5 Langkah Memulai Usaha

Seorang karyawan tak selamanya bisa menjadi orang gajian. Ada suatu hal yang saya jamin. Suatu saat Anda akan kehilangan pekerjaan, apakah karena pensiun, perusahaan Anda bangkrut, atau dipecat. Sebelum masa itu tiba sebaiknya para pekerja kantoran mempersiapkan wirausaha. Namun untuk memulai wirausaha acapkali bingung. Inilah lima langkah memulau wirausaha berdasarkan saran dari Ciputra Entrepreneurship:

5 Langkah Memulai Usaha - ruang freelance

5 Langkah Memulai Usaha – Ruang freelance / Shutterstock

Tentukan Ide Usaha

Sesuaikan usaha yang akan dibuka dengan kemampuan, minat, atau bakat yang Anda miliki, namun tanpa meninggalkan peluang pasar. Banyak pengusaha sukses karena memilih bidang usaha yang mereka sukai. Misalnya : Anda seorang accounting dan Anda mempunyai bakat terpendam sebagai seorang penyanyi. Ini terbukti karena Anda sering konser solo di kamar mandi. Anda sanggup menyanyi satu album tanpa membuat tetangga protes dengan suara fals Anda. Cobalah rekam suara Anda dan buatlah demo kemudian mengunggahnya di Youtube. Contoh lainnya adalah Anda seorang penulis atau penyunting yang jago masak. Belajarlah untuk membuka usaha warung tenda yang menjual masakan terbaik Anda. Buatlah menu dengan nama yang unik seperti mi goreng ayam ngacir. Tentu saja rasanya harus istimewa.

Ciptakan Visi dan Misi Usaha

Sebuah usaha harus mempunyai misi dan visi yang jelas, sehingga tujuan dan langkahnya terstruktur dengan baik untuk mengembangkan usaha menjadi lebih baik.

Bertindaklah

Sebaik apapun ide usaha Anda, tidak akan pernah menjadi usaha sukses jika tidak segera bertindak. Mulailah usaha yang Anda rencanakan dengan penuh keyakinan dan ketekunan. Kesusksesan mensyaratkan kerja keras, kerja cerdas, dan ketekunan.

Tak Pernah Berhenti Belajar

Amati pengusaha sukses dari bidang yang sama dengan pilihan Anda. Perhatikan startegi manajemen mereka. Hal penting yang lain adalah menambah pengetahuan semua hal yang berkaitan dengan bisnis Anda, agar produk / jasa up to date dan inovatif. Hadiri aneka pelatihan, seminar, dan pameran usaha agar Anda tak seperti katak dalam tempurung.

Hadapi Hambatan dan Kegagalan

Membangun sebuah usaha hingga sukses tidaklah mudah. Hampir selalu ada hambatan dan rintangan. Sebaiknya Anda selalu berpikiran positif terhadap hambatan, ujian, bahkan kegagalan. Yakinlah bahwa di setiap satu kesulitan terdapat dua kemudahan. Jika Anda bekerja keras hingga tenggat waktu, biasanya akan kreatif menemukan solusi. Oleh karena itu, hadapi saja hambatan dan rintangan karena kedua hal tersebut akan menguatkan mental dan membangun kemampuan Anda dalam memajukan usaha.

Referensi :

Majalah Intisari, edisi Oktober 2014

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *