5 Cara Penulis Freelance Mengurangi Gangguan Suara di Sekitar

Akhirnya, mimpiku menjadi Penulis Freelance terwujud juga. Ruang kerja pun sudah didekorasi dengan ornament yang pas. Tetapi, gangguan ini loohhhh? “Oh My Gooddd”!!

Suara anjing menggonggong, anak-anak berteriak, tertawa dan berlari-lari disekitar rumah, dering telepon yang menjengelkan, ahh! Suara ini tanpa henti mengelilingiku. Meski sedang sendiran, ketenangan pun sulit didapatkan, membuat produktifitasku minim.

Lalu, bagaimana kami, penulis freelance dapat menghindari, atau mengurangi gangguan suara tersebut agar lebih produktif? Kurangi gangguan suara dengan 5 tips berikut:

  • Selesaikan tumpukan pekerjaan tepat waktu – hal ini dapat lebih mudah jika dikerjakan saat anak-anak di sekolah. Rumah dan lingkungan sekitar akan minim mengeluarkan suara gangguan. Sebelum disadari, pekerjaan yang berat akan terasa lebih ringan.
  • Biarkan binatang peliharaanmu bermain di luar – Nah, tips ini sangat cocok untuk kamu pemilik peliharaan seperti kucing atau anjing. Sewaktu ingin menulis, biarkan peliharaanmu bermain di luar dengan peliharaan tetangga ataupun dengan mainan kesukaannya. Dengan ini, binatang kesayanganmu pun dapat “bersosialisasi” dengan peliharaan lainnya, juga menikmati mainannya. Pada saat yang bersamaan, kamu pun dapat duduk tenang dengan pintu tertutup untuk menyelesaikan karyamu.
  • Matikan televisi dan selesaikan tugasmu – Sering sekali kita menganggap televisi dapat memberikan suasana “background noise” saat bekerja. Hal ini salah, karena suara televisi akan mengganggu konsentrasi kita. Coba bayangkan kamu sedang bekerja dan sesuatu yang seru muncul, kamu pasti akan menoleh untuk melihat. Sama halnya seperti radio, saat iklan seperti konser atau produk. Hal yang paling cocok untuk “background” adalah playlist musik, itupun jika kamu tipe orang yang tidak bisa bekerja jika suasana hening.
  • Suara apa itu? Keroncongan Perut? – Hal ini seringkali terjadi sewaktu sedang konsentrasi penuh. Pernah dengar pepatah “Hungry makes you Angry?” Untuk menghindarinya, biasakan sarapan sebelum bekerja juga sisihkan waktu untuk makan siang. Banyak yang beranggapan hal ini akan membuang waktu, padahal jika makan secara rutin konsentrasi akan tetap terjaga.
  • Matikan Pop-up chats dan social networking – Sewaktu menulis, matikan hal yang dapat menginterupsi kita seperti chats juga social network agar tidak terjadi peralihan pikiran.

Siapa bilang penulis freelance dari rumah tidak bisa disamakan dengan penulis di perusahaan? Jika kita meminimalisir gangguan disekitar kita, ruang kerja kita pun akan sama seperti yang di perkantoran! “Or Even Better”…!!

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Comments

  1. says

    I am a freelancer myself.. and saya tau banget apa arti distraction dan keributan sehari2 dirumah.. Tips diatas super duper helpful membantu saya kerja lebih efficient dan tenang dan HAPPYYYY!!

    🙂 🙂 🙂

  2. says

    Artikelnya bagus. Ada satu yang ketinggalan:

    H E A D P H O N E S!

    Get a good one. Jangan pelit. Headphone adalah modal kerja yang penting.

    Kalau lagi on budget coba misalnya Sennheisser HD202. Biasanya orang-orang (yang saya kenal sih) pakai itu. Saya juga. Reviewnya bagus. Kualitas suaranya bagus. Suara dari luar masih terdengar, tapi lumayan terkurangi.

    Yang noise-cancelling lebih recommended tapi harganya lebih mahal (di atas sejuta biasanya).

  3. dargombes says

    serbising apapun kalo kerja di rumah itu lebih nyaman 😀 itu pengalaman ku looo

  4. says

    Bisingan suara terkadang bikin konsentrasi kita jadi menurun, untuk mensiasatinya kalau saya biasanya pilih jam kerja malam

  5. siti nurhayati says

    saya mau kirim tulisan saya, ada yg tau gak harus kirim kemana? pengen deh jadi penulis terkenal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *