5 Strategi Menjadi Pekerja yang Paling Dicari (2)

Dr. David Freemantle dalam bukunya 50 Strategi Menjadi Pekerja Paling Dicari menjelaskan 50 strategi menjadi pekerja yang paling dicari. Tak peduli apakah Anda mengejar pekerjaan utama  atau pekerjaan impian Anda. Pelajarilah kiat untuk menjadi karyawan yang paling dicari.

shutterstock_174876011

Credit Image via Shutterstock

Berikut ini adalah langkah 6- 10, strategi untuk menjadi pekerja yang paling dicari. Strategi berikutnya yang harus Anda lakukan adalah :

Mempan

Semua orang sukses pasti MEMPAN. Mereka MEM(BUAT) P(ERBEDA)AN. Pastikan bahwa kontribusi yang Anda buat setiap hari di tempat kerja menghasilkan perbedaan bagi orang-orang penting di sekitar Anda, misalnya : pelanggan, atasan, atau rekan kerja Anda.

Anda dapat membuat perbedaan melalui:

  • Keahlian professional yang unik.
  • Keterampilan menjalin hubungan yang unik.
  • Kepribadian yang unik.
  • Pengalaman yang unik di industri tertentu (stasiun tv, radio, surat kabar)
  • Kemampuan yang unik dalam memotivasi rekan kerja.
  • Catatan prestasi yang gemilang.

Jika Anda sama seperti semua orang lain, hanya sedikit yang mengingat Anda.

Ambillah Jalan yang Jarang Dilalui

Dalam menangani apa pun, hindari memilih jalur yang banyak bekas jejak kaki yang telah ditempuh oleh orang lain. Perbedaan akan muncul jika Anda menciptakan “jalan setapak” Anda. Pilihlah jarul yang paling sedikit jejak kakinya. Mendiang Eartha Kitt pernah ditanya tentang rahasia kesuksesannya. Ia menjawab, “Saya tidak mengikuti kerumunan. Saya menciptakan jalur saya sendiri.

Tempatkan Pekerjaan Anda ke Dalam 3-D

Semua pekerjaan mempunyai tiga dimensi. Jangan membatasi diri pada dimensi pertama saja –yakni tugas dalam deskripsi kerja saja. Untuk meraih kesuksesan maksimum di dalam pekerjaan, Anda harus mengerti dengan jelas tentang “bagaimana” “apa”, dan “mengapa” dari pekerjaan Anda.

Dimensi 1 – ini adalah tugas yang perlu Anda kerjakan. Presentasi dari “bagaimana “ dari pekerjaan Anda.

DIMENSI 2 – hasil yang harus ANda capai setiap hari. Ini adalah kontribusi terukur yang Anda berikan sebagai upaya maksimal Anda. Ini mewakili hal “apa” dari pekerjaan Anda.

DIMENSI 3- Maksud keseluruhan dari pekerjaan Anda. Ini mewakili “mengapa” dari pekerjaan Anda.

Beresonansi

Agar bisa berkomitmen dengan suatu kesepakatan tertentu, Anda perlu menyelami ke dalam hati Anda dan berusaha untuk beresonansi atau menyelami perasaan orang lain. Pada praktiknya Anda menyesuaikan diri dengan gelombang orang lain untuk menghubungkan diri. Inilah resonansi, kedua bunyi menjadi satu.

Jadilah Diri Sendiri

Menjadi diri sendiri di organisasi mana pun jauh lebih menantang dibandingkan menjadi orang yang diinginkan organisasi. Hati nurani kadang bertentangan dengan kepatuhan.

Strategi 11-15 akan saya lanjutkan pada artikel (3) berikutnya. Sehingga pembaca dapat mengetahui 50 strategi menjadi pekerja yang paling dicari secara utuh.

Referensi

  1. 50 Strategi Menjadi Pekerja Paling Dicari, David Freemantle, 2009, PT. Buana Ilmu Populer, Kelompok Gramedia.

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *