5 Strategi Menjadi Pekerja yang Paling Dicari (1)

Dr. David Freemantle dalam bukunya 50 Strategi Menjadi Pekerja Paling Dicari menjelaskan 50 strategi menjadi pekerja yang paling dicari. Tak peduli apakah Anda mengejar pekerjaan utama atau pekerjaan impian. Pelajarilah kiat untuk menjadi karyawan yang paling dicari.

shutterstock_117840919

Credit Image via Shutterstock

Berikut ini adalah langkah 1- 5, strategi untuk menjadi pekerja yang paling dicari. Strategi yang harus Anda lakukan adalah :

Jatuh Cinta

Jatuh cinta pada pekerjaan Anda mungkin merupakan sesuatu yang menguntungkan daripada jatuh cinta pada pemuda atau gadis impian Anda.

Selidiki hati Anda untuk mencari tahu jenis pekerjaan apa yang Anda cintai – kemudian fokuskan waktu dan energi Anda pada upaya meraih pekerjaan tersebut. Kecintaan Anda pada pekerjaan ini akan mengerakkan diri Anda ke arah pekerjaan tersebut dan menjamin bahwa Anda akan menjalankannya secara efektif.

Agar terjadi kemajuan di dalam pekerjaan dan karir Anda, Anda harus jatuh cinta dengan pekerjaan yang Anda lakukan. Jika Anda cinta menggambar jadilah animator atau ilustrator, jika Anda cinta membaca buku dan menulis, jadilah penyunting atau penulis, jika Anda cinta memasak, jadilah seorang koki.

Dalam pidatonya di acara wisuda Stanford University pada Juni 2005, salah satu pendiri dan CEO Apple Computer, mendiang Steven Jobs, berkata di depan para wisudawan: “Kalian harus mencari pekerjaan yang kalian cintai.”

Kahlil Gibran dalam buku Sang Nabi bilang,” Pekerjaan adalah cinta yang berwujud.” Intinya, lebih baik menghasilkan uang 50.000 dari pekerjaan yang Anda cintai daripada 100.000 dari pekerjaan yang Anda benci. Uang tambahan tersebut tidak akan pernah membawa kebahagian yang dapat diraih jika Anda mencintai pekerjaan Anda.

Percayalah Anda Bisa Melakukannya

Anda bisa melakukan apa yang Anda percaya bisa Anda lakukan. Anda tidak dapat melakukan apa yang Anda percaya tidak bisa Anda lakukan. Anda lebih mungkin gagal jika tidak memiliki kepercayaan daripada jika Anda memilikinya.

Tunjukkan Hasil

Jika Anda tidak tahu hasil apa yang diharapkan dari Anda, Anda tidak mungkin mendapatkan hasil. Selalu fokus pada tujuan perusahaan Anda, kemudian bekerjalah mundur dari sana untuk menentukan hasil yang harus Anda capai setiap hari.

Hasil yang menguntungkan itu bisa saja berupa: meningkatnya penjualan, terselesaikannya suatu masalah, pengalaman positif pelanggan, tenggat waktu yang berhasil dipenuhi, atau target penyelesaian buku yang berhasil dicapai. Semua karyawan harus jelas tentang hasil apa yang diharapkan dari mereka, sehingga hasil ini memberi kontribusi positif pada kinerja perusahaan secara keseluruhan.

Jadilah Orang yang Dapat Dipercaya Sepenuhnya Setiap Hari

Kepercayaan adalah inti dari semua hubungan. Dengan demikian, janganlah pernah melakukan apa pun yang dapat mengkhianati kepercayaan ini. Arahkan diri Anda untuk menjadi orang yang dipercaya semua orang.

Contoh kecil adalah : Dapatkah Anda dipercaya untuk menjawab sebuah surat elektronik tepat waktu? Dapatkah Anda dipercaya untuk memberitahu kebenaran dan tidak menutupi kesalahan Anda? Dapatkan Anda dipercaya untuk membayar kembali uang perusahaan yang telah Anda pinjam?

Pentingnya Penting

Penting bahwa semua hal yang Anda pikirkan, katakan dan lakukan, mencerminkan apa yang penting bagi Anda. Kita semua berisiko mengalami ketidakjelasan tentang apa yang penting bagi kita di dalam hidup dan pekerjaan kita.

Anda harus memosisikan diri Anda sendiri sesuai dengan upaya menyeimbangkan satu hal penting dengan hal penting lainnya. Contoh : Anda harus bekerja lembur sampai jauh malam untuk menyelesaikan laporan keuangan, dan mengorbankan waktu bersama keluarga Anda pada hari-hari tertentu.

Strategi 6-10 akan saya lanjutkan pada artikel berikutnya. Sehingga pembaca dapat mengetahui 50 strategi menjadi pekerja yang paling dicari pada akhirnya.

Referensi

  1. 50 Strategi Menjadi Pekerja Paling Dicari, David Freemantle, 2009, PT. Buana Ilmu Populer, Kelompok Gramedia.

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *