5 Hal yang Harus Freelancer Coba!

Sudah menginjak akhir tahun 2012, bagaimana dengan list targetmu tahun ini para freelancer? Sudah berapa banyak yang tercapai? Mumpung masih ada waktu sekitar 1,5 bulan lagi, lebih baik jika dikerjakan dari sekarang.

 

image by sneeu from Flickr!

Seorang freelancer tidak punya daftar target? Ayolah, masa cuma ingin mengisi hidup dengan hanya menunggu tua?

 

Jika kamu belum punya daftar target apa yang akan dikerjakan, atau jika sudah semua dikerjakan bingung ingin mengerjakan apalagi, atau bisa untuk daftar target tahun depan, saya akan berbagi sedikit daftar yang mungkin bisa jadi referensi nantinya 😀

 

Mari kita namakan daftar ini sebagai “freelancer masdulis” plesetan dari must do list (*haha maksa). Ya, apapun namanya terserah kamu akan menamakannya apa. Daftar ini berisi hal-hal yang harus kamu lakukan setidaknya satu kali seumur kamu menjadi freelancer atau hidup kamu.

 

Menulis Buku

Kamu seorang freelancer penulis? Pernah terlintas jika pekerjaanmu sebagai penulis bisa menghasilkan passive income yang menjanjikan? Cobalah untuk menulis sebuah buku. Menulis itu bisa membawa keberuntungan.

 

WAWANCARA

Jika kamu tiba-tiba ditawari untuk diwawancarai oleh majalah, koran, atau freelancer lainnya jangan ragu untuk menjawab “YA”. Hal ini bisa membuat usaha freelance kamu dikenal lebih banyak  orang dan menambah relasi sekaligus iklan gratis 😉

 

Menjalin afiliasi

Bahasa sederhananya itu pasang iklan di website kamu. Jika kamu bisa mempromosikan produk orang lain melalui website yang kamu miliki dan ketika produk itu terjual banyak, kamu mendapatkan bayaran. Kenapa tidak dicoba?

 

Kontak Klien Impian

Pasti setiap orang punya sosok klien idaman. “Pengen deh bikinin website nya produk X” atau “Pengen deh foto model Y” dan masih banyak lagi. Kenapa tidak berhenti menunda untuk menghubungi mereka? Akan menjadi kebanggan tersendiri ketika klien impian betulan menjadi klien kita.

 

JUST DO SOMETHING FUN

Berhenti terlalu serius. Hanya fokus mencari uang. Badan dan pikiran kita juga butuh istirahat. Lakukan sesuatu hanya untuk bersenang-senang. Misalnya, keliling Indonesia atau Dunia, melukis, upload video gila ke youtube, atau sekedar duduk-duduk di teras melihat sekitar. Me Time! Hal ini ternyata bisa memacu kretaivitas kamu.

 

Lain lagi dengan freelancer berikut yang kami tanya via twitter @ruangfreelance..

 

HEBAT! 😀

Your turn: things every freelancer should try at least once are …

silahkan comment 🙂

 

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Comments

  1. Linda Setiawati says

    yang kedua tuh baru aja kelakon, tau2 dapat request interview untuk artikel tentang freelancer 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *