5 Jenis Musik Berikut Ini dapat Meningkatkan Produktivitas Anda

Siapa yang tidak suka mendengarkan musik? Tampaknya hampir tidak ada. Musik, selain dapat menenangkan pikiran, ternyata juga dinilai dapat meningkatkan produktivitas seseorang dalam melakukan suatu pekerjaan. Bahkan, aliran musik tertentu atau daftar lagu favorit dapat membuat mood seseorang untuk bekerja semakin meningkat. Sejumlah eksperimen untuk membuktikan kaitan antara musik dan produktivitas kerja pun sudah berkali-kali dilakukan. Hasilnya, orang-orang yang mendengarkan musik sambil melakukan pekerjaan tertentu cenderung lebih fokus dalam melakukan tugasnya sehingga berimbas terhadap penyelesaian pekerjaan yang tepat waktu. Nah, pada kesempatan kali ini, kita akan membahas beberapa jenis aliran musik yang dapat Anda masukkan ke dalam daftar lagu untuk didengarkan saat bekerja.

1. Musik Klasik

Anggapan yang menyatakan bahwa musik klasik berpengaruh terhadap perkembangan otak manusia tentunya sudah tidak asing lagi bagi kita. Kondisi tersebut biasa dikenal dengan istilah Mozart Effect. Anggapan tersebut pun dibuktikan dengan penelitian yang dilakukan pada 1993. Para partisipan dalam penelitian tersebut dibagi ke dalam tiga kelompok yang mana kelompok pertama mendengarkan Mozart, sedangkan kelompok kedua diberi musik-musik santai, dan kelompok ketiga tidak diperdengarkan musik apapun. Hasilnya, kelompok Mozart memperoleh peningkatan poin IQ dibanding dua kelompok lainnya.

2. Musik dari Video Game

Tahukah Anda bahwa musik dalam video game dinilai efektif untuk meningkatkan konsentrasi dalam bekerja? Tentunya hal tersebut terdengar masuk akal sebab ketika bermain game, kita dituntut untuk fokus dalam menyelesaikan berbagai misi dan tantangan. Karena alasan itulah para pembuat video game selalu memilih musik memilih musik-musik yang dapat mengiringi alur permainan.

 

Baca juga: 

 

3. Musik Instrumental

Peneliti dari Middle Tennessee State University mengungkapkan bahwa siswa-siswa yang mendengarkan musik instrumental saat mengerjakan ujian terbukti mendapatkan nilai yang lebih tinggi mereka yang mendengarkan lagu-lagu yang memiliki lirik. Hal tersebut tentunya bergantung pada selera dan efek langsung yang dirasakan oleh setiap individu. Musik instrumental ini cocok didengarkan oleh Anda yang merasa lagu-lagu berlirik akan mengalihkan perhatian Anda dari pekerjaan.

4. Suara-Suara Alam

Selain musik klasik dan musik instrumental, mendengarkan suara-suara alam seperti suara air atau kicauan burung juga dapat meningkatkan konsentrasi Anda dalam menyelesaikan suatu pekerjaan. Selain meningkatkan konsentrasi, suara alam juga mampu meningkatkan kemampuan kognitif otak seseorang serta kecepatan dalam memutuskan suatu pilihan. Hal tersebut disebabkan suara-suara yang berasal dari alam cenderung mampu memberikan efek yang menenangkan.

5. Lagu dengan Lirik yang Positif

Jika Anda merasa stres karena harus menyelesaikan pekerjaan sesegera mungkin, mendengarkan lagu-lagu sedih bukanlah pilihan yang tepat. Pilihlah lagu-lagu dengan irama menyenangkan dan lirik yang positif untuk mengubah suasana hati yang tadinya kacau, menjadi lebih bersemangat. Anda tentunya punya beberapa lagu yang dapat membuat Anda menghentakkan kaki atau bahkan menggoyangkan pinggul ketika mendengarkan lagu tersebut. Bagaimana jika lagu-lagu favorit Anda tersebut dimasukkan ke dalam daftar lagu khusus yang akan menemani Anda ketika bekerja? Tentunya semangat dalam bekerja juga pasti akan semakin berkobar.

Lagu-lagu yang menjadi favorit juga jauh lebih ampuh dalam mengiringi seseorang dalam bekerja sebab lagu-lagu tersebut dapat memberikan atmosfir nyaman yang biasa mereka dapatkan di waktu senggang. Musik yang Anda dengarkan ketika bekerja juga sebaiknya dimainkan dalam volume kecil agar tidak mengalihkan konsentrasi Anda dalam menyelesaikan pekerjaan. Sudahkah Anda menyiapkan daftar lagu favorit untuk dimainkan saat bekerja?

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *