemudian visualisasikan langkah-langkah yang akan Anda ambil untuk mencapai setiap target.

Berbicaralah dengan Orang yang Tidak Anda Kenal

Hal paling mudah di dunia adalah berbicara dengan orang yang Anda kenal. Lebih sulit untuk berbicara dengan orang yang tidak Anda kenal. Setiap hari, tantang diri Anda untuk bertemu dengan sedikitnya satu orang yang tidak pernah Anda jumpai sebelumnya dan awali suatu hubungan profesional denganya.

Utarakan Pendapat

Jika Anda tidak punya pendapat, Anda akan diabaikan karena dianggap tidak penting. Tantang pendapat Anda sendiri. Bersiaplah untuk menjadi pihak yang salah. Ungkapkan pendapat Anda jika Anda sudah mengujinya luar dalam di dalam batin Anda. Ubah pendapat menjadi saran. Jangan pernah berharap, semua orang akan sependapat dengan Anda.

Strategi 25-30 akan saya lanjutkan pada artikel (6) berikutnya. Sehingga pembaca dapat mengetahui 50 strategi menjadi pekerja yang paling dicari secara utuh.

Referensi
1. 50 Strategi Menjadi Pekerja Paling Dicari, David Freemantle, 2009, PT. Buana Ilmu Populer, Kelompok Gramedia.

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *