4 Alasan Meluangkan Waktu untuk Bertemu Freelancer Lainnya

Anda freelancer? Merasa akhir-akhir ini sedikit bosan dengan rutinitas Anda? Sesibuk apapun Anda, Anda ada baiknya meluangkan waktu khusus untuk bertemu sesama freelancer.

Walaupun hanya 1 bulan sekali atau 2 bulan sekali , itu terserah Anda. Terpenting, luangkan waktu Anda. Banyak hal yang dapat Anda dapatkan . Tentunya ini bermanfaat untuk going concern Anda.

image by nicky Tu - nickytu.com

 

1. Freelancer lain dapat memberikan pelajaran baru

Berbincang-bincang sejenak bersama freelancer lainnya tentunya akan memberikan Anda banyak pelajaran, seperti bagaimana menghadapi klien-kilen yang harus dihindari , cara menarik perhatian klien baru , ataupun menghadapi klien yang menolak membayar atas jasa yang telah Anda berikan.

2. Freelancer lain dapat menghilangkan stress

Pada dasarnya manusia butuh berbagi , ketika Anda mendapatkan masalah dalam proyek baru, Anda bingung harus berbuat apa. Anda bisa menceritakan masalah ini ke sesama freelancer, mungkin mereka bisa membantu karena mereka berada di lingkup yang sama seperti Anda. Ketika Anda bercerita dengan keluarga atau sahabat Anda , pastinya mereka hanya bisa mendengarkan karena mereka tidak mengalaminya.

3. Freelancer lain seperti menggambarkan Anda

Notabenenya, Anda seperti berkaca. Dari masalah kecil sampai masalah besar yang dialami freelancer lain. Tentunya , Anda bisa belajar dari hal ini.

4. Freelancer lain  bisa mengumpulkan uang untuk Anda

Tidak menutup kemungkinan klien Anda meminta rekomendasi dari freelancer lainnya. Ini seperti word of mouth , jadi luangkan waktu Anda ya 🙂

 

Masih tidak berminat meluangkan waktu Anda? Sedikit saja tapi manfaatnya sangat banyak. Untuk Anda.

7 Comments

  1. affanul

    yup menarik tulisanya ms, ia kadang kita terjebak pada ruangan dan rutinitas kerja yg begitu2saja, perlu untuk jalin kerj sama dengan rekan2 sesama Frelanser, thanks 🙂

  2. randyyanuar

    bertemu muka dengan sesama freelancer.. seru kayanya ya.. apakah ruangfreelance pernah memfasilitasi pertemuan antar freelance?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *